PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Hefi Rusnita Dewi STKIP PGRI Bangkalan
  • R. A. Rica Wijayanti STKIP PGRI Bangkalan
  • Zainudin STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.338

Keywords:

Penulisan Artikel Ilmiah, Kompetensi Guru, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah yang relevan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran. Metode yang digunakan berupa pelatihan penulisan artikel ilmiah dalam bentuk pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi Tempat pelaksanaan pengabdian masyarakat ini di SMKS Bangkalan. Kegiatan pengabdian ini ditujukan kepada guru dalam bentuk pelatihan penulisan ilmiah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Banyak guru yang merasa sulit untuk bisa menulis artikel ilmiah. Hal ini dapat terlihat pada hasil dari kinerja ujian kompetensi guru di bidang pedagogi dan professional, pada kenyataannya tidak semua guru mempunyai kemampuan menulis ilmiah. Hal yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan menulis yang dimiliki guru adalah kurangnya pelatihan dan pengajaran dalam penulisan akademi. Adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen STKIP PGRI Bangkalan di SMKS di Bangkalan memperlihatkan sumbangsih yang signifikan dalam pengembangan kemampuan guru, terutama di sektor penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah.  Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah 62 % dari guru yang mengikuti pelatihan menyatakan sangat paham, 25% dan 13% cukup paham tentang materi metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan penulisan artikel ilmiah.

References

Rahman, Arif, et al. (2019). Penulisan Artikel Ilmiahberbasis Jurnal Ilmiah Bagi Guru Smp-Sma Kabupaten Lombok Tengah. Abdi Masyarakat, 1(1). http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v1i1.911

Syaputra, J., Syihabbudin, Damaianti, V., & Sastromiharjo, A. (2022). Menulis Karya Ilmiah dan Literasi Publikasi Guru di Manokwari. Buletin Edukasi Indonesia, 1(02), 30–38. https://doi.org/10.56741/bei.v1i02.88

Gunawan, Gunawan; Harjono Ahmad; Sahidu, Hairunnisyah. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Madrasah di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i2.1169

Muspawi, Mohamad. (2021). Strategi peningkatan kinerja guru." Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1). http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Hamid, Abdul. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2). 274-285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Rosyida, Fatia Ainur, et al. (2024). Strategi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Pascasarjana UIN Malang. Journal of Education Research, 5(2). 2301-1312. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.998

Marisana, Dela; Iskandar, Sofyan; Kurniawan, Dede Trie. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 7(1). 139-150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Fahyuni, Eni Fariyatul, et al. (2020). Gerakan menulis buku siswa SMP Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 3(2). 29-40. https://doi.org/10.30591/japhb.v3i2.1809

Budiana, Irma. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2).144-161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234

Emaliana Ive. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru MGMP bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2) 273-279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Windrawanto, Yustinus. (2015). Pelatihan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan guru: suatu tinjauan literatur. Satya Widya, 31(2) 90-101. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101

Yustika, Gaung Perwira; Subagyo, Adam; Iswati, Sri. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan dengan tutorial online: Sebuah short review. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2). 187. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178

Arono, Arono, and Safnil Arsyad. (2020). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagian abstrak dan pendahuluan model induktif partisipatif pada guru SMA/SMK/MA dan dosen bahasa di Lubuk Linggau dalam peningkatan profesionalitas. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2) 167-184. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365

Fuaddudin, Fuaddudin, Nasaruddin Nasaruddin, and Cucu Cahyati. (2024). Penguatan Kapasitas Guru Melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah Dengan Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Di Kecamatan Langgudu. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). 72-89. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2621

Nahdi, Dede Salim, et al. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berstandar Jurnal Elektronik Terakreditasi Bagi Guru Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(2). 627-633. https://doi.org/10.52250/p3m.v6i2.412

Soe’oed, Rahmat, et al. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2). 355-367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998

Muhali, Muhali, et al. (2019). Pelatihan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(1). 28-36. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.739

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Dewi, H. R., Wijayanti, R. A. R., & Zainudin, Z. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.338