IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: PELATIHAN PERANGKAT AJAR BAGI GURU MADRASAH DI DAERAH 3T

Authors

  • Yakin A. Asikin STKIP Muhammadiyah Kalabahi
  • Rusmin Mulyadin Tut STKIP Muhammadiyah Kalabahi

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.488

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru, Perangkat Ajar, Daerah 3T

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, khususnya di daerah 3T (Terluar, Terpencil dan Tedalam), seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep Kurikulum Merdeka dan minimnya keterampilan dalam menyusun perangkat ajar yang kontekstual dan bermakna, seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka atau Modul Ajar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs S Al-Hikmah Bahri Ternate dan MAS Hikmatul Bahri Ternate di Desa Pulau Buaya, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, dalam merancang dan mengimplementasikan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Juli 2025, menggunakan metode partisipatif melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konseptual dan keterampilan praktis guru, yang tercermin dari antusiasme peserta serta kualitas RPP/Modul Ajar yang dihasilkan. Luaran kegiatan meliputi kumpulan perangkat ajar (RPP/Modul Ajar), video dokumentasi, dan artikel ilmiah. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kesiapan guru untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif di satuan pendidikan masing-masing.

References

Mustofa, D., Darmayanti, I., Pramono, A., Saputra, D. I. S., Kusuma, V. S., & Apitiadi, S. D. (2025). PELATIHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU SD N 1 TOYAREKA GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 7(1), 115–121. https://doi.org/10.33480/abdimas.v7i1.5949

Nurhairunnisah, N., Nurjumiati, N., & Suryani, E. (2025). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Kompetensi Pedagogik Berbasis Digital pada Guru SDN 1 Penyaring. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 44–58. https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i1.1241

Mujianto, G., Wibowo, A. P., Tinus, A., & Setiawan, A. (2025). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Sumber Pucung. Journal Of Human and Education (JAHE), 5(1), 943–952. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2293

Rohartati, S., Gumilar, A. C., & Lisnawati, C. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI GURU-GURU DI SDN DEWISARI III KEC. RENGASDENGKLOK KAB. KARAWANG. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 611–618. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7630

Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105

Hasibuan, R. H., Dwiningsih, A., & Annisa, A. (2023). Pelatihan penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) berbasis kurikulum merdeka pada guru paud se-Kota Medan. Altafani, 2(2), 90-99. https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.186

Sinaga, C. V. R., Sijabat, A., & Munthe, M. V. R. (2025). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 377–382. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11795

Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202

Mayangsari, P., Khoirunnisa, K., Mukti, R. A., Yunizha, T. D., Enjelina, D., Irfan, I., & Risdalina, R. (2024). Analisis Permasalahan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 285–293. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.415

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan penyusunan modul ajar berdiferensiasi untuk meningkatkan kesiapan implementasi kurikulum merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961-4970. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478

Makrif, M., Sari, N., Muhardini, S., Ratu, T., & Erfan, M. (2023). PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SDN 1 BANYUMULEK TAHUN 2023. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(3), 203–212. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i3.283

Ampa, A. T., & Romba, S. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD. Madaniya, 4(1), 121-127. https://doi.org/10.53696/27214834.354

Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Matlubah, H. (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA FASE A DI SDN PATIAN II DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.325

Muhardini, S., Sudarwo, S., Anam, K., Bilal, A. I., Mayasari, D., Haifaturrahmah, H., ... & Ibrahim, I. (2023). Pelatihan implementasi kurikulum merdeka dalam pengembangan perangkat pembelajaran di gugus 5 kota mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 839-843. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14580

Saiman, R., Rusdianto, & Kasman, R. (2025). Ketercapaian Kurikulum Merdeka dan Kesiapan Guru di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3-T). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 137 - 152. https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i1.5595

Karelu, Yunus, M., & Nurdin. (2025). Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar SD Inpres Jenebatu. EDUKASI, 13(1), 111–121. https://doi.org/10.61672/judek.v13i1.2928

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Asikin, Y. A., & Tut, R. M. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: PELATIHAN PERANGKAT AJAR BAGI GURU MADRASAH DI DAERAH 3T. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(3), 291–301. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.488