PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK MELALUI PENGENALAN SISTEM MESIN DAIHATSU XENIA

Authors

  • Rahmad Hidayat Boli Universitas Gorontalo
  • Rifaldo Pido Universitas Gorontalo
  • Novriyanti Talango Universitas Gorontalo
  • Sahional Ishak Universitas Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.618

Keywords:

Pembelajaran Vokasi, Praktik Otomotif, Kompetensi Siswa, Sistem Kerja Mesin, Daihatsu Xenia

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap komponen dan sistem kerja mesin kendaraan masih menjadi permasalahan mendasar dalam pendidikan vokasi di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan keterbatasan siswa dalam menguasai keterampilan otomotif yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, khususnya pada bidang perawatan dan perbaikan mesin. Ketidakseimbangan antara teori dan praktik nyata menjadi penyebab utama rendahnya kompetensi lulusan SMK, terutama di daerah yang memiliki keterbatasan sarana pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis praktik langsung menggunakan media yang relevan dan mudah diakses. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mootilango pada bidang otomotif melalui pelatihan pengenalan komponen dan sistem kerja mesin mobil Daihatsu Xenia. Program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan praktik siswa dalam memahami hubungan antar sistem mesin yang disebabkan oleh keterbatasan sarana belajar nyata. Kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Mootilango, Kabupaten Gorontalo, selama satu hari dengan metode pelatihan praktik langsung (hands-on training), demonstrasi komponen mesin, diskusi interaktif, observasi aktivitas belajar dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Peserta kegiatan berjumlah 19 siswa dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap rerata nilai siswa dari 56,3 pada pre-test menjadi 86,3 pada post-test, hal ini mengalami peningkatan kompetensi sebesar 50,2%. Pelaksanaan pelatihan ini memberikan dampak positif berupa peningkatan kemampuan kognitif, psikomotorik serta motivasi belajar siswa terhadap bidang otomotif. Kegiatan ini memperkuat hubungan antara perguruan tinggi, sekolah vokasi dan industri otomotif, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi dan kesiapan kerja lulusan SMK di daerah.

References

A. Nugroho et al., “Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Dalam Bidang Teknologi Web,” vol. 3, no. 2, pp. 157–160, 2024. https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/jpm/article/view/866

Agus Fikri, Avorizano, A., Dzikrillah, A. R., Heriyani, O., Ariyansah, R., & Rayhan, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Keterampilan Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kepada Siswa SMK Bina Industri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4463-4467. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2146

R. Jaerman, A. Bentri, and H. Al Kadri, “The School Strategy to Produce Graduates Ready to Work at SMK-SMTI Padang,” vol. 373, pp. 60–65, 2019. https://doi.org/10.2991/iccelst-ss-19.2019.13

A. Maya, Roemintoyo, and R. Kundari, “Relevansi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan dengan,” Indones. J. Civ. Eng. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 32–39, 2021. https://doi.org/10.20961/ijcee.v7i1.60712

A. Sori, S. Siregar, and M. Komaro, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Proses Mesin Konversi Energi Siswa Smk,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2015. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1125

M. H. Abdullah et al., “Peningkatan Kompetensi Siswa SMA/SMK Melalui Pelatihan Dan Pengenalan Teknologi Industri,” Pengabdi. Masy. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 01, pp. 157–162, 2024. https://doi.org/10.38156/dimastek.v3i01.77

E. Ranken, D. Wyse, Y. Manyukhina, and A. Bradbury, “The effect of experiential learning on academic achievement of children aged 4–14: A rapid evidence assessment,” Curric. J., vol. 36, no. 3, pp. 417–434, 2025. https://doi.org/10.1002/curj.304

O. Prayoga and W. D. Kurniawan, “Strategi dan Kualitas Pembelajaran Otomotif Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 7 Surabaya,” vol. 12, pp. 62–69, 2022. https://doi.org/10.26740/jptm.v12n1.p62-69

Bakhtiar Ganda Saputra, Partono, and I. Djunaedi, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kompetensi Whell Alignment Siswa Kelas Xi Tkr Di Smk Nasional Malang,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 7, no. 2, pp. 42–54, 2025. https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84827

G. Widayana, A. Wigraha, and E. A. J. Artha, “Analisis Kompetensi Guru Teknik Otomotif Di Smk Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Kepada Siswa,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 20, no. 1, pp. 68–79, 2023. https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i1.53597

E. Mindarta, “Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Roblox Studio Pada Mata Pelajaran Chassis Otomotif Pada Siswa SMKN di Kota Malang,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 264–280, 2025. https://etdci.org/journal/jrip/article/view/3046

H. Hendra, I. Nur, D. Leni, Y. Roza, and H. C. Mayana, “Pembuatan Simulasi Kelistrikan Motor Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Smk Teknik Otomotif Di Smkn 1 Sumbar,” J. Vokasi, vol. 7, no. 3, p. 307, 2023. https://doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4187

U. Latifah, N. Jalinus, and F. Fadhilah, “Inovasi dan Tren Terkini dalam Pengembangan Karir Pendidikan Teknologi Kejuruan,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 18, no. 5, p. 3470, 2024. https://doi.org/10.35931/aq.v18i5.3934

T. Trianung, S. R. Gumilang, Z. Umair, K. Adilah, M. R. Sawal, and F. A. L. Kosam, “Implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program in Improving the Quality of Education in Indonesia,” JIV-Jurnal Ilm. Visi, vol. 19, no. 1, pp. 10–22, 2024. https://doi.org/10.21009/jiv.1901.2

Sukirman dan moch solikin, “penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil bealajar peserta didik.pdf.” 2020.

A. Basuki, A. Sutiadiningsih, and T. Wiyanto, “Project-Based Learning (PBL) Methods Are Able to Improve Pmkr Learning Achievements Level XII Krian 2 Sidoarjo Vocational Secondary School,” vol. 23, no. 2, pp. 1–5, 2023.

V. L. P. Sutrisno and B. T. Siswanto, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 111, 2016. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

M. Nurodanika, “Strategi Pelaksanaan Program Pusat Keunggulan pada Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif di Kalimantan Timur,” vol. 14, no. 1, 2025.

S. M. Alfaruq, N. Achmad, S. Mahendra, T. Kendaraan, R. Smk, and T. Bangsa, “Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Terhadap Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 30–35, 2020. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1036

A. Susilo, M. Ihwanudin, E. Rudiyanto, and S. Suhartadi, “Implementasi Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Kelistrikan Siswa SMK,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 6, no. 2, pp. 1–12, 2024, https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.7251

Downloads

Published

2025-11-06

How to Cite

Boli, R. H., Rifaldo Pido, Novriyanti Talango, & Sahional Ishak. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK MELALUI PENGENALAN SISTEM MESIN DAIHATSU XENIA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 533–545. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.618

Issue

Section

Articles