OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI PELATIHAN BANTUAN AI

Authors

  • Farida Fitriani Universitas Pendidikan Mandalika
  • Menik Aryani Universitas Pendidikan Mandalika
  • Restu Wibawa Universitas Pendidikan Mandalika
  • Wiwien Kurniawati Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.649

Keywords:

Kemampuan Menulis, Menulis Karya Ilmiah, AI, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Abstract

Pelatihan ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami serta memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan baik untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Kegiatan ini dilakukan melalui metode pelatihan menyeluruh yang mencakup tiga tahap, yaitu observasi, pelaksanaa, dan evaluasi. Pelatihan ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika. Hasilnya, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan merasa lebih percaya diri dalam mengelola refrensi secara mandiri. Kemampuan pemahaman dan penggunaan bahasa akademik meningkat, serta keterampilan berpikir kritis yang mendalam juga berkembang. AI membantu siswa menyusun daftar pustaka dengan tepat, mengurangi kutipan, dan menjaga kualitas karya ilmiah sesuai standar akademik. Dampak positif pelatihan ini dirasakan tidak hanya oleh mahasiswa, tetapi juga meningkatkan kualitas lembaga akademik. Mahasiswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan pendidikan dan penelitian yang memerlukan literasi digital dan pemahaman metodologi ilmiah. Pelatihan ini mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus meningkatkan reputasi akademik perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional.

References

M. K. Harapan and R. Suwanda, “Pemanfaatan ChatGPT dalam Penulisan Karya Ilmiah dari Ide Samapai Publikasi,” Pengabdi. Pendidik. Indones., vol. 3, no. April, pp. 30–34, 2025. https://doi.org/10.47709/ppi.v3i01.5827

A. B. Setiaji and E. Mursalin, “Scientific Writing Training for IAIN Ambon Students,” Mangente J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, p. 25, 2021. https://doi.org/10.33477/mangente.v1i1.2164

B. S. Lubis and E. F. Syahputra Siregar, “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 396, 2020. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

R. Hidayat, M. Asyhar, S. Jafar, and S. Musaddat, “Penyuluhan Bentuk Kesalahan Berbahasa Skripsi Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” Darma DIksani, vol. 3, no. 1, pp. 36–48, 2023. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i1.2788

I. Taufik and I. Rindaningsih, “Pelatihan dan Pengembangan Guru Sebagai Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan (AI),” Manag. Educ. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 63–69, 2024. https://doi.org/10.18592/moe.v10i1.12037

N. S. Mutaqin, N. M. K. Atmaja, and I. Susilawati, “Workshop Karya Tulis Ilmiah “Mewujudkan Mahasiswa Yang Kreatif Dan Terampil Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah,” Dedik. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 69–75, 2022. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i2.811

H. R. Dewi and R. A. R. Wijayanti, “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” vol. 1, no. 2, pp. 297–303, 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.338

D. Fauzi, M. Ihksan, B. Digital, U. S. Saintika, M. I. Kesehatan, and U. S. Saintika, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Peran Peer Educatior HIV/AIDS pada Lokus Pekerja Seks,” vol. 2, no. 3, pp. 371–378, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.527

T. Hidayat et al., “Pelatihan AI untuk Optimalisasi Kegiatan Yayasan IRMA Menuju Era Transformasi Digital,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 1, pp. 44–50, 2025. https://doi.org/10.33795/abdimas.v12i1.6462

J. Patty and J. Lekatompessy, “Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur,” J. Pengabdi. Masy. Pemberdayaan, Inov. dan Perubahan, vol. 4, no. 3, pp. 18–24, 2024. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/726/727

M. Huda, “Pelatihan AI untuk Guru MI Muhammadiyah Kamulan: Meningkatkan Kompetensi Digital di Era Modern,” J. Pengabdi. Sos., vol. 2, no. 2, pp. 3092–3100, 2024. https://doi.org/10.59837/z39ngg95

L. M. Silitonga and S. Suciati, “Pelatihan AI Based Education untuk Pemberdayaan Guru SMAN 1 Kabupaten Blora,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 15, no. 2, pp. 428–433, 2024. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.19080

Muaddyl Akhyar, Supratman Zakir, Ramadhoni Aulia Gusli, and Rahmad Fuad, “Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Perflexity Ai Dalam Penulisan Tugas Mahasiswa Pascasarjana,” Idarah Tarb. J. Manag. Islam. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 219–228, 2023. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.15435

A. Iqbal, P. W. Kuncorowati, D.S. Charismana, and J.D. Saputro, “Pelatihan Publikasi Ilmiah pada Guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya,” vol. 1, no. 1, pp. 133–138, 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.203

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Fitriani, F., Aryani, M., Wibawa, R., & Kurniawati, W. (2025). OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI PELATIHAN BANTUAN AI. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 576–584. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.649

Issue

Section

Articles