PENDAMPINGAN DAN EDUKASI LITERASI DIGITAL BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM: MEMBANGUN KESADARAN HUKUM DAN KEAMANAN DIGITAL

Authors

  • Suyato Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Wulandari Kuncorowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Johan Dwi Saputro Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sri Endang Edi Sukarti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Akmal Firmansyah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.413

Keywords:

Edukasi Literasi Digital Bagi Anak, Kesadaran Hukum, Keamanan Digital

Abstract

Era digital membawa peluang sekaligus tantangan baru, terutama bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Mereka rentan terhadap penyalahgunaan teknologi informasi dan minimnya kesadaran hukum serta keamanan digital. Penelitian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendampingan dan edukasi literasi digital bagi ABH sebagai upaya membangun kesadaran hukum dan keamanan digital di RT 07 RW 59 Sengkan Joho, Condongcatur, Sleman. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatoris melalui kegiatan penyuluhan, diskusi interaktif, simulasi penggunaan digital yang aman, serta refleksi bersama. Sasaran kegiatan adalah anak-anak yang pernah berkonflik dengan hukum maupun anak-anak berisiko tinggi terhadap pelanggaran hukum di lingkungan tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan yang dilakukan secara sistematis dan berbasis pendekatan empatik mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap pentingnya hukum, etika digital, dan cara melindungi diri di dunia maya. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap konsekuensi hukum dari aktivitas daring yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, keterlibatan tokoh masyarakat dan orang tua menjadi faktor pendukung penting dalam membangun ekosistem digital yang aman dan inklusif bagi anak. Kesimpulan dari kegiatan ini menekankan pentingnya sinergi antara edukasi hukum dan literasi digital sebagai strategi preventif terhadap potensi pelanggaran hukum oleh anak di era digital. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pemberdayaan masyarakat berbasis perlindungan anak dan transformasi digital yang beretika.

References

Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202

Tonna Balya, Fitri Yani, Devi Apriani, Reza Prabudi, Bambang Indra Gunawan, & Muhammad Ihsan. (2025). Edukasi Hukum Menggunakan Media Informasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Orang Tua di YPI Hj. Animah ar Raihan Martubung. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 5–13. Retrieved from https://journal.metagenbi.org/index.php/jurpedamas/article/view/13

Trinanda, J., Fahmi, M. N., Rajab, J., Ramadani, H. Z., & Insani, S. R. Y. (2025). PENERAPAN PELATIHAN APLIKASI DASAR KOMPUTER BAGI SISWA SMAS PGRI 4 PADANG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 178–184. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.412

Abas, Z. (2021). Gerakan Literasi Digital di Surakarta: Studi pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Surakarta. IQTIDA: Journal of Da'wah and Communication, 1(2), 205-224. https://doi.org/10.28918/iqtida.v1i02.4577

Prasetyono, A., Hapsari, I. M., Subroto, S., Firmansyah, F., Mubarok, A., & Wahyudi, C. (2024). MENINGKATKAN LITERASI OPERATION MINIBANK MELALUI DOMESTIC OPERATION TRAINING PADA MINIBANK. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 177–181. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.270

Bacon, D. R., & Stewart, K. A. (2022). What works best: A systematic review of actual learning in marketing and management education research. Journal of Marketing Education, 44(1), 6-24. https://doi.org/10.1177/02734753211003934

Davidson, W. B., Bromfield, J. M., & Beck, H. P. (2007). Beneficial academic orientations and self-actualization of college students. Psychological reports, 100(2), 604-612. https://doi.org/10.2466/pr0.100.2.604-612

Resca, A. (2006). Knowledge: climbing the learning ladder to a ‘phenomenological’view. Journal of Information Technology, 21(3), 203-210. https://doi.org/10.1057/palgrave.jit.2000068

Chang, C. Y., Setiani, I., & Yang, J. C. (2025). An Escape Room-Based Computer-Supported Collaborative Learning Approach to Enhancing Students’ Learning Achievement, Collaboration Awareness, Learning Motivation and Problem-Solving Skills. Journal of Educational Computing Research, 63(2), 496-524. https://doi.org/10.1177/07356331241302513

Aryani, F. D., Mahardika, D., Pratama, E. A., Wildan, M., Hamzani, A. I., Widyastuti, T. V., & Sanusi. (2024). Literasi hukum: Pencegahan kekerasan terhadap anak bagi siswa SMA menuju sekolah ramah anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 39–49. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21485

Gurban, M. A., & Almogren, A. S. (2022). Students’ actual use of E-learning in higher education during the COVID-19 pandemic. Sage Open, 12(2), 21582440221091250. https://doi.org/10.1177/2158244022109125

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Suyato, Kuncorowati, P. W., Saputro, J. D., Sukarti, S. E. E., & Firmansyah, A. (2025). PENDAMPINGAN DAN EDUKASI LITERASI DIGITAL BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM: MEMBANGUN KESADARAN HUKUM DAN KEAMANAN DIGITAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(2), 193–197. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.413