STRATEGI PEMBUATAN MEREK KOPI LELET UNTUK MASYARAKAT DESA WARUGUNUNG

Authors

  • Yuni Suprato Universitas Negeri Surabaya
  • Sigit Purnomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.326

Keywords:

Kopi Lelet Lasem, Strategi Merek, Pengabdian Masyarakat, Kopi Lokal

Abstract

Kopi merupakan komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomi dan sosial budaya bagi masyarakat desa Warugunung. Desa Warugunung di Kabupaten Rembang memiliki potensi besar dalam pengembangan kopi Robusta yang dikenal sebagai Kopi Lelet. Namun demikian, produk kopi lokal tersebut belum memiliki strategi merek yang terstruktur dan terlindungi secara hukum, sehingga berpotensi mengalami peniruan serta memiliki daya saing yang rendah di pasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi pembuatan merek Kopi Lelet yang berbasis pemberdayaan masyarakat desa Warugunung. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui tahapan analisis kebutuhan, sosialisasi dan edukasi merek, pendampingan perancangan identitas merek, serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai fungsi merek sebagai identitas produk, alat pembeda, dan instrumen perlindungan hukum. Strategi pembuatan merek Kopi Lelet mampu memperkuat identitas budaya lokal, meningkatkan kepercayaan konsumen, serta membuka peluang pengembangan ekonomi masyarakat desa Warugunung secara berkelanjutan. Kegiatan ini menegaskan bahwa pembuatan merek yang terencana merupakan strategi penting dalam pengembangan produk kopi lokal berbasis kearifan lokal.

References

Pratiwi, W. R., & Acfira, L. G. “Edukasi Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Bagi Dosen di Indonesia”. In Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, vol. 5, no. 1, pp. 228-239. 2024. https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v5i1.147

Sebo, B. A. C., & Purnomo, H. “Membangun Citra Merk Menu: Studi Kasus Strategi Pemasaran di Legawa Kopi”. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, vol. 4, pp. 518-525. 2023. https://doi.org/10.29407/m1sqrd40

Mufidatul Azmi, Z. Huzaen, C. M., Nidrah, N., Haz, A. N., & Kurniawati, R. “Pemberdayaan Umkm Kopi Melalui Seminar Kewirausahaan Untuk Strategi Branding Produk”. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 335–341. 2024. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v3i2.10470

Afrizal, A., Tribuana, R. R., Asriani, A., Dewi, A., & Uz–Zaky, M. R. “Merek Kopi Melben Dan Perlindungan Hak Cipta: Strategi Pengabdian Untuk Masyarakat Desa Melabun Kabupaten Bangka Tengah”. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 2, pp. 290–296. 2024. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.327

Indah, M., Saputra, D. P., & Ayuna, N. E. “Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Kenangan (Studi Konten YouTube tentang Perkembangan Bisnis Kopi Kenangan)”. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, vol. 6, no. 3, pp. 1608-1624. 2024. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i3.1570

Rafianti, L., Maulana, M., Amirulloh, M., Suryamah, A., Muchtar, H. N., Faujura, R. P., ... & Anudiwanti, P. “Sosialisasi Pemberdayaan Kewirausahaan di Kabupaten Indramayu melalui Sosialisasi Hukum Merek dan Indikasi Geografis”. Agrikultura Masyarakat Tani, vol. 2, no. 2, pp. 54-64. 2024. https://doi.org/10.24198/agrimasta.v2i2.62656

Martiniasih, N. L., & Fadilla, S. “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kopi Luwak (Studi Kasus pada UKMKM Satria Luwak Coffee Gianyar Bali)”. AL-DALIL: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Hukum, vol. 3, no. 3, pp. 1–7. 2024. https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/al-dalil/article/view/1386

Atiyatunnajah, M., Nilnarohmah, N., & Marselia, V. “Penyuluhan Hak Cipta dalam Mengoptimalkan Eksklusivitas Desain Kemasan Produk Pertanian di Sanggar Rojolele, Delanggu, Klaten”. Jurnal Pengabdian Seni, vol. 6, no. 1, pp. 22-31. 2024. https://doi.org/10.24821/jps.v6i1.15076

Islam, A., Turfa, D., Putri, N., Khairunnisa, Z., & Nuroni, M. “Penerapan Strategi Dan Kebijakan Bisnis Dalam Umkm Rasa Kopi”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 11, no. 8, pp. 262-274. 2023. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/12639

Hersugondo, H., Wahyudi, S., Yuniawan, A., & Idris, I. “Hak Paten Merek Sebagai Perlindungan Hukum dan Keberlanjutan Bisnis UMKM Kopi Lelet Cangkir dalam Bersaing”. Jurnal Surya Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 257-263. 2022. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.257-263

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Suprato, Y., & Purnomo, S. (2024). STRATEGI PEMBUATAN MEREK KOPI LELET UNTUK MASYARAKAT DESA WARUGUNUNG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(3), 311–317. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.326

Issue

Section

Articles