PELATIHAN REALITY THERAPY UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN HUBUNGAN SISWA KEPADA KONSELOR DI THAILAND

Authors

  • Muhamad Afifuddin Ghozali Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryo Nuryono Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhidayah Amin Sangkhom Islam Wittaya School
  • Frisya Putri Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Tiara Dyah Kinanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.369

Keywords:

Reality Therapy, Kesejahteraan Emosional, Masalah Relasional, Pelatihan Konselor

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan emosional dan sosial siswa di Sekolah Sangkhom Islam Wittaya, Thailand, melalui pelatihan bagi konselor sekolah dalam penerapan pendekatan reality therapy. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan pelatihan ini dengan fokus pada mengatasi masalah relasional siswa seperti konflik antar teman, kesulitan berinteraksi, dan tantangan komunikasi. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui pelatihan yang intensif selama dua bulan secara hybrid ini membekali para konselor di Sangkhom Islam Wittaya School, Thailand dengan keterampilan dalam mengaplikasikan reality therapy yang menekankan pada tanggung jawab individu terhadap pilihan dan perilaku mereka. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan dampak positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih harmonis dan kondusif pada siswa. Terlebih, siswa dapat memahami konsekuensi dari tindakan mereka dan mengembangkan keterampilan untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain. Selain itu, keterampilan dalam pengaplikasian konseling pendekatan reality therapy dapat meningkatkan resiliensi konselor ataupun guru di sekolah rekanan. Kolaborasi antara UNESA dan Sekolah Sangkhom Islam Wittaya ini menjadi model yang baik untuk pengembangan program serupa di masa depan, dengan tujuan menciptakan pendidikan yang lebih inklusif dan mendukung kesehatan mental siswa.

References

Azzahro, H., Putri, I. F., Wulan, N. A. R., & Kusumaningrum, H. (2025). Kolaborasi Stakeholders dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Sekolah. Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, 2(3), 358-371. https://doi.org/10.70292/jpcp.v2i3.83

Collie, R., Martin, A. J., Papworth, B., & Ginns, P. (2016). Students’ interpersonal relationships, personal best (PB) goals, and academic engagement. Learning and Individual Differences, 45, 65–75. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2015.12.002

Farakhiyah, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan pada Remaja Akhir dengan Menggunakan Metode Realty Therapy. Share: Social Work Journal, 7(2), 28-37. https://doi.org/10.24198/share.v7i2.15720

Jannah, A. M., & Sukartono, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Siswa dan Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Karakter Sikap Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4756-4767. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2915

Moesarofah, M. (2023). Identifikasi Peran Konselor Sekolah dalam Layanan Kesehatan Mental Berbasis Sekolah. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 337-344. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.13

Mulawarman, M., et al. (2024). Pelatihan Konseling Realita Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Hardiness Siswa pada MGBK SMP Se-Kota Semarang. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 187-196. https://doi.org/10.36728/ganesha.v4i2.3486

Munawaroh, E., Anni, C. T., & Sunawan, S. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesional Konselor melalui Pelatihan Konseling Realita. Jurnal Abdimas, 23(1), 42-47. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i1.16538

Ningsih, A. (2021). Konsep Diri Remaja yang Mengalami Kegagalan Hubungan Interpersonal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(1), 19-22. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i1.3626

Nurhafiza, Netrawati, & Karneli, Y. (2022). Pendekatan Reality therapy Terhadap Korban Traumatis Akibat Pasca Bencana Alam: Studi Library Research. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 452–459. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.93

Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265-275. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60

Qomariyah, I. N., Maradika, A. W. Y., Amelia, U. N., Firdausi, F. S., Akbar, A. F., & Muwakhidah, M. (2024). Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Menurut Perspektif Siswa. Teaching, Learning and Development, 2(2), 77-82. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.43

Ramli, M., Hidayah, N., Saputra, N. M. A., & Hanafi, H. (2023). Peningkatan Kompetensi Self-Help Konseling Realita Berbasis Online. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 152-160. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i2.181

Sakti, E. B., Wagimin, W., & Purwaningrum, R. (2020). Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Adaptif. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 4(2), 67-72. https://doi.org/10.20961/jpk.v4i2.46864

Salau, T. L., Loban, M. N., Taneo, J., Malelak, E. O., Labre, B., & Malaykari, F. S. (2025). Pengembangan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling Berbasis Konseling Eklektik. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(2), 3529-3539. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.4768

Sari, A. K., & Prayitno, Y. K. (2021). Pelayanan profesional guru bimbingan konseling dalam meminimalisir kesalahpahaman tentang bimbingan konseling di sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36-49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117

Sitorus, N. H. S., Putri, T., Eriyanto, M. H., Nurhasanah, S., & Dongoran, R. (2024). Analisis Bimbingan dan Konseling dalam Lingkup Pendidikan. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2217-2225. https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.9955

Sofah, R., Dewi, R. S., Razzaqyah, F., Nurwisma, N., & Silvia, S. (2022). Pelatihan Melaksanakan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realitas pada Guru BK. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 297-303. https://doi.org/10.24036/sb.02480

Wahyuningtyas, T. A. (2024). Reality Counseling Technique To Improve Self-Happiness In Emerging Adulthood. EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i2.56

Zainuddin, M. (2022). Pengaruh Konseling Realita Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMA Negeri 1 Sikur Lombok Timur. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1744-1751. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6167

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Ghozali, M. A., Wiyono, B. D., Nuryono, W., Amin, N., Aulia, F. P., & Kinanti, T. D. (2025). PELATIHAN REALITY THERAPY UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN HUBUNGAN SISWA KEPADA KONSELOR DI THAILAND. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 114–122. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.369