SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI PEMBUATAN BAHAN AJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dewi Anjarsari Universitas Sragen
  • Septyana Candra Puspita Universitas Sragen
  • Qoni’ah Al Munasiroh Universitas Sragen
  • Supriyanto Universitas Sragen

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.363

Keywords:

Aplikasi Canva, Bahan Ajar, Sekolah Dasar

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi sekarang ini yang semakin berkembang, banyak sekali program aplikasi yang dapat digunakan dalam membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu aplikasi Canva. Penggunaan aplikasi canva sebagai media ajar cukup efektif dalam pembuatan media ajar agar pembelajaran menjadi efektif. Tujuan kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran pada guru di SDN Pengkok 4 Kedawung. Metode pada pelaksanaan kegiatan pengabdian pada dasarnya yaitu dilakukan dalam beberapa tahapan diawali dengan mengenalkan pelayanan, mengsosialisasikan, dan melaksanakannya. Rata-rata 95% guru memberikan respon positif terhadap pelaksanaan sosialisasi pelatihan aplikasi canva pada pembuatan media pembelajaran. Guru sangat setuju aplikasi canva mudah digunakan untuk membuat media pembelajaran, aplikasi canva dapat digunakan membuat media ajar yang efektif dan menarik dalam penyampaian materi untuk peserta didik, Canva sangat mempermudah membuat media pembelajaran yang efektif, selain itu juga aplikasi canva mudah di oprasikan, template yang tersedia juga menarik sehingga akan meningkatkan minat belajar peserta didik, dan mendesain dengan aplikasi canva lebih efesien digunakan dibandingkan dengan menggunakan media pemeblajaran konvensional.

References

Y. A. Purba and A. Harahap. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 NA IX-X AEK KOTA BATU, J. Cendekia J. Pendidik. Mat, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. Selaparang J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

F. Fitriani, A. Faisol, W. Wamiliana, N. Notiragayu, S. L. Chasanah, and D. Kurniasari. (2022). PELATIHAN CANVA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMK DI BANDAR LAMPUNG,” J. Pengabdi. Kpd. Masyarakat. Tabikpun, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

R. K. Sari, I. Hamzah, S. M. (2022). WIJAYA, AND A. IKBARFIKRI, “PELATIHAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA N 5 METRO. J. Soc. Sci. Technol. Community Serv, 4(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i2.3115

N. Nurhayati, M. Vianty, M. L. Nisphi, and D. E. Sari. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DESAIN DAN PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA FOR EDUCATION BAGI GURU BAHASA DI KOTA PALEMBANG. Din. J. Pengabdi. Kpd. Masyarakat., 6(1), 171–180, 2022. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Tri Wulandari and Adam Mudinillah. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MI/SD. Jurnal Risiset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

S.- Sarmini, M. U. P. Insan, A. A. Susantari, J. Mauludhi, N. R. Putra, and Y. R. Listiana. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA GURU SD NEGERI 3 JATILAWANG. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1471-1476. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14965

I. Mulyawati, N. W. Arini, and L. Polina. (2022). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DAN PADLET BAGI GURU SD DI SDN PULOGEBANG 09 PAGI. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170-178. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670

L. A. Purwasi, R. Refianti, and U. Pgri Silampari. (2022). WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PARA GURU SEKOLAH DASAR. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), https://doi.org/10.37385/ceej.v3i3.1274

T. Analicia and R. Yogica. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SISTEM GERAK. Journal Edutech Undiksha, 9(2), 260-268. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604

L. Rahmawati, N. Ambulani, W. Desty Febrian, R. Widyatiningtyas, and R. Sukma Rita. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Junal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151

F. Damayanti and S. Sundari. (2022). SOSIALISASI PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK GURU SMP 1 LABUHAN DELI. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 31–37. https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i02.687

R. Pratama, M. Alamsyah, M. F. Siburian, G. Marhento, and J. Jupriadi. (2023). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH ALIYAH. EduBiologia Journal,3(1),40- 48 http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

S.- Sarmini, M. U. P. Insan, A. A. Susantari, J. Mauludhi, N. R. Putra, and Y. R. Listiana. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA GURU SD NEGERI 3 JATILAWANG. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1471-1476. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14965

Bisma Ayodha Kurniawan Putra, Syadzalina Bilqis, and Catharina Aprilia Hellyani. (2023). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSUD PENEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 162–170. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.53570

Nurhayati, M. Vianty, M. L. Nisphi, and D. E. Sari. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DESAIN DAN PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA FOR EDUCATION BAGI GURU BAHASA DI KOTA PALEMBANG. Din. J. Pengabdi. Kpd. Masyarakat., 6(1), 171–180, 2022. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Anjarsari, D., Puspita, S. C., Munasiroh, Q. A., & Supriyanto. (2025). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI PEMBUATAN BAHAN AJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 106–113. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.363