KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SRAGEN

Authors

  • Dewi Anjarsari Universitas Sragen
  • Nofita Lestariningsih Universitas Sragen

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.428

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pencegahan Bullying, Pendekatan Fenomenologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal pada siswa dalam mencegah perilaku bullying di SMP Negeri 3 Sragen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap pengalaman dan interaksi antar guru dengan siswa terkait isu bullying. Pelaksanakan dilakukan di SMP Negri 3 Sragen Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa, dan dianalisis berdasarkan lima unsur efektivitas komunikasi interpersonal, yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antar guru dengan siswa belum berjalan secara efektif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penyampaian pesan yang mampu memengaruhi sikap dan perilaku siswa secara langsung. Dengan demikian, diperlukan upaya peningkatan kualitas komunikasi interpersonal agar guru dapat lebih optimal dalam mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah.

References

Aldila Andari Kristi. (2023). Upaya Mengatasi Bullying di SMP 6 Surakarta. J. Pengabdi. Kpd. Masy. Indones., 3(2), pp. 242–248. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2

P. V. Ningtyas and R. B. Sumarsono. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidik. J. Pengabdi. Masy., 4(2), pp. 104–108. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706

Hamidaturrohmah, Safi’i, M. R. A., Khasanah, R., Selviani, A., & Mubarok, A. S. (2025). PENERAPAN METODE CARING EDUCATION UNTUK PENCEGAHAN BULLYING SISWA MADRASAH. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 142–151. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.404

Angreini, D., Tajuddin, A., Purwanto, J., Munaing, & Aswar. (2023). Upaya Mencegah Perilaku Bullying dan Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i1.31

D. Rachman. (2018). Jurnal Abdimas Mahakam Pelatihan Komunikasi Teman Sebaya Sebagai Upaya Meminimalisasi. J. Abdimas Mahakam, 2(2), pp. 48–56. https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.369

A. Mahira and N. Yuliana. (2023). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Hubungan Fenomena Verbal Bullying Dengan Komunikasi Interpersonal di Lingkup Pelajar. J. Penelit. Ilmu-Ilmu Sos., 1(5), pp. 101–107. https://doi.org/10.5281/zenodo.10262300

Akbar, M., Sugiyanto, R., Drmaramadhan, A., & Wahyuni, M. S. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Anak De,” J. Pengabdi. Kolaborasi dan Inov. IPTEKS, 1(2), pp. 77–87. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i2.15

Harahap, S. B. N. P., & Sidharta, V. (2024). Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah (Studi Di Lingkungan Sekolah SMP PGRI 7 Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 8(2), 137-149. https://doi.org/10.31334/lugas.v8i2.4417

I. Indramaya. (2023). Sosialisasi Bullying dan Cara Mengatasi Bullying Di Sekolah. Pattimura Mengabdi J. Pengabdi. Kpd. Masy., 1(3), pp. 115–118. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.115-118

L. Sofia, M. Shalzabila Indah, A. Sabila, S. Ayu, and D. Mulyanto. (2020). JURNAL PLAKAT Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat PELATIHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK KOMUNIKASI EFEKTIF. Plakat J. Pelayanan Kpd. Masy., 2(1), pp. 72–80, 2020, http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i1

E. Suzanna, Y. A. Anastasya, and I. Amalia, “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe. (2022). Gotong Royong J. Pengabdian, Pemberdaya. Dan Penyul. Kpd. Masy., 1(2), pp. 43–49. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.11

Mahmudin, A. S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95–106. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3396

Aripin, N., Pratama, A., Sari, N., Sitompul, S. J., Marlizar, D., & Sandela, I. (2024). Pendekatan Komunikasi Efektif dalam Pencegahan Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah. Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.35308/lok%20seva.v3i1.9727

U. Haryanti, M. Z. Yakin, E. T. Rakoso, E. Kusumawati, and D. Suko. (2024). Pelatihan Penerapan Modul Komunikasi Interpersonal Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Proficio, 5(1), pp. 320–324. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.3002

Isna Siskawati. (2023). Seminar Pendidikan: Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Membentuk Prestasi Belajar Siswa. J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2(12), pp. 7159–7168. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i12.5597

Hasanah, N., & Monica, A. V. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemilihan Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 45-53. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.122

Astutik, F., & Muzakkir, M. (2020). Sistem informasi manajemen penelitian dan pengabdian masyarakat lppm ikip mataram dalam meningkatkan motivasi riset dosen internal. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 69-75. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2855

Peningkatan Pengetahuan Mengenai Upaya Pencegahan Bullying Melalui Penyuluhan Hukum Terhadap Pelajar. (2023). Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 842-849. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i6.490

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Telussa, R. P., Lewerissa, C. M., Siska Bogar, D., Sylfia Sairdama, S., Matakena, S., Kaihatu, J., Afi Rangkoly, S., Jasmari, J., Hidayatillah, T., & Andrea Tamaela, K. (2024). Mengubah Sekolah Menjadi Tempat Belajar Yang Aman dan Nyaman: Program Pencegahan dan Penanganan Bullying di SMTK TNSnKecamatannTNS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1037-1040. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2855

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Anjarsari, D., & Lestariningsih, N. (2025). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SRAGEN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.428