INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA: PROGRAM KREATIF DAN INTERAKTIF DI PULAU TERLUAR INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.371Keywords:
Inovasi Pembelajaran Matematika, Program Kreatif, Program InteraktifAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di Desa Wakarleli, Kec. Moa, Kab. Maluku Barat Daya ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar matematika yang kreatif, interaktif, dan menyenangkan bagi anak-anak. Program ini memanfaatkan berbagai metode kreatif, termasuk color by number, pendekatan jarimatika, metode butterfly untuk operasi pecahan dan berbagai permainan edukatif yang memanfaatkan aktivitas fisik, untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Kegiatan ini melibatkan sekitar 20 anak di Desa Wakarleli dengan rentang usia 6–12 tahun serta latar belakang pendidikan yang beragam, mulai dari anak-anak yang masih bersekolah hingga yang sudah putus sekolah. Pelaksanaan program ini didukung oleh para fasilitator yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika serta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pattimura Kab. Maluku Barat Daya. Mereka memberikan bimbingan yang intensif, baik dalam memandu kegiatan utama maupun membantu anak-anak yang menghadapi kendala dalam memahami materi. Hasilnya, kegiatan belajar matematika yang dirancang ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mendukung pengembangan keterampilan sosial serta akademik anak-anak. Implikasi dari kegiatan ini terhadap masyarakat adalah peningkatan kualitas pendidikan dan minat belajar anak-anak, yang dapat berkontribusi pada perkembangan mereka.
References
R. Hidayat dan A. Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
M. Ahmad, Rohani, A. U. Siregar, dan Sabri. (2022). Pendidikan Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kreativitas dan Komunikasi Matematika. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
R. Ramadhani, E. Syahputra, dan E. Simamora. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Ethno-Flipped Classroom di Era Digital. Bandung: Indonesia Emas Group.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
R. M. Kurniati, Ruslan, dan H. Ihsan. (2018). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap Bilangan Bulat, Operasi dan Sifat-Sifatnya,” Intelegensi JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 1, no. 1.
R. Kurniati MA, S. Sugiarto, dan N. Nurwahidah. (2024). An Analysis of Mathematics Education Students Errors in solving PISA Adaptation Test. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, vol. 10, no. 1, hlm. 97. https://doi.org/10.30595/alphamath.v10i1.21407
A. A. Ole dan T. D. Makausi. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, vol. 5, no. 1, hlm. 961–968. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.699
BPS Kabupaten Maluku Barat Daya, STATISTIK DAERAH KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA 2023. Maluku Barat Daya: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya, 2023.
BPS Kabupaten Maluku Barat Daya. (2024). Maluku Barat Daya dalam Angka 2024, vol. 1. Maluku Barat Daya: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya.
S. Sugiarto dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Program Bimbingan Belajar pada Siswa SD Kristen Upunyor. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 2, no. 4, hlm. 406–410. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.150
S. Sugiarto dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Program Bimbingan Belajar pada Siswa SD Kristen Upunyor. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 2, no. 4, hlm. 406–410. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.150
Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia), “Rata-Rata Lama Sekolah Penduduk Umur 15 Tahun ke Atas Menurut Provinsi, 2021-2023.” Diakses: 23 Mei 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTQyOSMy/rata-rata-lama-sekolah-penduduk-umur-15-tahun-ke-atas-menurut-provinsi.html
A. Rosmala dan Isrok`Atun. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
D. Anjarsari, S. C. Puspita, Q. Al Munasiroh, dan Supriyanto. (2025). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI PEMBUATAN BAHAN AJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 2, no. 1, hlm. 106–113. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.363
A. Nisa Maghfiroh, Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, dan S. Nikhlatus Salma. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, vol. 4, no. 1, hlm. 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429
A. Amir. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL EKSAKTA, vol. 2, no. 1
K. Himmah, J. M. Asmani, dan L. Nuraini. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, vol. 1, no. 1, hlm. 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
K. Khairuni dan R. R. Wandini. (2023). Strategi Butterfly dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 3, hlm. 3771–3780. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4577
J. Dwi Rahmayanti. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, hlm. 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
J. D. Rahmayanti. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Materi Perkalian Dasar di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, vol. 2, no. 1, hlm. 47–61. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i1.43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratnah Kurniati MA, Lestari, Fenty Madelin Madubun, Jafrandi J. Reiwuty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.