MEREK KOPI MELBEN DAN PERLINDUNGAN HAK CIPTA: STRATEGI PENGABDIAN UNTUK MASYARAKAT DESA MELABUN KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • Afrizal Universitas Pertiba
  • Robi Rendra Tribuana Universitas Pertiba
  • Asriani Universitas Pertiba
  • Arisa Dewi Universitas Pertiba
  • M. Rafi Uz–Zaky Universitas Pertiba

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.327

Keywords:

Merek Kopi Melben, Perlindungan Hak Cipta, Strategi Peningkatan Kesejahteraan

Abstract

Kopi Melben merupakan produk unggulan masyarakat di Desa Melabun, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka, pengabdian kepada masyarakat dilakukan bekerja sama dengan mitra dari kelompok tani Kopi Bejunjung yang dikenal akan kualitas dan cita rasanya yang khas serta potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Produk ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat. Keunikan dan kualitasnya menjadikannya salah satu komoditas penting yang dapat mendukung pengembangan ekonomi lokal. Namun, perlindungan hak cipta dan merek menjadi isu penting untuk menjaga keaslian dan nilai tambah produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hak cipta terhadap merek Kopi Melben serta merumuskan strategi pengabdian yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya hak cipta. Dengan memahami aspek hukum ini, masyarakat dapat melindungi produk mereka dari pelanggaran dan menjaga reputasi serta nilai ekonomis Kopi Melben. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara, survei, dan lokakarya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat mengenai hak cipta masih rendah, sehingga rentan terhadap pelanggaran. Oleh karena itu, strategi pengabdian yang diusulkan meliputi sosialisasi hak cipta dan manfaat perlindungan hak cipta bagi pengembangan produk. Sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya melindungi merek Kopi Melben, sehingga berkontribusi pada keberlanjutan dan daya saing produk.

References

Sumadewi, N., Puspaningrum, D., & Adisanjaya, N. (2020). PKM PEMANFAATAN LIMBAH KOPI DI DESA CATUR KABUPATEN BANGLI. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i2.1897

Sembiring, A. C., Sitanggang, D., & Sinuhaji, N. P. (2020). Pemberdayaan Petani Kopi Karo melalui Pengolahan Pasca Panen. Jurnal Mitra Prima, 2(1), 74-79. https://doi.org/10.34012/mitra_prima.v1i1.833

Astarini, D. R. S., & SH, M. H. (2021). Penghapusan Merek Terdaftar: Berdasarkan UU No. 15 tahun 2001 tentang merek dan UU No. 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis jo. Perubahan UU No. 11 tahun 2020 tentang cipta kerja di hubungkan dengan TRIPs-WTO. Penerbit Alumni.

Ayu Purwaningtyas, Aprilia Divi Yustita, & Sari Wiji Utami. (2022). Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Dalam Pembuatan Sabun Batang di Kampung Wisata Kopi Lerek Gombengsari Banyuwangi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1050-1055. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10615

Wicaksono, G., Wahyudi, E. ., & Rahman, R. Y. . (2020). PkM: Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Tani Kopi di Kalibaru Banyuwangi. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(2, Nopembe), 156-163. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/1082

Ernawati, S., Arlin, W., Sandrawati, Apriani, & Ananta, A. (2024). PELATIHAN UMKM DENGAN INOVASI GULA NIRA CAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 241–246. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.311

Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Faisal Ali, Y., Andrian, A., & Belladonna, A. P. (2024). MENGGALI POTENSI DAERAH DENGAN MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR DI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104

Hernany, D. H., Puspita, A., & Setiawan, M. R. P. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN PERAN PEMUDA DALAM BERWIRAUSAHA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 267–274. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.322

Manurung, E., Syahrial, I., Suratman, A., Pratiwi, W., Noviherni, & Maura, Y. (2024). PELATIHAN ANALISIS KEUANGAN: MANFAAT RASIO KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 104–112. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.174

Febriansyah, F. (2020). Pengembangan Usaha UKM Kedai Kopi Abang Kecamatan Pulogadung Dengan Metode Business Model Canvas. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89 - 96. https://doi.org/10.36407/berdaya.v1i2.137

Argeto, V., Karina, A., Hertati, L., Terttiaavini, Heryati, A., & Asmawati. (2021). SOSIALISASI MAHASISWA INDO GLOBAL MANDIRI PENGEMBANGAN COFFEE SHOP KOPI EKSIS PKM MENGGUNAKAN E-COMMERCE. JOURNAL OF SUSTAINABLE COMMUNITY SERVICE, 1(3), 150-163. https://doi.org/10.55047/jscs.v1i3.412

Paldy, P., Baharuddin, M. R., & Putri, I. D. A. (2023). Pengembangan Produk Unggulan Rongkong Berbahan Dasar Kopi melalui Penguatan Teknologi Tepat Guna. Madaniya, 4(4), 1629-1637. https://doi.org/10.53696/27214834.599

Perwitasari, D. A., Lidyana, N., Prihatiningsih, T., Herlambang, T., Sulistiyowati, R., Hakim, L., & Hidajati, N. I. (2023). PKM Pengembangan Ekosistem Petani Kopi melalui Kelompok Tani Desa Karangbayat dengan Penerapan Teknologi Mesin Electik Grinder. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 751–761. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1485

Widiasyih, A. S., Syafiruddin, S., Nasution, K. S., Siregar, D. A., & Aswan, N. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Kopi Pada Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2847–2854. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.613

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Afrizal, A., Tribuana, R. R., Asriani, A., Dewi, A., & Uz–Zaky, M. R. (2024). MEREK KOPI MELBEN DAN PERLINDUNGAN HAK CIPTA: STRATEGI PENGABDIAN UNTUK MASYARAKAT DESA MELABUN KABUPATEN BANGKA TENGAH. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 290–296. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.327