PENERAPAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF STRUKTUR ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.330Abstract
Meskipun teknologi digital telah berkembang pesat, penerapannya di Universitas Merangin belum optimal. Sebagian besar dosen masih bergantung pada materi konvensional berupa teks atau slide sederhana tanpa elemen visual yang menarik. Adapun tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Merangin. Kegiatan ini mencakup analisis kebutuhan, pelatihan, penerapan di kelas, dan evaluasi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dirancang untuk memastikan penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif Struktur Aljabar dapat berjalan secara efektif dan memberikan dampak yang signifikan pada proses pembelajaran. Tahapan implementasi kegiatan ini melibatkan serangkaian langkah yang sistematis, seperti persiapan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada mahasiswa prodi pendidikan matematika universitas merangin sebagai mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan Canva mempermudah mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis. Evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman mahasiswa sebesar 33,33%. Kendala teknis yang dihadapi sebagian kecil mahasiswa menjadi masukan untuk pengembangan pelatihan lebih lanjut. Hasil akhir meliputi desain media pembelajaran inovatif yang relevan dengan materi Struktur Aljabar dan peningkatan keterampilan teknologi mahasiswa.
References
H. Ayu., Dewi., Astiti, Fivia., Eliza, Muhammad., Hakiki, Radinal., Fadli, Mustofa., Abi. (2024). Workshop Pengembangan Learning Management System. Masy. J. Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 1–8. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.96
R. Sudianto, Isnain and S. Wibowo. (2024). Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Saniskala J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 20–24. https://doi.org/10.31949/jsk.v2i1.11347
M. Deden., Dicky., Dermawan, Arrahim, Yudi., Budianti, Dwi., Safitri . and N. Fanny., Sumirat, Khoirun. (2024). Pembelajaran Diferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Masy. J. Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105
Gellysa Urva, T. Yuliati, T. Handayani, and A. Sellyana. (2024). Pengenalan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. ABDINE J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 36–42. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.799
P. Maghfiroh.,Yanuarti, Endah., Asmarawati, Aidil. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Pada Guru SMK PGRI 39 Jakarta. Pengabdi. Kpd. Masy. kreasi Mhs. Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 161–166. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40807
A. Cecep Maulana, Irianto. (2024). Penerapan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah UPT. SD. Sei Muka. Gudang J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 18–23. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.693
M. Paramitha, S. Fadllah, and M. Sari. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan. J. BIOEDUIN Pengabdi. Masy., vol. 13, no. 2, pp. 58–68. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v13i2.21203
S. Choiriyah, Dwi., Noviani. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru MI Al Islah Palembang. SelaparangJurnal Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 8, pp. 2023–2030. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23404
H. Suyato, Budi., Mulyono, Cucu., Sutrisno, Iffah., Nur. (2024). Pelatihan Literasi Dan Kewarganegaraan Digital Guru Mgmp Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya. Masy. J. Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202
M. Ulfa, A. Syazili, D. Irawan, and C. Triana. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru SD Negeri 11 Pemulutan. J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 11, pp. 2874–2880. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.610 D. Dwi., Marlina, Alusyanti., Primawati, Za’imatun., Niswati, Ilham. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Pada Pembuatan Media Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak ( TK ). Kapas Kumpul. Artik. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 376–382. https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2667
S. Ni., Wayan., Switrayni, I Gede., Adhitya., Wisnu., Wardhana, Irwansyah, Qurratul., Aini. (2022). Interactive E-Module Workshop With Canva for Learning During the Covid 19 Pandemic. J. Abdi Insa., vol. 9, no. 2, pp. 390-399. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.435
H. Annas., Al Fiani, & Muhammad. (2022). Penguatan Pembelajaran Daring Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. J. Pengabdi. Masy. PGSD, vol. 2, no. 2, pp. 136–146. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.49978
M. Widia., Yulianti, Asep. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk Negeri 1 Kuningan. IMEIJ Pengabdi. Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 5, no. 4, pp. 5274–5281. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1758
S. Juliawan, Suastini, Susanta, Yuliastini, Rr Dwi., Umi., Badriyah, Kadek. (2023). Pengguanaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pendidikan. J. Pengabdi. Kpd. Masy. ( SEWAGATI ), vol. 2, no. 2, pp. 16–20. https://doi.org/10.59819/sewagati.v2i2
C. Dessy., Farantika, Raras., Ayu., Prawinda, Laela., Lutfiana., Rachmah, Devi. and S. Nindiya, Arif., Muzayin., Shofwan, Maulinda., Sulistyan. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Paud. J. AMPOEN akselerasi merdeka belajar dalam Pengabdi. oerientasi Masy., vol. 2, no. 1. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1b.1890
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ramadhani, Hidayati Rais

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.