PELATIHAN PEMBUATAN FLOWCHART UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR AMANAH UMMAH
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.423Keywords:
Pelatihan Pembuatan Flowchart, Literasi Digital, Sekolah DasarAbstract
Di era teknologi modern, transformasi digital mengintervensi sangat kuat pada bidang pendidikan. Siswa generasi Alpha dituntut untuk memprioritaskan pengembangan literasi digital sejak dini. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di SD Islam Amanah Ummah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital melalui pelatihan Microsoft Word. Penggunaan aplikasi Microsoft Word didasari dari banyaknya siswa SD Islam Amanah Ummah yang masih berbatas dalam penggunaan komputer. Padahal aplikasi Microsoft Word banyak digunakan untuk pembelajaran. Materi yang dipilih dalam pengabdian adalah materi flowchart. Materi ini diajarkan dengan tujuan untuk melatih siswa untuk menyampaikan ide dan prosedur secara visual dengan jelas. Terlebih lagi, saat membuat flowchart, siswa akan belajar cara memasukkan objek selain tulisan, berupa bangun datar dan gambar di Microsoft Word. Pelaksaan pengabdian ini dibagi menjadi enam tahapan yaitu pengumpulan data, identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan dan penyusunan, pelaksanaan pelatihan, dan dokumentasi kegiatan. Pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktikum. Metode ini dinilai efektif karena bisa langsung mengamati dan mengevaluasi kemampan literasi digital siswa secara langsung. Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan di SD Islam Amanah Ummah, adanya pelatihan ini mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan literasi digital siswa. Terdapat 80% peserta didik dikategorikan memiliki literasi digital ditingkat tinggi, sementara 20% sisanya memiliki literasi digital ditingkat sedang.
References
H. Antonopoulou, P. Matzavinou, I. Giannoukou, and C. Halkiopoulos. (2025). Teachers' Digital Leadership and Competencies in Primary Education: A Cross-Sectional Behavioral Study. Education Sciences. vol. 15, no. 2, pp. https://doi.org/10.3390/educsci15020215
A. D. Yasa and S. Rahayu. (2023). A survey of elementary school students’ digital literacy skills in science learning. AIP Conference Proceedings. vol. 2569, no. 1, pp. https://doi.org/10.1063/5.0113483
R. S. Khammatova et al. (2021). Specific Features of Value Orientations among the Student Youth in the Context of Digital Transformation of the Education System. World Journal on Educational Technology: Current Issues. vol. 13, no. 2, pp. 297-306. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i2.5714
C. Rundel and K. Salemink. (2021). Bridging digital inequalities in rural schools in Germany: A geographical lottery? Education sciences. vol. 11, no. 4, pp. 181. https://doi.org/10.3390/educsci11040181
B. Tongli et al. (2024). Investigating the correlation digital literacy, instructional leadership, and intelligence on work performance. Journal of Infrastructure, Policy and Development. vol. 8, no. 10, pp. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i10.6356
F. Nascimbeni and S. Vosloo. (2019). Digital literacy for children: Exploring definitions and frameworks. Scoping Paper. vol. 1, no. pp. 1. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33394.94407
M. Schira Hagerman and S. Neisary. (2024). Digital literacies learning needs in rural Ontario elementary schools: Teacher insights. Canadian Journal of Education. vol. 47, no. 2, pp. 522-554. https://www.jstor.org/stable/27371904
F. Muhammad Arief Tri et al. (2024). Pelatihan Dasar Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Excel, & Power Point) untuk Siswa-Siswi SMP Dharma Karya UT. APPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. vol. no. Vol 2 No 4 (2024): APPA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, pp. 393-402. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/1929
I. Makarova, K. Shubenkova, P. Buyvol, V. Mavrin, and E. Mukhametdinov. (2018). Interaction Between Education and Business in Digital Era. 2018 IEEE Industrial Cyber-Physical Systems (ICPS). vol. no. pp. 503-508. https://doi.org/10.1109/ICPHYS.2018.8390756
R. F. N. Prijambodo, R. N. Punggeti, and L. F. Azizah. (2025). Pelatihan Pemetaan Jenis Kecerdasan Siswa untuk Mengetahui Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Masyarakat: Jurnal Pengabdian. vol. no. Vol. 2 No. 1 (2025): Masyarakat: Jurnal Pengabdian, pp. 13-24. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.329
Y. Rahma. (2023). Socialization and Training on the Operation of the Use of Microsoft Word to Students And Students of SMP Plus Integrated Pekanbaru : Sosialisasi dan Pelatihan Pengoperasian Penggunaan Microsoft Word Pada Siswa dan Siswi SMP Plus Terpadu Pekanbaru. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement. vol. no. Vol. 3 No. 1 (2023): Consen: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, pp. 1-8. http://dx.doi.org/10.57152/consen.v3i1.522
A. K. Wardhani, S. Nur Latifah Dwi Mutiara, and P. Astrid Novita. (2024). Microsoft Word Skills Development Training for Final Semester Students: Pelatihan Pengembangan Keahlian Microsoft Word Bagi Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Kabar Masyarakat. vol. no. Vol. 2 No. 1 (2024): Februari : JURNAL KABAR MASYARAKAT, pp. 186-193. https://doi.org/10.54066/jkb.v2i1.1596
Chrystanti and Y. Cahya. (2013). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. vol. 7, no. 3, pp. http://dx.doi.org/10.3112/speed.v7i3.1203
A. Agry. (2022). Computer Training and Assistance for Microsoft Office Word Programs for Teachers Raudhatul Athfal (RA) Al-Lathif Padalarang Kab. West Bandung: Pelatihan Dan Pendampingan Komputer Program Microsoft Office Word Kepada Guru Raudhatul Athfal (RA) Al-Lathif Padalarang Kab. Bandung Barat. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat. vol. no. Vol. 3 No. 2 (2022), pp. 209-217. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang985
R. Latifah, H. Setiani, and N. Tristanti. (2025). Pelatihan Pengenalan Huruf dan Angka Menggunakan Aplikasi Qreatif. Masyarakat: Jurnal Pengabdian. vol. no. Vol. 2 No. 1 (2025): Masyarakat: Jurnal Pengabdian, pp. 81-87. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.352
R. Alyusfitri, N. Gistituati, and A. Fauzan. (2024). The effectiveness and relationship of student responses toward learning outcomes using interactive multimedia-based e-modules in elementary schools. International Electronic Journal of Elementary Education. vol. 16, no. 5, pp. 573-584. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.096
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizka Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.