PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA FASE A DI SDN PATIAN II DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Ratna Novita Punggeti Unversitas Wiraraja
  • Raden Firman Nurbudi Prijambodo Universitas Wiraraja
  • Helliyatul Matlubah Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.325

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu guru-guru di SDN Patian II dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan Kurikulum Merdeka di Fase A (kelas 1 dan 2). Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar mereka. Diharapkan bahwa penerapan metode ini akan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, memaksimalkan potensi siswa, dan mendukung pencapaian profil siswa Pancasila. Kegiatan ini menggunakan pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi implementasi. Kegiatan dimulai dengan menilai kebutuhan sekolah dan guru untuk mengetahui apa yang siswa pahami tentang pembelajaran berdiferensiasi. Kemudian, mereka diajarkan tentang ide-ide, prinsip, dan strategi pembelajaran diferensiasi, termasuk cara membuat RPP yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui observasi langsung dan diskusi reflektif, guru dibantu dalam menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi di kelas mereka. Hasilnya mencakup peningkatan kemampuan guru untuk merancang dan menerapkan pembelajaran yang berbeda, yang ditunjukkan dengan peningkatan kualitas RPP, ide-ide baru untuk pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa juga menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar yang lebih baik. Kegiatan ini meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Patian II. Namun, untuk terus menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, diperlukan pelatihan tambahan, supervisi, dan evaluasi rutin. Oleh karena itu, diharapkan bahwa program ini akan berfungsi sebagai model pengembangan profesional guru yang dapat disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.

References

R. N. Punggeti et al. (2024). Pendidikan Karakter Antikorupsi. Pasuruan: CV. Basya Media Utama.

Rasdi et al. (2023). Penguatan Diferensiasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang Guna Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. LOSARI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.150

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, pp. 1–37.

R. N. Irmaningrum, O. Zativalen, and M. A. Nurhidayat. (2023). Pelatihan Model dan Media Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 455–464. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3344

Haryanti, I., Muniarty, P., Arlin, W., Ananta, A., & Molita. (2024). EDUKASI MENANAMKAN GEMAR MENABUNG KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 220–224. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.296

A. B. E. Wahyudi et al. (2023). Pelatihan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru Sekolah Dasar. Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 6, no. 3. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82371

N. Nurhidayah, F. Najitama, and E. Komara. (2023). Implementation of Differentiation Learning in Elementary School: Study of Participants in The Driving School Program. Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 6, no. 3. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82474

A. Bala, V. Genua, M. M. B. Larasati, and Y. Demon. (2024). Literasi Dasar Bagi Para Siswa Sekolah Dasar. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 30–37. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3130

Musa, H., Susanto, R., Lubis, S. K., & Pangestu, D. (2024). BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269

D. P. Lestari. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com Indones. Community J., vol. 3, no. 2. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633

H. Hartutik, A. Astuti, A. S. Priyanto, and T. T. Jelahu. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

I. Arvianti and A. Wahyuni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Konstruktivisme Karakter Anak Bangsa. Proceeding of The URECOL.

R. S. Budiarti, U. Yelianti, H. Harlis, M. E. Sanjaya, and R. Mataniari. (2021). OPTIMALISASI PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI BAGI GURU-GURU MGMP DI TANJUNG JABUNG BARAT. Dedik. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 302. https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2292

R. N. Punggeti et al. (2024). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH. PADANG: CV HEI PUBLISHING INDONESIA.

H. Yuliasari and S. Sumayyah. (2023). Parenting Class: Peran Resiliensi Untuk Meningkatkan Parental Well-Being Pada Orangtua Generasi Z. AMALIAH J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i2.2283

R. Romlah and O. Adhi Suciptaningsih. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFFRERENSIASI PADA KELAS I SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. J. Konseling Pendidik. Islam, vol. 4, no. 2. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.9

Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105

Fahrudin, & Rasidi, M. (2024). PENDAMPINGAN MEETING CLASS: UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONAL DAN INTEGRITAS SEORANG MANAJER DI DUNIA KERJA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.156

S. L. D. Pramesti, J. Rini, and H. L. Dewi. (2022). Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian). Dedik. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, p. 26. https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4456

U. Yelianti, A. D. Fitri, M. Mulawarman, and Z. Zulfanetty. (2020). Workshop Peningkatan Kualitas Pendidikan Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Nyogan Kabupaten Muaro Jambi. Dedik. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, p. 118. https://doi.org/10.32332/d.v2i1.2178

Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202

Astiti, A. D., Eliza, F., Hakiki, M., Fadli, R., & Abi Hamid, M. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GOOLE SITES UNTUK GURU MGMP TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SUMBAR . Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.96

Ragil Marcelino, Ino Budiatman, and Rizki Zuliani. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD WILAYAH JAKARTA BARAT. Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1851

S. Sawaluddin. (2022). Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. J. Islam. Educ. El Madani, vol. 1, no. 1. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.15

A. Cahyaningtyas and I. Mukhlishina. (2023). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Janti. J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 3. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5742

P. Jannati, F. A. Ramadhan, and M. A. Rohimawan. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 1, p. 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

E. Simon Paulus Olak Wuwur. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. SOKO GURU J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

J. Alimuddin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. J. Ilm. Kontekst., vol. 4, no. 02. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

T. Marliyani, D. Margo Irianto, and P. Prihantini. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Nat. J. Kaji. dan Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927

N. Nuraini and Z. H. Ramadan. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar. Aulad J. Early Child., vol. 7, no. 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.570

M. Amelia and Z. H. Ramadan. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

M. Musarwan and I. Warsah. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. J. Kaji. Pendidik. Islam. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

N. P. C. P. Dewi. (2022). Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi J. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, p. 131. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i2.2475

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Matlubah, H. (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA FASE A DI SDN PATIAN II DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.325