PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN PERAN PEMUDA DALAM BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.322Keywords:
Pelatihan Manajemen Organisasi, Meningkatkan Peran Pemuda, WirausahaAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Pelatihan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam Berwirausaha di SMKN 2 Banjarmasin. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan penyuluhan serta tanya jawab akan arti pentingnya meningkatkan kualitas serta peran serta pemuda dalam berusaha di tengah masyarakat. Pemuda sangat dituntut beradaptasi dengan cepat dalam mengahadapi perubahan yang terjadi dalam masyrakat untuk dapat terus berdaptasi. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung pada bulan November 2024 dan terdiri dari tiga tahapan kegiatan. Tahapan pertama yaitu tahap persiapan dalam melakukan survey lokasi mitra, peserta kegiatan dan penyusunan materi. Tahap kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi pemberian ceramah materi Pelatihan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam berwirausaha Di SMKN 2 Banjarmasin. Tahap ketiga yaitu evaluasi antara lain untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para generasi muda di SMKN 2 Banjarmasin antusias dalam menerima ilmu baru dan aktif melakukan tanya jawab mengenai bagaimana cara mengimplementasikan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam Berwirausaha.
References
Rosliyati, Warnida, Nina Yaya Bae, S., Wahyuni, E. S., Maulana, I., & Syarifah, W. (2024). PELATIHAN MERAJUT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN WIRAUSAHA SANTRI TMI AL-AMIEN PRENDUAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 158–165. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.246
Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Faisal Ali, Y., Andrian, A., & Belladonna, A. P. (2024). MENGGALI POTENSI DAERAH DENGAN MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR DI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104
Prasetyono, A., Hapsari, I. M., Subroto, S., Firmansyah, F., Mubarok, A., & Wahyudi, C. (2024). MENINGKATKAN LITERASI OPERATION MINIBANK MELALUI DOMESTIC OPERATION TRAINING PADA MINIBANK. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 177–181. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.270
Kamal, M. A., Divaningrum, S. E., Mayadina, V., Azis, Z. A., Faiz, M. Y. N., & Nisa, D. A. (2024). OPTIMALISASI PERAN PENDIDIKAN LITERASI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN SOSIAL PEREMPUAN PESISIR DESA PANGGUNG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 182–189. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.265
Malo, F. G., Allo, M. M. G., & Pare, P. Y. D. (2024). PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK MELALUI INOVASI ECOBRICK SEBAGAI ALTERNATIF PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI DESA WAEBELA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 197–202. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.279
Akbarurrasyid, M., Arifin, I. F. S. Z., Sofian, A., Pietoyo, A., Prajayati, V. T. F., & Sudinno, D. (2024). FITOFARMAKA SEBAGAI ALTERNATIF PERMASALAHAN PENYAKIT IKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PEMBUDIDAYA IKAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 210–219. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.292
Fatmawati, A., Suprapti, S., Puspitasari, A., Solikah, W. Y., & Gunawan, A. (2024). PENYULUHAN KOSMETIKA HERBAL UNTUK WAJAH DAN PEMBUATAN MASKER BUBUK ORGANIK DI KRAPYAK WETAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 225–232. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.310
Ernawati, S., Arlin, W., Sandrawati, Apriani, & Ananta, A. (2024). PELATIHAN UMKM DENGAN INOVASI GULA NIRA CAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 241–246. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.311
Huda, M., Maula, I., & Rifa’an, S. (2024). SOSIALISASI PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PRAPAG KIDUL: PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.136
Ardillah, K. (2024). PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA TAMANJAYA MENUJU DESA WISATA BERKELANJUTAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.149
Haryanto, H., & Lie, T. (2024). IMPLEMENTASI E-ADVERTISING: PELATIHAN WAKE HOUSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.238
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devia Hetty Hernany, Amelia Puspita, M. Rizki Putra Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.