PENYULUHAN MENTAL HEALTH PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.336Keywords:
Kesehatan Mental, Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah DasarAbstract
Mahasiswa tingkat akhir pada prodi PGSD di STKIP Modern Ngawi belum pernah mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan mental. kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran mahasiswa tingkat akhir akan kesehatan mental pada mahasiswa tingkat akhir pada Program Pendidikan PGSD STKIP Modern Ngawi, sehingga dapat menstimulus mental yang sehat dan siap menyelesaikan tugas skripsi sampai tuntas. Dalam metode pendekatan edukasi dan praktik secara langsung pengabdian masyarakat ini dengan menyampaian materi edukasi, seminar, diskusi, sharing serta tanya jawab, dan di akhiri sesi mengisi kuesioner serta berbagai media digunakan dalam kegiatan ini, antara lain flyer, banner, laptop, proyektor, seera ponsel untuk mengisi kuesioner. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan dalam upaya kesehatan mental mahasiswa tingkat akhir dengan bantuan praktis sehingga menjadikan mahasiswa dapat mengelola kesehatan mental selain itu antusiasme mahasiswa tinggi, ada total keseluruhan 50 yang hadir. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, terdapat peningkatan ilmu pengetahuan terkait kesehatan mental dan cara menanganinya. Implikasi dari kolaborasi dosen dengan mahasiswa tingkat akhir memberikan dampak sangat positif. Serta bagi mahasiswa tingkat dasar dapat menambah wawasan dan gambaran untuk mengatasi kesehatan mental jika mengalami gangguan.
References
Kessler, R., Care, H., Fletcher, T., Health, A., Collaborative, C., & Model, C. (2023). HEALTH CARE TREATMENT INITIATION WHEN MENTAL HEALTH SERVICES ARE INCORPORATED INTO PRIMARY CARE PRACTICE. Mental 19 Journal of Nursing Innovation (JNI), (2), 255–259. https://doi.org/10.3122/jabfm.2012.02.100125
N. Nurdin. (2023). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: DALAM KONSEP DAN IMPLEMENTASI. Faedah J. Has. Kegiat. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 1–15. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.211
Cholera, R., Gaynes, B. N., Pence, B. W., Bassett, J., Qangule, N., & Macphail, C. (2014). VALIDITY OF THE PATIENT HEALTH QUESTIONNAIRE-9 TO SCREEN FOR DEPRESSION IN A HIGH-HIV BURDEN PRIMARY HEALTHCARE CLINIC IN JOHANNESBURG, SOUTH AFRICA. JOURNAL OF AFFECTIVE DISORDERS, 167, 160–166. https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.06.003
Musa, H., Susanto, R., Lubis, S. K., & Pangestu, D. (2024). BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269
Antari, I., & Widyawati, A. (2021). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN JIWA MELALUI EFFORTS TO IMPROVE UNDERSTANDING OF MENTAL HEALTH THROUGH EARLY DETECTION OF MENTAL DISORDERS. Jurnal Abdimas Madani, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.36569/abdimas.v4i1.86
Aloysius, S., & Salvia, N. (2021). ANALISIS KESEHATAN MENTAL MAHASISWA PERGURUAN TINGGI X PADA AWAL TERJANGKITNYA COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97. https://doi.org/10.37640/JCV.V1I2.962
Aziz, Z. A., Ayu, D. A., Bancin, F. M., Syara, S. G., Manalu, W. B., S, R. A., Lia, S. F., Tanjung, L. P., Boang manalu, A. S., Br Karo, S. indah K., Br Bangun, C. A., Limbong, F. W., & Siregar, N. F. (2021). GAMBARAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Dunia Kesmas, 10(1), 130–135. https://doi.org/10.33024/jdk.v10i1.3256.
Haryanti, I., Muniarty, P., Arlin, W., Ananta, A., & Molita. (2024). EDUKASI MENANAMKAN GEMAR MENABUNG KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 220–224. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.296
Cholera, R., Gaynes, B. N., Pence, B. W., Bassett, J., Qangule, N., & Macphail, C. (2014). Validity of the patient health questionnaire-9 to screen for depression in a high-HIV burden primary healthcare clinic in Johannesburg, South Africa. Journal of Affective Disorders, 167, 160–166. https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.06.003
Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Matlubah, H. (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA FASE A DI SDN PATIAN II DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.325
Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105
Ulfah., Arifudin,A.(2020). IMPLIKASI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) BAGI PEMBERDAYAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KONSELOR. Jurnal Tahsinia (Jurnaal Karya Umum dan Ilmiah), 2(1), 67.77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Aloysius, S., & Salvia, N. (2021). ANALISIS KESEHATAN MENTAL MAHASISWA PERGURUAN TINGGI X PADA AWAL TERJANGKITNYA COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97. https://doi.org/10.37640/JCV.V1I2.962
Antari, I., & Widyawati, A. (2021). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN JIWA MELALUI EFFORTS TO IMPROVE UNDERSTANDING OF MENTAL HEALTH THROUGH EARLY DETECTION OF MENTAL DISORDERS. Jurnal Abdimas Madani, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.36569/abdimas.v4i1.86
Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202
Aziz, Z. A., Ayu, D. A., Bancin, F. M., Syara, S. G., Manalu, W. B., S, R. A., Lia, S. F., Tanjung, L. P., Boang manalu, A. S., Br Karo, S. indah K., Br Bangun, C. A., Limbong, F. W., & Siregar, N. F. (2021). GAMBARAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Dunia Kesmas, 10(1), 130–135. https://doi.org/10.33024/jdk.v10i1.3256.
Astiti, A. D., Eliza, F., Hakiki, M., Fadli, R., & Abi Hamid, M. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GOOLE SITES UNTUK GURU MGMP TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SUMBAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nofita Lestariningsih, Dewi Anjarsari, Kustiyanti Dewi, Putri Ayu Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.