EDUKASI DAN PROGRAM PENDAMPINGAN PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DI GUWOSARI BANTUL

Authors

  • Chandra Dewi Puspitasari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nabila Ihza Nur Muttaqi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Iffah Nur Hayati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Wulandari Kuncorowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Setiati Widhiastuti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.665

Keywords:

Edukasi, Kenakalan Remaja, Pendampingan, Pencegahan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya nyata untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat adalah dengan melakukan edukasi program pendampingan pencegahan kenakalan remaja. Pengabdian ini bertujuan untuk pengetahuan dan pemahaman remaja tentang upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir angka kenakalan remaja melalui serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Iroyudan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk remaja, orang tua, pemangku kepentingan di Iroyudan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi atau edukasi, diskusi, pendampingan, dan kegiatan sosial lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencegahan kenakalan remaja. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi dampak kegiatan terhadap peningkatan wawasan peserta. Hasil Pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kesadaran akan pentingnya pengetahuan mengenai pencegahan kenakalan remaja guna meminimalisir angka kejahatan jalanan yang marak dilakukan oleh remaja. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat di Iroyudan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul berhasil meningkatkan wawasan pencegahan kenakalan remaja di Iroyudan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul.

References

B. Artini, S. Tinggi, I. Kesehatan, and W. Booth, “Analisis Faktor yang Memengaruhi Kenakalan Remaja,” Jurnal Keperawatan, vol. 7, no. 1, 2018. https://doi.org/10.47560/kep.v7i1.117

F. Afrita and F. Yusri, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 14–26, Dec. 2022. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101

S. Mannuhung, “Penanggulangan Tingkat Kenakalan Remaja Dengan Bimbingan Agama Islam,” TO MAEGA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 9–16, Feb. 2019. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.234

D. Satya Yoga Agustin, N. Wayan Suarmini, and S. Prabowo, “Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak,” Jurnal Sosial Humaniora, vol. 8, no. 1, pp. 46–54, 2015. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

L. Subarkah, “JPW Catat 20 Aksi Klithih Terjadi Sepanjang 2024, Jadi Alarm Semua Pihak,” https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/12/27/510/1199154/jpw-catat-20-aksi-klithih-terjadi-sepanjang-2024-jadi-alarm-semua-pihak

F. Faisal and N. Simatupang, “Kebijakan Nonpenal dalam Rangka Upaya Preventif Anak sebagai Korban Kekerasan Fisik dan Psikis di Sekolah,” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, vol. 15, no. 2, pp. 287–303, Jul. 2021. http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.287-304

D. Sulaeman, Psikologi Remaja. Bandung: Bandar Maju, 1995.

M. Jasmisari and A. G. Herdiansah, “Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan,” Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, no. 18, pp. 137–145, Sep. 2022. https://doi.org/10.24198/aliansi.v0i0.41940

H. Susanti, “Diversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia dan Tujuannya Menurut Hukum Islam,” Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana dan Politik Hukum, vol. 6, no. 2, pp. 177–196, 2017. http://dx.doi.org/10.22373/legitimasi.v6i2.3954

M. A. Yaqin, “Pendidikan Agama Islam dan Penanggulangan Kenakalan Siswa (Studi Kasus MTs Hasanah Surabaya),” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), vol. 4, no. 2, p. 293, Nov. 2016. http://dx.doi.org10.15642/jpai.2016.4.2.293-314

M. Murdiono, N. I. N. Muttaqi, D. S. Charismana, E. N. Rahmawati, M. Syamsuddin, and A. S. Volta, “SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN: PENCEGAHAN KEJAHATAN JALANAN BAGI PEMUDA DI SENGKAN JOHO, CONDONGCATUR, SLEMAN,” Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 2, no. 2, pp. 121–127, Jun. 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.417

Sunarso, Suharno, Samsuri, and Y. Hidayah, “PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN BAGI SISWA DAN GURU DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA,” Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 1, pp. 81–86, Jul. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.196

Sunarso, Suharno, Samsuri, and Y. Hidayah, “PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN BAGI SISWA DAN GURU DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA,” Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 1, pp. 81–86, Jul. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.196

Downloads

Published

2025-12-05

How to Cite

Puspitasari, C. D., Muttaqi, N. I. N., Hayati, I. N., Kuncorowati, P. W., & Widhiastuti, S. (2025). EDUKASI DAN PROGRAM PENDAMPINGAN PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DI GUWOSARI BANTUL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 620–626. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.665

Issue

Section

Articles