PELATIHAN PEMETAAN JENIS KECERDASAN SISWA UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.329Keywords:
Pemetaan Kecerdasan Siswa, Gaya Belajar, Pelatihan Guru, Sekolah DasarAbstract
Tujuan pelatihan pemetaan jenis kecerdasan siswa adalah untuk meningkatkan pembelajaran melalui pemahaman yang lebih baik tentang gaya belajar siswa dan kecerdasan majemuk (Multi intelligences). Di SDN Gunggung Sumenep, para guru berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu guru memahami berbagai jenis kecerdasan yang dapat dipelajari siswa mereka, termasuk linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui gaya belajar siswa yang paling populer, baik visual maupun kinestetik. Untuk memberikan pelatihan, teori dibahas, diskusi interaktif, dan praktik langsung, seperti mengisi angket kecerdasan dan melihat perilaku siswa, digunakan. Gambaran kecenderungan kecerdasan siswa dikumpulkan melalui analisis data pemetaan, yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk membuat strategi pembelajaran yang lebih sesuai dan berhasil. Pembelajaran dapat dipersonalisasi dengan strategi ini, yang dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru memiliki pemahaman yang lebih baik terkait penerapan konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran. Guru mulai mengintegrasikan hasil pemetaan dalam proses pengajaran dengan menciptakan metode dan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Hal ini berkontribusi pada peningkatan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menyenangkan. Namun, kegiatan ini juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan keterampilan guru dalam mengelola data pemetaan. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Gunggung Sumenep. Keberlanjutan program ini memerlukan dukungan berkelanjutan berupa pendampingan, penyediaan fasilitas, serta pelatihan lanjutan agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.
References
R. N. Punggeti et al. (2024). Pendidikan Karakter Antikorupsi. Pasuruan: CV. Basya Media Utama.
R. N. Punggeti et al. (2024). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH. PADANG: CV HEI PUBLISHING INDONESIA.
Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Matlubah, H. (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA FASE A DI SDN PATIAN II DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.325
D. Berliana and C. Atikah. (2023). TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. J. Citra Pendidik., vol. 3, no. 3. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105
H. Yuliasari and S. Sumayyah. (2023). Parenting Class: Peran Resiliensi Untuk Meningkatkan Parental Well-Being Pada Orangtua Generasi Z. AMALIAH J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i2.2283
Haryanti, I., Muniarty, P., Arlin, W., Ananta, A., & Molita. (2024). EDUKASI MENANAMKAN GEMAR MENABUNG KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 220–224. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.296
A. B. E. Wahyudi et al. (2023). Pelatihan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru Sekolah Dasar. Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 6, no. 3. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82371
Rasdi et al. (2023). Penguatan Diferensiasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang Guna Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. LOSARI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.150
Astiti, A. D., Eliza, F., Hakiki, M., Fadli, R., & Abi Hamid, M. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GOOLE SITES UNTUK GURU MGMP TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SUMBAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.96
I. R. D. Nur, A. Yuliani, H. N. Sopiany, and D. Sugiono. (2023). Workshop Pembuatan Asesmen Numerasi dalam Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 7, no. 1, p. 207. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2973
H. Hartutik, A. Astuti, A. S. Priyanto, and T. T. Jelahu. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329
A. Bala, V. Genua, M. M. B. Larasati, and Y. Demon. (2024). Literasi Dasar Bagi Para Siswa Sekolah Dasar. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 30–37. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3130
Fahrudin and M. Rasidi. (2024). PENDAMPINGAN MEETING CLASS: UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONAL DAN INTEGRITAS SEORANG MANAJER DI DUNIA KERJA. Masy. J. Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 63–70. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.156
U. Yelianti, A. D. Fitri, M. Mulawarman, and Z. Zulfanetty. (2020). Workshop Peningkatan Kualitas Pendidikan Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Nyogan Kabupaten Muaro Jambi. Dedik. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, p. 118. https://doi.org/10.32332/d.v2i1.2178
E. Simon Paulus Olak Wuwur. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. SOKO GURU J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Musa, H., Susanto, R., Lubis, S. K., & Pangestu, D. (2024). BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269
I. Haryanti, P. Muniarty, W. Arlin, A. Ananta, and Molita. (2024). EDUKASI MENANAMKAN GEMAR MENABUNG KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR. Masy. J. Pengabdi., vol. 1, no. 2, pp. 220–224. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.296
Z. A. W. Putra et al. (2024). Pelatihan Penciptaan Lagu Anak-Anak Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru Sekolah Dasar. Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 291–300. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.4080
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SettingsRaden Firman Nurbudi Prijambodo, SettingsRatna Novita Punggeti, SettingsLutfiana Fazat Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.