PROGRAM PENGUATAN AKHLAK MULIA DAN KEDERMAWANAN MELALUI PEMBIASAAN SEDEKAH

Authors

  • Dina Khairunnisa Institut Negeri Islam Pontianak
  • Zahrotul Ulfi Institut Negeri Islam Pontianak
  • Sifa Auralia Institut Negeri Islam Pontianak
  • Muhammad Solihin Institut Negeri Islam Pontianak
  • Muhammad Fathir Barizi Institut Negeri Islam Pontianak
  • Rino Hadi Institut Negeri Islam Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i4.689

Keywords:

Pendidikan Karakter, Akhlak Mulia, Kedermawanan, Pembiasaan Sedekah, TPQ

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian anak, khususnya dalam menanamkan akhlak mulia dan sikap kedermawanan sejak usia dini. Namun, hasil observasi awal di TPQ Amanah, Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, menunjukkan masih rendahnya empati sosial dan perilaku kedermawanan pada sebagian anak. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memperkuat akhlak mulia dan kedermawanan anak-anak TPQ melalui pembiasaan sedekah. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dengan melibatkan anak-anak secara aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Pelaksanaan program dilakukan melalui tahapan observasi, penyampaian materi, diskusi interaktif, praktik sedekah, serta evaluasi melalui tanya jawab dan kuis. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman, antusiasme, dan partisipasi aktif anak-anak terhadap nilai-nilai sedekah dan akhlak Islami. Anak-anak menunjukkan sikap lebih peduli, berani berpendapat, serta memahami pentingnya berbagi dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini terbukti efektif dalam mendukung penguatan karakter Islami anak-anak TPQ Amanah dan berpotensi untuk diterapkan secara berkelanjutan sebagai model pembinaan karakter pada lembaga pendidikan nonformal.

References

Pohan, I. “Pembiasaan sedekah dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di SDN 200507 Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan”, (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). 2024.

Aisyah, N. N., Nurlela, N., & Affandi, A. “Pengaruh Program Gerakan Gemar Sedekah terhadap Sikap Dermawan dan Kepedulian Sosial Siswa SD IT Akamala Sabila”. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 12, pp. 13899-13908. 2024 https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.10169

Fatmawati, A., Suprapti, S., Puspitasari, A., Solikah, W. Y., & Gunawan, A. “Penyuluhan Kosmetika Herbal Untuk Wajah dan Pembuatan Masker Bubuk Organik Di Krapyak Wetan”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 2, pp. 225–232. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.310

Luthfiyah, D. “Implementasi Program Pembiasaan Sedekah dalam Upaya membangun Sikap Kepedulian Siswa di MI Nurul Huda 02 Keturen Kota Tegal”, (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan). 2024.

Purwaningtyas, D. R., Fitriani, A., Hidayati, Birwin, A., & Maharani, E. “Edukasi Isi Piringku Dan Jajanan Sehat dengan Metode Emo-Demo Untuk Penanggulangan Stunting”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 1, pp. 147–157. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.239

Hasibuan, R. A., “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Harian pada Anak Usia Dini di Yayasan Taman Pendidikan TPQ/RA Wahyu”. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, vol. 2, no. 4, pp. 42–53. 2025. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i4.1287

Fricticarani, A., & Fussalam, Y. E. “Edukasi Dampak Pemnggunaan Chat-GPT Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 3, pp. 332–339. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.150

Rusinah, Radian, & Apwani, A. “Efektivitas Program Sedekah Harian dalam Menanamkan Sikap Dermawan pada Siswa MIS Jamiyatul Washliyah”. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, vol. 1, no. 2, pp. 663–668. 2024. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/1289

Hidayah, N., Sholikhah, S., & Akmam, S., S. “Peningkatan Sikap Dermawan melalui Kegiatan Sedekah Harian di MI Hidayatut Thowalib”. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, vol. 1, no. 2, pp. 489–494. 2024. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/1025

Wulan, W., Susilawati, S., & Oktori, A. R. “Implementasi Program Gerak (Gemar Berinfak) dan Segera (Segenggam Beras) dalam Menanamkan Nilai Qudwah di SDIT RABBI RADHIYYA 03”. (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). 2024.

Suprato, Y., & Purnomo, S. “Strategi Pembuatan Merek Kopi Lelet Untuk Masyarakat Desa Warugunung”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 3, pp. 311–317. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.326

Aziz, F. S., & Cahyo, A. N. “Shaping Young Philanthropists: Early Zakat Education Strategies in Internalizing Students' Social Spirit and Concern”. Millah: Multidisciplinary Journal, vol. 1, no. 1, pp. 34-43. 2025. https://asabi.id/ojs/index.php/mmj/article/view/68

Lestari, S., & Harfiani, R. “Program Jumat Berkah dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam”. Hikmah, vol. 20, no. 2, pp. 272–283. 2023. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i2.300

Nurhayani, N., Hajarini, F. A., Thahir, F. A., Rahmadayanti, P., & Nst, K. N. “Implementasi Nilai-nilai Islam Melalui Wirid Jumat Berkah di Desa Bulu Duri”. Fatih: Journal of Contemporary Research, vol. 2, no. 2, pp. 925-932. 2025. https://doi.org/10.61253/rcv1am11

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Khairunnisa, D., Ulfi, Z., Auralia, S., Solihin, M., Barizi, M. F., & Hadi, R. (2025). PROGRAM PENGUATAN AKHLAK MULIA DAN KEDERMAWANAN MELALUI PEMBIASAAN SEDEKAH. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(4), 370–378. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i4.689

Issue

Section

Articles