PENERAPAN METODE CARING EDUCATION UNTUK PENCEGAHAN BULLYING SISWA MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.404Keywords:
Metode Caring education, Penanaman Karakter, Pencegahan BullyingAbstract
Perundungan di lingkungan sekolah merupakan tantangan serius yang berdampak pada perkembangan karakter dan kesehatan mental peserta didik. Penerapan metode Caring education menjadi pendekatan strategis dalam menciptakan budaya sekolah yang aman, empatik, dan inklusif. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru serta siswa MA Safinatul Huda dalam mencegah bullying melalui penguatan nilai kepedulian, empati, dan komunikasi reflektif. Kegiatan dilaksanakan menggunakan pendekatan servicelearning yang dipadukan dengan metode caring education melalui empat tahapan utama: (1) sosialisasi program pengabdian, (2) pelatihan self-awareness dan empati, (3) pendampingan implementasi metode caring education, dan (4) evaluasi dan refleksi. Sasaran program meliputi kepala sekolah, guru, pengurus OSIS, dan siswa Madrasah Aliyah Safinatul Huda Sowan Kedung Jepara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berdampak positif: pemahaman siswa terhadap nilai kepedulian dan empati meningkat sebesar 91%, pengetahuan dan keterampilan guru dalam menerapkan metode caring education mencapai rata-rata 88,5%, serta keterlibatan kepala sekolah dan guru dalam mendukung keberlanjutan program mencapai 90%. Tingkat kepuasan mitra terhadap layanan Tim Pengabdi mencapai 95%, dengan penyampaian materi yang dinilai mudah dipahami dan aplikatif (94%). Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun budaya sekolah yang bebas bullying dan mendukung perkembangan karakter peserta didik. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan dapat direplikasi di satuan pendidikan lain sebagai langkah konkret mewujudkan lingkungan belajar yang sehat dan berdaya.
References
S. Rahmad. (2024). CHILD-FRIENDLY SCHOOLS IN PRIMARY EDUCATION INSTITUTIONS. Al-Adzka J. Ilm. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 14, no. 2, pp. 121–134. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v14i2.13738
M. Syahruddin, F. Pongpalilu, S. Aisyah, and R. A. Maing. (2025). THE CONSEQUENCES FF BULLYING: ANALYZING ITS EFFECTS ON STUDENT ACHIEVEMENT AND PSYCHOLOGICAL WELL-BEING. Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 19, no. 2, pp. 1065–1076. https://doi.org/10.35931/aq.v19i2.4833
M. Ahyia. (2024). THE EFFECTIVENESS OF USING SYMBOLIC MODELING TECHNIQUE THROUGH EMPATHY TRAINING TO OVERCOME BULLYING BEHAVIOR OF STUDENTS IN RAUDHATUL ATHFAL. Quanta J., vol. 8, no. 3, pp. 162–176. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i3.5018
T. A. M. Mohan and A. Y. A. Bakar. (2021). A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ON THE EFFECTS OF BULLYING AT SCHOOL. SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 6, no. 1, p. 35. https://doi.org/10.23916/08747011
D. R. Febriansyah and Y. Yuningsih. (2024). FENOMENA PERILAKU BULLYING SEBAGAI BENTUK KENAKALAN REMAJA DI SMK-TI PEMBANGUNAN CIMAHI. Lindayasos J. Ilm. Perlindungan dan Pemberdaya. Sos., vol. 2, no. 1, pp. 25–33. https://doi.org/10.31595/lindayasos.v6i1.1177
L. Sarbaini. (2025). SOSIALISASI ANTI-BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASANDI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 4 MEDAN. Masy. J. Pengabdi., vol. 2, no. 1, pp. 98–105. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.361
Gaffney. (2021). WHAT WORKS IN ANTI-BULLYING PROGRAMS? ANALYSIS OF EFFECTIVE INTERVENTION COMPONENTS. J. Sch Psychol, vol. 85, pp. 37–56. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.12.002
Damayanti. (2019). BULLYING DI SEKOLAH: PENGERTIAN, DAMPAK, PEMBAGIAN DAN CARA MENANGGULANGINYA. Pedagogia, vol. 17, no. 1, pp. 55–66. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
R. S. Pradana, F. C. Kartika, and R. A. Rachmaningrum. (2025). PERILAKU BULLYING DAN UPAYA GURU BK DALAM MENGATASINYA. Aliansi J. Hukum, Pendidik. dan Sos. Hum., vol. 2, no. 1, pp. 264–273. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.758
Losada. (2021). SERVICE-LEARNING IN EUROPE. DIMENSIONS AND UNDERSTANDING FROM ACADEMIC PUBLICATION. Front. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.604825
Aulia. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN EMPATI UNTUK MENGURANGI KASUS BULLYING DI SEKOLAH DASAR. J. Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, vol. 2, no. 1, pp. 71–79. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.291
R. Hikmat, S. Suryani, I. Yosep, and R. Jeharsae. (2024). EMPATHY’S CRUCIAL ROLE: UNRAVELING IMPACT ON STUDENTS BULLYING BEHAVIOR - A SCOPING REVIEW. J. Multidiscip. Healthc., vol. 17, no. July, pp. 3483–3495. https://doi.org/10.2147/JMDH.S469921
Aulia, Kholisoh. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN EMPATI UNTUK MENGURANGI KASUS BULLYING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 2024, vol. 2, no.1 pp. 71-79. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.291
S. A. Pranajaya, S. Mahmud, J. Mengki, S. I. Shadiqin, and S. Silahuddin. (2024). EDUKASI KARAKTER ANTI-BULLYING MELALUI METODE SOSIALISASI PADA SISWA DI YLPI MAHYAL ULUM AL-AZIZIYAH ACEH BESAR. J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 1–14. https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.4240
B. Subasman. (2025). IMPROVING CHARACTER EDUCATION THROUGH A HOLISTIC APPROACH IN SUPPORTING THE ACHIEVEMENT OF SDGS 4 IN SECONDARY SCHOOLS. Indones. J. Adv. Res., vol. 4, no. 3, pp. 265–278. https://doi.org/10.55927/ijar.v4i3.14034
S. Mehner. (2024). HOW TO MAXIMIZE THE IMPACT OF WORKPLACE TRAINING: A MIXED-METHOD ANALYSIS OF SOCIAL SUPPORT, TRAINING TRANSFER AND KNOWLEDGE SHARING. Eur. J. Work Organ. Psychol., vol. 34, no. 2, pp. 201–217. https://doi.org/10.1080/1359432X.2024.2319082
C. Utami. (2024). SOSIALISASI PENGABDIAN MASYARAKAT (PKM) DI SMA 1 HANG TUAH JAKARTA SELATAN. J. Hum. dan Sos. Sains, vol. 1, no. 3, pp. 336–441. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamidaturrohmah, Muhammad Rifqy Andrian Safi'i, Roisul Khasanah, Ana Selviani, Ahmad Syaikhu Mubarok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.