PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA TK PAS ASSAAKIINAH MANTINGAN

Authors

  • Alfiyah Rasiyani Universitas Darussalam Gontor
  • Aulidina Nurfazri Universitas Darussalam Gontor
  • Fahrina Rahmasari Universitas Darussalam Gontor
  • Nur’ain Novianty Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.522

Keywords:

Pengenalan Bahasa Arab, Kosakata Bahasa Arab, Media Interaktif, Flashcard

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memperkenalkan kosakata bahasa Arab kepada siswa TK PAS Assaakiinah melalui media interaktif yang sesuai dengan karakteristik, untuk menciptakan solusi yang relevan dan berkelanjutan terhadap permasalahan rendahnya minat dan penguasaan kosakata bahasa Arab pada anak usia dini. Metode kegiatan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang bersifat kolaboratif dan reflektif, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan ini dipilih karena melibatkan partisipasi aktif antara tim pengabdi (mahasiswa), mitra (guru TK PAS As-Saakiinah), dan subjek (siswa) dalam seluruh siklus kegiatan, mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi. Tempat kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak PAS As-Saakinah Dadung Mantingan, Ngawi jawa timur dengan sasaran utama para peserta didik usia dini. Hasil kegiatan ini memberikan sebuah solusi permasalahan dalam pembelajaran pengenalan kosakata bahasa arab dengan menggunakan media interaktif berupa Mix & Match, flash card dan memberikan motivasi anak usia dini dalam pengenalan kosakata. Hasil dari media yang digunakan dapat meningkatkan minat belajar dan perubahan perilaku yang signifukan terhadap anak.  Implikasi dari program pengabdian ini bersifat multifaset dan memberikan pengaruh jangka panjang bagi komunitas sekolah dalam materi bahasa arab. Memberikan dampak aktivitas holistik yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara bersamaan pada anak usia dini.

References

E. Bonita, E. Suryana, M. I. Hamdani, and K. Harto, “The Golden Age: Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam,” Tarb. J. Ilm. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 218–228, 2022. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

A. Mustikhatul, Dini Wulandari, Fahira Amanda Putri, Siti Khotijah, Siti Sulistiawati, and Wulan Ariyanti, “Perkembangan pada Anak menurut Santrock,” Early Child. J., vol. 3, no. 2, pp. 88–101, 2025. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4856

L. Nurbudi Prijambodo, Raden Firman; Novita Punggeti, Ratna; Fazat Azizah, “Pelatihan Pemetaan Jenis Kecerdasan Siswa Untuk Mengetahui Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Masyarakat: Jurnal Pengabdi., vol. 2, no. 1, pp. 13–24, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1

M. Asia, “Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Membaca Kritis,” J. Pembelajaran Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 6, no. 2, pp. 111–117, 2025. https://doi.org/10.59562/indonesia.v6i2.71838

I. S. P. Nation, Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge: Cambridge University Press, 2001. https://doi.org/10.14198/raei.2002.15.18-2

I. J. Syah, “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini,” JCE J. Child. Educ., vol. 2, no. 1, 2019. https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14

N. Agustiana, Vina; Darsih, Endang; Rahmatunisa, Wulan; Saeilla Azka, Fina; Aldy, Elgah; Saputra, “Fun English Day Dalam Meningkatan Animo Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pelajar Pemula,” Masyarakat: Jurnal Pengabdi., vol. 2, no. 3, pp. 303–315, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.487 https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.352

N. Latifah, Rizka; Setiani, Hani; Tristanti, “Pelatihan Pengenalan Huruf Dan Angka Menggunakan Aplikasi Qreatif,” Masyarakat: Jurnal Pengabdi., vol. 2, no. 1, pp. 81–87, 2025.

Nengrum, “Efektivitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab,” ‘A Jamiy J. Bhs. Dan Sastra Arab, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2020.

N. M. Ulfa and F. I. Pendidikan, “Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini,” GENIUS Indones. J. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 34–42, 2020. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4

N. Z. Abd Hamid, N. Abdul Pisal, and N. Yahya, “A Literature Review of the Effectiveness of Using Gamification in the Teaching and Learning of Arabic,” Int. J. Mod. Educ., vol. 6, no. 22, pp. 588–602, 2024. https://doi.org/10.35631/ijmoe.622040

A. Syawaluddin and N. Aeni, “Play and learning: digital traditional games for vocabulary mastery in young learners,” Discov. Educ., vol. 4, no. 1–8, 2025. https://doi.org/10.1007/s44217-025-00485-8

J. O. Wooten and J. A. Cuevas, “The Effects of Dual Coding Theory on Social Studies Vocabulary and Comprehension in Elementary Education,” Int. J. Soc. Educ. Sci., vol. 6, no. 4, pp. 673–691, 2024. https://doi.org/10.46328/ijonses.696

M. Martini; Sitorus, “Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini,” Al-Abyadh, vol. 6, no. 1, pp. 41–50, 2023. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746

Nurlatipah, Limah; Rohendi, Rohendi; Luthfi, Taufik; Anwar, Riyan Haqi Khoerul, “Pelatihan Bahasa Arab: Mufrodat Al-‘Adad 1-10 dengan Metode Pembelajaran Interaktif pada Anak-Anak di Majelis Darul Anwar Kampung Sukajaga Cihanjawar Purwakarta,” ALKHIDMAH J. Pengabdi. Dan Kemitraan Masy., vol. 3, no. 2, pp. 27–36, 2025. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v3i2.1253

R. D. Maulaya and M. Ashari, “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Buku Ghina’ul Athfal di TK Dharma Wanita Ngrayudan 1,” J. Innov. Sustain. Empower., vol. 3, no. 2, pp. 107–116, 2024. https://doi.org/10.25134/jise.v3i2.94

K. U. Khaerul, N. Asisah, Z. Muttaqin, M. M. Anam, and R. R. Aziza, “PENINGKATAN KUALITAS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MELALUI METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR),” J. Pendidik. Dan Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 411–416, Nov. 2022. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4259

S. R. Juniati, A. N. Aeni, and A. Ismail, “Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa terhadap Materi Organ Tubuh Manusia,” vol. 6, 2025. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i2.870

I. L. Kusuma Dewi, S. Setiyani, D. P. D. Santi, A. D. Astuti, T. Suprayo, and J. Jaufillaili, “Pelatihan Evaluasi Online Berbasis Gamifikasi dengan Typeform dan Proprofs di SDN Sadagori I Cirebon,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 4, p. 385, July 2023. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.9306

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Rasiyani, A., Nurfazri, A., Rahmasari, F., & Novianty, N. (2025). PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA TK PAS ASSAAKIINAH MANTINGAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(3), 386–397. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.522

Issue

Section

Articles