BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269Keywords:
Bimbingan Ekstrakurikuler Pramuka, Siswa Berkarakter, Sekolah DasarAbstract
Tujuan pengabdian Masyarakat ini ialah memberikan bimbingan belajar diluar sekolah atau ekstrakurikuler pramuka untuk siswa penggalang di SDN Sidorahayu 1 Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai dasar gerakan pramuka. Pendidikan kepramukaan memiliki sifat yang menyenangkan, sehat, teratur, dan dilakukan di alam terbuka. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bimbingan ekstrakurikuler pramuka untuk siswa berkarakter di sekolah dasar dapat dijabarkan melalui beberapa tahapan dan prinsip dasar. Hasil pengabdian Masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme. Hal ini karena pramuka sering melakukan kegiatan yang mendekatkan diri kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga bangsa dan negara. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pramuka dapat mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama. Kesimpulan Ekstrakurikuler pramuka berperan sentral dalam pembentukan karakter siswa. Kegiatan pramuka membantu siswa mengembangkan dasa darma (jujur, berbudi pekerti luhur, teguh, berani, dan rakyat) dan tri satya (kewajiban terhadap Tuhan, Negara, dan sesama hidup), yang merupakan nilai-nilai dasar gerakan pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa. Implikasinya Siswa melalui kegiatan pengabdian masyarakat di luar kota, siswa dapat meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi. Hal ini karena siswa harus berinteraksi dengan masyarakat setempat dan memahami bahasa mereka.
References
P. Karakter, S. Melalui, K. Kepramukaan, K. Muna, and N. Kamila, “Pandega: Jurnal Kajian Pendidikan dan Kepramukaan,” Oktober, vol. 1, no. 2, pp. 60–65, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i2.46905
Q. E. Sevtivia Asrivi, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” Tunas Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 255–268, 2020, https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483
Musafir, “Kecanduan Teknologi dan Ancaman Degradasi Akhlak Perspektif Pendidikan Kepramukaan,” vol. 1, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i1.45650
S. M, “Peran Kegiatan Kepramukaan Dalam Menanamkan Sikap Solidaritas Organik Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kayan Hulu,” J. Pendidik. Sosiol. dan Hum., vol. 11, no. 2, p. 91, 2020, https://doi.org/10.26418/j-psh.v11i2.42955
Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105
Huda, M., Maula, I., & Rifa’an, S. (2024). SOSIALISASI PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PRAPAG KIDUL: PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.136
P. Yusdinar and Y. M. Manik, “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 01, pp. 183–190, 2023, https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407
R. Susanto, S. Widyaningsih, A. Afandi, and A. Mardikaningsih, “Pengembangan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Era Pandemi Covid 19,” Pandega J. Kaji. Pendidik. dan Kepramukaan, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i1.45535
Marzuki, Febiantoni, F., & Abdul Aziz, S. (2024). PELATIHAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN PANCASILA BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 113–119. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.207
H. Ashari and M. I. Burhan, “Monitoring Peralatan Berbasis Qr Code Pada Pembelajaran di Laboratorium,” vol. 1, pp. 51–59, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i2.53206
R. A. Junaedi, “Model Pendidikan Kepramukaan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Paulo Freire,” J. Filsafat, vol. 28, no. 2, p. 220, 2018, https://doi.org/10.22146/jf.36824
I. R. Luthviyani, E. S. Setianingsih, and D. E. Handayani, “Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2,” J. PGSD, vol. 12, no. 2, pp. 113–122, 2019, https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122
S. Woro and M. Marzuki, “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Windusari Magelang,” J. Pendidik. Karakter, vol. 7, no. 1, pp. 59–73, 2016, https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733
A. Afdal and H. Widodo, “Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka di Sd Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019,” PENDAS MAHAKAM J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 68–81, 2020, https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.399
Sunarso, Suharno, Samsuri, & Hidayah, Y. (2024). PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN BAGI SISWA DAN GURU DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 81–86. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.196
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Habibi Musa, Ratno Susanto, Siti Khodijah Lubis, Deviyanti Pangestu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.