FUN ENGLISH DAY DALAM MENINGKATKAN ANIMO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAJAR PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.487Keywords:
Fun English Day, Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Pelajar PemulaAbstract
Kegiatan Fun English Day dilaksanakan di MI Plus An-Nur, Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, selama enam hari, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris masyarakat Desa Manggari dalam usia kelas 1-3 melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Analisis situasi menunjukkan bahwa meskipun Desa Manggari memiliki potensi pendidikan yang baik, minat belajar bahasa Inggris di kalangan masyarakat masih rendah akibat anggapan bahwa bahasa Inggris sulit dipelajari. Permasalahan ini diperparah oleh kurangnya sumber daya manusia yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup sosialisasi, pelatihan tutor, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, pada 23-Bulan Juni 2025 di Sekolah MI Plus Annur. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi kepada peserta, orang tua, dan guru untuk menjelaskan tujuan dan manfaat program. Pelatihan dilakukan untuk memastikan tutor memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengajar dengan metode yang efektif. Penerapan teknologi termasuk penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, serta aktivitas seperti "Listen and Say," "Listen and Do," dan "Listen and Repeat," memberikan pengalaman belajar yang menarik. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan bahasa Inggris peserta, baik dalam kosakata, keterampilan menyimak maupun keterampilan berbicara. Evaluasi yang dilakukan di akhir program menunjukkan bahwa peserta merasa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Pembahasan mengungkapkan pentingnya keberlanjutan program agar metode yang telah diajarkan dapat terus diimplementasikan dalam pembelajaran reguler dan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan serupa diadakan secara berkelanjutan, dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mendukung penguasaan bahasa Inggris pelajar di Desa Manggari.
References
Turnip, G. T. R., Mahdiyah, F., Zulaikha, F., Rahma, F. W., & Agustiana, V. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi melalui Fun English Ramadhan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 111–118. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.508
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., & Nugroho, M. A. B. (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL. Abdimas Siliwangi, 6(1), 72-82. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/14528
Azis, I. A., Agustiana, V., Diani Rosa, H., & Cika Wandira, I. (2025). Metode Drilling: Transformasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas 6 di Desa Manggari Kec Lebakwangi Kab Kuningan: Transforming the Learning of English-Speaking Skills for Grade 6 Students in Manggari Village, Lebakwangi District, Kuningan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.509
Agustiana, V. (2024). Fun english holiday guna meningkatkan minat pembelajaran bahasa inggris bagi masyarakat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Abdimas Siliwangi, 7(3), 538-547. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/25228
Sasrawangi, A., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris Melalui Game di Kelas VIII MTSS Badan Amal Ujung Loe Kab Bulukumba, Sulawesi Selatan. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(3), 18-28. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/107
Sari, A. Enhancing English Reading Comprehension through Gamified Digital Platforms.
Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212
Sari, M., Nucifera, P., & Liasna, T. (2025). PELATIHAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 133–141. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.381
Wahidin, Agustiana, V., Adawiyah, S. Z., Praptiwi, S. D., & Yulithalia Sianturi, Y. (2025). Fun-tastic English Club guna Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP di Kecamatan Kramatmulya . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.507
Suhardiman, S., Rahdiana, N., Suryapranatha, D., Anay, Z., & Putri Maulia, B. (2024). WORKSHOP PENINGKATAN SCORE TOEFL MAHASISWA ASRAMA KUJANG YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SYARAT KELULUSAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.108
Pratama, R. F., Agustiana, V., Andini, V. S., & Novita, T. (2025). Pembinaan Kepercayaan Diri dan Keterlibatan Sosial Bagi Siswa SMP Kecamatan Kramatmulya Melalui Metode Speech dalam Public Speaking. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 100–110. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Agustiana, Endang Darsih, Wulan Rahmatunisa, Fina Saeila Azka, Elgah Aldy, Nico Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.