PELATIHAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.381Keywords:
Model Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Pendidikan Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan pelatihan model cooperative learning ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan model pembelajaran di kelas. Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai calon guru berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu mahassiwa meningkatkan kompetensi pedagogik sehingga mampu memberikan bekal dengan keterampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan kolaboratif di dalam kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Rabu, 6 November 2024 di ruang 7 gedung FKIP Universitas Samudra. Peserta kegiatan adalah mahasiswa semester lima yang sedang menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Samudra. Peserta berjumlah empat puluh dua orang. Metode pelatihan yang digunakan adalah Ceramah Interaktif, diskusi, demonstrasi, kelompok, dan praktik. Selama pelatihan, peserta menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi dan secara aktif berkontribusi dalam diskusi maupun simulasi. Peserta berhasil merancang dan menerapkan skenario pembelajaran dengan pendekatan jigsaw yang mencerminkan pemahaman yang kuat terhadap prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta terhadap model pembelajaran kooperatif serta kemampuan dalam menyusun rencana pembelajaran yang selaras dengan kompetensi abad ke-21. Selain itu, peserta juga semakin percaya diri dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif dan menyatakan minat untuk mengaplikasikannya saat mangikuti magang mengajar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa program pelatihan serupa perlu diperluas kepada peserta lain dengan melibatkan mitra sekolah-sekolah lokal. Inisiatif semacam ini berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan guru dan calon guru serta mendukung penerapan model pembelajaran inovatif dan efektif di sekolah.
References
C. Hidauat D. TJuniar and M.N. Herliana. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN POOMSAE I MATA KULIAH TAEKWONDO. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 2 (2). 113-133. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8177
C. P. Hijrihani and D. U. Wutsqa (2015). KEEFEKTIFAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN STAD DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (1). 1–14. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9091
J. A. Simaremare and E. Thesalonika. (2021). PENERAPAN METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Tunas Bangsa. 8 (2). 113–133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642
R. Abdullah. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI MADRASAH ALIYAH. Lantanida Jurnal. 5 (1). 13-28. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
A. Syarifuddin. (2011). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN. A’dib Jurnal Pendidikan Islam. 6 (2). 209-226. https://doi.org/10.19109/td.v16i02.61
N. Sari and N. Rahman. (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. PSEJ (Pancasakti Sci. Educ. Journal). 3(1) 34-42. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.880
O. Fridaram, E. Istharini, P. G. C. Cicilia, A. Nuryani, and D. H. Wibowo. (2021). MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. Magistrorum Sch. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (2). 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
D. A. Triani (2016). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI. Universum. 10 (2). 219–227. https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.262
M. S. Kahar, Z. Anwar, and D. K. Murpri (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matatematika. 9 (2). 279–29. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
A. M. Restu, M. A. Prasetyo, L. K. Nada, L. Ulandari, and L. Fadila. (2021). PENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Mutiara Pendidikan Indones. 6 (2). 112–121. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327
A. D. Evitasari and W. Setyani. (2020). MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Taman Cendekia Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4 (2). 483–491. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8672
P. Rusanti, N. K. A. Susandi, and N. L. P. L. Devi. (2023). PELATIHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1 SELEMADEG. Abdi Widya Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2). 101–108, https://doi.org/10.59997/awjpm.v2i2.2806
G. Wulansuci, A. Sumitra, and F. D. T. Santana. (2024). PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD-21 (COOPERATIVE LAERNING) SEBAGAI UPAYA MENGATASI STRESS AKADEMIK ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PENDIDIK PAUD. Abdimas Siliwangi. 03 (01). 363–370. https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10250
S. Amnah, L. Rahmi, and Melissa. (2020). PELATIHAN MODEL ACTIVITE LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING DI SMP N 34 PEKAN BARU. Community Education Engagement Journal. 2 (1). 73–82. https://doi.org/10.25299/ceej.2022 .
B. Siregar, A. Hutasuhut, T. Tumiran, A. Syahrial, R. D. Utami, and P. A. Sitorus. (2023). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SD/MI BULU CINA KECAAMATAN HAMPARAN PERAK. Jurnal of Human and Education. 3. (4). 332–336. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maulida Sari, Prima Nucifera, Tanita Liasna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.