PELATIHAN UMKM DENGAN INOVASI GULA NIRA CAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT

Authors

  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Wulan Arlin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sandrawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Apriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Asti Ananta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.311

Keywords:

Pelatihan UMKM, Inovasi Gula Nira, Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan menengah adalah pilar penting perekonomian Indonesia. Nira memiliki potensi untuk diolah menjadi produk bernilai tambah yang dapat menarik minat pasar.Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, pelatihan dengan inovasi produk gula nira cair menjadi sebuah langkah strategis meningkatkan pendapatan masyarakat Kelurahan Oi Mbo. Kegiatan ini bertujuan mengajak petani dan masyarakat sebagai pelaku UMKM di Kelurahan Oi Mbo untuk memproduksi gula nira cair sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Metode yang digunakan  selama  pelaksanaan  kegiatan  ini meliputi tahap sosialisasi,tahap pelatihan yang mana tidak hanya berfokus pada teori namun juga pada praktik langsung mengenai proses pembuatan gula nira cair yang bagus dengan kualitas yg premium,serta tahap akhir yaitu evaluasi.Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di UMKM Rumah Lontar yang terletak di Kelurahan Oi Mbo,Kota Bima,Nusa Tenggara Barat. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait usaha gula nira cair. Peserta mampu mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi dalam proses produksi dan menerapkan solusi tepat. Hal ini berdampak positif pada kualitas dan kuantitas produksi gula nira cair.Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan mampu memproduksi gula nira cair dengan kualitas yang cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan modal, keterbatasan akses pasar, dan kurangnya pengetahuan tentang manajemen usaha.Usaha Mikro, Kecil, dan menengah adalah pilar penting perekonomian Indonesia. Nira memiliki potensi untuk diolah menjadi produk bernilai tambah yang dapat menarik minat pasar.Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, pelatihan dengan inovasi produk gula nira cair menjadi sebuah langkah strategis meningkatkan pendapatan masyarakat Kelurahan Oi Mbo. Kegiatan ini bertujuan mengajak petani dan masyarakat sebagai pelaku UMKM di Kelurahan Oi Mbo untuk memproduksi gula nira cair sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Metode yang digunakan  selama  pelaksanaan  kegiatan  ini meliputi tahap sosialisasi,tahap pelatihan yang mana tidak hanya berfokus pada teori namun juga pada praktik langsung mengenai proses pembuatan gula nira cair yang bagus dengan kualitas yg premium,serta tahap akhir yaitu evaluasi.Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di UMKM Rumah Lontar yang terletak di Kelurahan Oi Mbo,Kota Bima,Nusa Tenggara Barat. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait usaha gula nira cair. Peserta mampu mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi dalam proses produksi dan menerapkan solusi tepat. Hal ini berdampak positif pada kualitas dan kuantitas produksi gula nira cair.Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan mampu memproduksi gula nira cair dengan kualitas yang cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan modal, keterbatasan akses pasar, dan kurangnya pengetahuan tentang manajemen usaha.

References

Sofyan, M. H. P., Maula, K. I., Aliyah, N., Damanhuri, R., Pangestuti, R. S., & Khatimah, H. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 236–246. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1341

S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

E. Setyowati, A. H. Mustofa, D. Yuliawan, E. N. Astuti, and H. S. G. D. Mahasti. (2023). Optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pelatihan Dasar Manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Sewagati, vol. 8, no. 1, pp. 1173–118. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.806

Gultom, A. W. G. (2020). Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam Di Desa Ulak Pandan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-46. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v1i1.65

Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Faisal Ali, Y., Andrian, A., & Belladonna, A. P. (2024). MENGGALI POTENSI DAERAH DENGAN MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR DI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104

Huda, M., Maula, I., & Rifa’an, S. (2024). SOSIALISASI PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PRAPAG KIDUL: PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.136

Suhartin Dewi Astuti, & Juni Astuti. (2023). PEMBERDAYAAN PETANI GULA MERAH AREN DI DESA BONTO KASSI KECAMATAN PARANGLOE KABUPATEN GOWA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6451–6456. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.4883

M. Mochklas, S. Hidajat, and N. Mauliddah. (2021). Pemberdayaan Potensi Desa Kebon Raya Paciran Lamongan di Era New Normal,” Jurnal Abdidas, vol. 2, no. 1, pp. 86–91. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.219

Kamal, M. A., Divaningrum, S. E., Mayadina, V., Azis, Z. A., Faiz, M. Y. N., & Nisa, D. A. (2024). OPTIMALISASI PERAN PENDIDIKAN LITERASI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN SOSIAL PEREMPUAN PESISIR DESA PANGGUNG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 182–189. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.265

Rosliyati, Warnida, Nina Yaya Bae, S., Wahyuni, E. S., Maulana, I., & Syarifah, W. (2024). PELATIHAN MERAJUT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN WIRAUSAHA SANTRI TMI AL-AMIEN PRENDUAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 158–165. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.246

Purwaningtyas, D. R., Fitriani, A., Hidayati, Birwin, A., & Maharani, E. (2024). EDUKASI ISI PIRINGKU DAN JAJANAN SEHAT DENGAN METODE EMO-DEMO UNTUK PENANGGULANGAN STUNTING. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.239

R. Andriani and M. Afidah. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, vol. 12, no. 1, p. 271. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14680

Prasetyono, A., Hapsari, I. M., Subroto, S., Firmansyah, F., Mubarok, A., & Wahyudi, C. (2024). MENINGKATKAN LITERASI OPERATION MINIBANK MELALUI DOMESTIC OPERATION TRAINING PADA MINIBANK. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 177–181. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.270

Haryanto, H., & Lie, T. (2024). IMPLEMENTASI E-ADVERTISING: PELATIHAN WAKE HOUSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.238

T. Hasanah, M. Markus, I. Hartini, R. Eduawar, I. Iskandar, and E. Sholiha. (2024). Pengembangan UMKM PPUMI Dengan Inovasi Produk Gula Aren Sebagai Upaya Peningkatan Bagi Masyarakat Desa Talang Pagar Agung Lahat Sumatera Selatan. DEDIKASI PKM, vol. 5, no. 2, pp. 307–314. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38656

I. W. Pardi, I. K. Yudiana, and M. Miskawi. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Gula Semut di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 84. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1792

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Ernawati, S., Arlin, W., Sandrawati, Apriani, & Ananta, A. (2024). PELATIHAN UMKM DENGAN INOVASI GULA NIRA CAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 241–246. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.311