PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Authors

  • Imelda Veronica Gea Universitas Mulawarman
  • Nuzulia Universitas Mulawarman
  • Hotsawadi Universitas Mulawarman
  • Areta Nur Fatimah Azalia Universitas Mulawarman
  • Indin Rarasati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.571

Keywords:

Flipbook, Metodologi Penelitian, Project-Based Learning, Outcome-Based Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penyusunan bahan ajar digital berbasis Flipbook pada mata kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman. Teknik atau metode pelaksanaan Pengabdian dilakukan melalui lima tahap yaitu analisis pemetaan kebutuhan materi bahan ajar melalui Focus Group Discussion (FGD), desain bahan ajar, uji coba, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari FGD menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang visualitatif, aplikatif, dan interaktif. Untuk itu, flipbook dibangun dengan tujuan menghasilkan bahan ajar yang aplikatif dan interaktif sesuai dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PBL) dan kurikulum berbasis hasil (OBE). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan Flipbook berpotensi meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Mulawarman pada mata kuliah metodologi penelitian yang ditunjukkan dengan hasil pre-test 59,25 menjadi 85,00 post-test. Mahasiswa juga menganggap Flipbook yang disusun menarik, mudah digunakan, dan relevan dengan materi kuliah. Terakhir, bahan ajar digital berbasis Flipbook tersebut juga terbukti efektif dalam mendorong pembelajaran interaktif, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penelitian, dan membantu transisi pendidikan menuju era digital.

References

Purnamasari, W and Risqa, “Pengembangan e-modul berbasis flip pdf profesional,” TSAQIFA Nusant. J urnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sos., vol. 2, no. 1, p. 42, 2023. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i1.20195

L. K. Kalyani, “The role of technology in education?: enhancing learning outcomes and 21 st century skills,” International Journal Sci. Res. Mod. Sci. Technol., vol. 3, no. 4, pp. 5–10, 2024. https://doi.org/10.59828/ijsrmst.v3i4.199

Luluk Baikuna et al., “Peran teknologi pendidikan dalam pemanfaatan pembelajaran IPS,” Jurnal Pendidik. dan Ilmu Sosial., vol. 2, no. 1, pp. 102–115, 2023. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1182

M. Nasir and S. Sutiah, “Pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran di era digital (sebuah kajian pustaka),” Jurnal Ilmu Pendidik., vol. 16, no. 1, p. 66, 2025. https://doi.org/10.21927/literasi.2024.16(1).66-77

D. Miller, J. Day, S. Ruiz, and M. T. Tafazzoli, “Using technology as a learning tool: a literature review of technology and learning outcomes,” vol. 4, pp. 261–250, 2023. https://doi.org/10.29007/4j59

Fahrina Yustiasari Liriwati, “Efektivitas pembelajaran metodologi penelitian dengan pemahaman mahasiswa dalam penulisan skripsi,” Journal Kajian dan penelitan Pendidikan dan Kebudayaan., vol. 1, no. 2, pp. 129–142, 2023. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.195

M. Samanth, “A Brief introduction to research methodology,” SSRN Electron. Journal., vol. 12, no. 5, 2024. https://doi.org/10.2139/ssrn.4866355

N. H. S. Putri, M. Fera, and N. A. R. Siregar, “Enhancing linear programming education through comprehensive and maritime relevant teaching materials,” Shs Web Conf., vol. 205, p. 01001, 2024. https://doi.org/10.1051/shsconf/202420501001

I. Khairany, M. Chairunnisa, and M. Arifin, “Diajar: jurnal pendidikan dan pembelajaran peran strategi pembelajaran dan implementasinya pada era digital,” Jurnal Pendidikan. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 8–14, 2024. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2108

U. Habibah, “Penerapan model pembelajaran projec based learning untuk meningkatkan kemampuan siswa smk al musyawirin,” J. COMPR. SCI., vol. 3, no. 4, pp. 770–782, 2024. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i4.661

G. Kalifaur, Khairtati, “Cendikia pendidikan,” Cendekia Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 50–54, 2024. https://doi.org/10.8734/causa.v1i2.365

M. A. Amanullah, “Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0,” Junal Dimensi Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, p. 37, 2020. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

A. J. Sodik, M. K. Rosyid, Nurlaila, W. Wargadinata, and Syukran, “Digitization of teaching qawâid ’arabiyyah at uin fatmawati sukarno bengkulu,” Jurnal Lughawiyah, vol. 5, no. 1, pp. 83–98, 2023. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v5i1.8136

S. N. Opoh, I. Haris, and W. Tune Sumar, “Pemanfaatan media pembelajaran digital pada perkuliahan,” Student Jurnal Education and Management., vol. 1, no. November, pp. 220–234, 2021. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.1033

E. Elfina, W. Waskito, R. Darni, H. Maksum, and D. Novaliendry, “Revolutionary flipbook-based digital comic: changing student engagement in learning,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 25, no. 3, pp. 514–527, 2024. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i3.44809

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Gea, I. V., Nuzulia, Hotsawadi, Azalia, A. N. F., & Rarasati, I. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(3). https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.571

Issue

Section

Articles