IMPLEMENTASI DAN SOSIALISASI APLIKASI DIKA (DETEKSI DINI KEKHUSUSAN ANAK) DI SEKOLAH INKLUSI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.317Keywords:
Aplikasi DIKA, Deteksi Dini Kekhususan Anak, Sekolah InklusiAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengimplementasikan dan mensosialisasikan aplikasi DIKA (Deteksi Dini Kekhususan Anak) di Sekolah Inklusi SD N Karanganayar Gunung 02. Aplikasi DIKA dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam mendeteksi secara dini kekhususan anak-anak, terutama yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga intervensi dan dukungan yang tepat dapat diberikan sejak awal. Implementasi dan sosialisasi dilaksanakan di SD N Karanganyar Gunung 02. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melibatkan pelatihan intensif bagi para guru untuk menggunakan aplikasi DIKA, serta sosialisasi kepada orang tua mengenai pentingnya deteksi dini dan cara penggunaan aplikasi ini. Pendekatan partisipatif digunakan dalam seluruh kegiatan, di mana guru, orang tua, dan pihak sekolah diajak secara aktif berpartisipasi dalam setiap tahap implementasi. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa aplikasi DIKA dapat membantu guru dalam melakukan deteksi dini dengan mudah sehingga guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Implikasi terhadap masyarakat dari pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan tenang penggunaan aplikasi DIKA, kepercayaan diri dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus dan memberikan pembelajaran yang efektif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.
References
Dinatha, N. M., Dolo, F. X., & Luna, Y. Y. (2024). PENDAMPINGAN PEMBUATAN PRODUK BIOTEKNOLOGI PANGAN KAYA GIZI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 203–209. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.281
Agustina, M. T.., Rahayu, P. P., Amaliyah, S.., & Fitriyatinur, Q. (2022). Psikoedukasi Disability Awareness pada Sekolah Inklusif SD Karanganyar Gunung 02 Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 187–192. https://doi.org/10.54082/jippm.24
Maich, K. & Belcher, E. C. (2011). Using Picture Books to Create Peer Awareness About Autism Spectrum Disorders in the Inclusive Classroom. Intervention in School and Clinic, 47(4), 206–213. https://doi.org/10.1177/1053451211424600
Witarsa, R., & Dista, D. X. (2019). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288
Rikizaputra., Wahyuni, S., & Zudeta, E. (2023). Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus dan Pelatihan Merajut Bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus. Vol,1. No, 2. https://doi.org/10.31849/jppkhlectura.v1i2.16092
Rahayu, S. M. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048
Bahri, D.S dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmadani, K., Daryuni, P. D., & Fricticarani, A. (2024). TANTANGAN MEDIA SOSIAL: SOSIALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENGHADAPI BAHAYA PORNOGRAFI DI MEDIA SOSIAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.137
Musa, H., Susanto, R., Lubis, S. K., & Pangestu, D. (2024). BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269
Saurina, N. (2016). Aplikasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Nol Hingga Enam Tahun Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 7(1), 65–74. https://doi.org/10.24002/jbi.v7i1.485
Yunanto, K.C., Andjarsari, F.D., Kristiawan, A., Tatiyani., & Syukriah, D. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Deteksi Dini dan Terapi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Ummah (Harum) Karawang-Jawa Barat. Jurnal: Media Abdimas. Vol 3, No 1. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v4i1.3606
Sutadi, R., Anwar, A., & Miranda, C. (2022). Effectiveness of Smart Applied Behavior Analysis Intervention in Teaching Non-Verbal Autism to Speak and Read. Journal of Psychology and Behavior Studies, 2(1), 78-95. https://doi.org/10.32996/jpbs.2022.2.1.8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Menik Tetha Agustina, Shofwatun Amaliyah, Maria Dimitrij Angie Pavita, Dody Indra Sumantiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.