STRATEGI PEMBUATAN MEREK KOPI LELET UNTUK MASYARAKAT DESA WARUGUNUNG
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.326Keywords:
Kopi Lelet Lasem, Strategi Merek, Pengabdian Masyarakat, Kopi LokalAbstract
Kopi merupakan komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomi dan sosial budaya bagi masyarakat desa Warugunung. Desa Warugunung di Kabupaten Rembang memiliki potensi besar dalam pengembangan kopi Robusta yang dikenal sebagai Kopi Lelet. Namun demikian, produk kopi lokal tersebut belum memiliki strategi merek yang terstruktur dan terlindungi secara hukum, sehingga berpotensi mengalami peniruan serta memiliki daya saing yang rendah di pasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi pembuatan merek Kopi Lelet yang berbasis pemberdayaan masyarakat desa Warugunung. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui tahapan analisis kebutuhan, sosialisasi dan edukasi merek, pendampingan perancangan identitas merek, serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai fungsi merek sebagai identitas produk, alat pembeda, dan instrumen perlindungan hukum. Strategi pembuatan merek Kopi Lelet mampu memperkuat identitas budaya lokal, meningkatkan kepercayaan konsumen, serta membuka peluang pengembangan ekonomi masyarakat desa Warugunung secara berkelanjutan. Kegiatan ini menegaskan bahwa pembuatan merek yang terencana merupakan strategi penting dalam pengembangan produk kopi lokal berbasis kearifan lokal.
References
Pratiwi, W. R., & Acfira, L. G. “Edukasi Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Bagi Dosen di Indonesia”. In Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, vol. 5, no. 1, pp. 228-239. 2024. https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v5i1.147
Sebo, B. A. C., & Purnomo, H. “Membangun Citra Merk Menu: Studi Kasus Strategi Pemasaran di Legawa Kopi”. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, vol. 4, pp. 518-525. 2023. https://doi.org/10.29407/m1sqrd40
Mufidatul Azmi, Z. Huzaen, C. M., Nidrah, N., Haz, A. N., & Kurniawati, R. “Pemberdayaan Umkm Kopi Melalui Seminar Kewirausahaan Untuk Strategi Branding Produk”. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 335–341. 2024. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v3i2.10470
Afrizal, A., Tribuana, R. R., Asriani, A., Dewi, A., & Uz–Zaky, M. R. “Merek Kopi Melben Dan Perlindungan Hak Cipta: Strategi Pengabdian Untuk Masyarakat Desa Melabun Kabupaten Bangka Tengah”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 2, pp. 290–296. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.327
Indah, M., Saputra, D. P., & Ayuna, N. E. “Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Kenangan (Studi Konten YouTube tentang Perkembangan Bisnis Kopi Kenangan)”. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, vol. 6, no. 3, pp. 1608-1624. 2024. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i3.1570
Rafianti, L., Maulana, M., Amirulloh, M., Suryamah, A., Muchtar, H. N., Faujura, R. P., ... & Anudiwanti, P. “Sosialisasi Pemberdayaan Kewirausahaan di Kabupaten Indramayu melalui Sosialisasi Hukum Merek dan Indikasi Geografis”. Agrikultura Masyarakat Tani, vol. 2, no. 2, pp. 54-64. 2024. https://doi.org/10.24198/agrimasta.v2i2.62656
Martiniasih, N. L., & Fadilla, S. “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kopi Luwak (Studi Kasus pada UKMKM Satria Luwak Coffee Gianyar Bali)”. AL-DALIL: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Hukum, vol. 3, no. 3, pp. 1–7. 2024. https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/al-dalil/article/view/1386
Atiyatunnajah, M., Nilnarohmah, N., & Marselia, V. “Penyuluhan Hak Cipta dalam Mengoptimalkan Eksklusivitas Desain Kemasan Produk Pertanian di Sanggar Rojolele, Delanggu, Klaten”. Jurnal Pengabdian Seni, vol. 6, no. 1, pp. 22-31. 2024. https://doi.org/10.24821/jps.v6i1.15076
Islam, A., Turfa, D., Putri, N., Khairunnisa, Z., & Nuroni, M. “Penerapan Strategi Dan Kebijakan Bisnis Dalam Umkm Rasa Kopi”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 11, no. 8, pp. 262-274. 2023. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/12639
Hersugondo, H., Wahyudi, S., Yuniawan, A., & Idris, I. “Hak Paten Merek Sebagai Perlindungan Hukum dan Keberlanjutan Bisnis UMKM Kopi Lelet Cangkir dalam Bersaing”. Jurnal Surya Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 257-263. 2022. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.257-263
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuni Suprato, Sigit Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













