IMPLEMENTASI DAN SOSIALISASI APLIKASI DIKA (DETEKSI DINI KEKHUSUSAN ANAK) DI SEKOLAH INKLUSI SEMARANG

Authors

  • Menik Tetha Agustina Universitas Nasional Karangturi
  • Shofwatun Amaliyah Universitas Nasional Karangturi
  • Maria Dimitrij Angie Pavita Universitas Nasional Karangturi
  • Dody Indra Sumantiawan Universitas Nasional Karangturi

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.317

Keywords:

Aplikasi DIKA, Deteksi Dini Kekhususan Anak, Sekolah Inklusi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengimplementasikan dan mensosialisasikan aplikasi DIKA (Deteksi Dini Kekhususan Anak) di Sekolah Inklusi SD N Karanganayar Gunung 02. Aplikasi DIKA dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam mendeteksi secara dini kekhususan anak-anak, terutama yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga intervensi dan dukungan yang tepat dapat diberikan sejak awal. Implementasi dan sosialisasi dilaksanakan di SD N Karanganyar Gunung 02. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melibatkan pelatihan intensif bagi para guru untuk menggunakan aplikasi DIKA, serta sosialisasi kepada orang tua mengenai pentingnya deteksi dini dan cara penggunaan aplikasi ini. Pendekatan partisipatif digunakan dalam seluruh kegiatan, di mana guru, orang tua, dan pihak sekolah diajak secara aktif berpartisipasi dalam setiap tahap implementasi. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa aplikasi DIKA dapat membantu guru dalam melakukan deteksi dini dengan mudah sehingga guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Implikasi terhadap masyarakat dari pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan tenang penggunaan aplikasi DIKA, kepercayaan diri dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus dan memberikan pembelajaran yang efektif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.

References

Dinatha, N. M., Dolo, F. X., & Luna, Y. Y. (2024). PENDAMPINGAN PEMBUATAN PRODUK BIOTEKNOLOGI PANGAN KAYA GIZI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 203–209. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.281

Agustina, M. T.., Rahayu, P. P., Amaliyah, S.., & Fitriyatinur, Q. (2022). Psikoedukasi Disability Awareness pada Sekolah Inklusif SD Karanganyar Gunung 02 Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 187–192. https://doi.org/10.54082/jippm.24

Maich, K. & Belcher, E. C. (2011). Using Picture Books to Create Peer Awareness About Autism Spectrum Disorders in the Inclusive Classroom. Intervention in School and Clinic, 47(4), 206–213. https://doi.org/10.1177/1053451211424600

Witarsa, R., & Dista, D. X. (2019). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288

Rikizaputra., Wahyuni, S., & Zudeta, E. (2023). Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus dan Pelatihan Merajut Bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus. Vol,1. No, 2. https://doi.org/10.31849/jppkhlectura.v1i2.16092

Rahayu, S. M. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048

Bahri, D.S dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadani, K., Daryuni, P. D., & Fricticarani, A. (2024). TANTANGAN MEDIA SOSIAL: SOSIALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENGHADAPI BAHAYA PORNOGRAFI DI MEDIA SOSIAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.137

Musa, H., Susanto, R., Lubis, S. K., & Pangestu, D. (2024). BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.269

Saurina, N. (2016). Aplikasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Nol Hingga Enam Tahun Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 7(1), 65–74. https://doi.org/10.24002/jbi.v7i1.485

Yunanto, K.C., Andjarsari, F.D., Kristiawan, A., Tatiyani., & Syukriah, D. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Deteksi Dini dan Terapi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Ummah (Harum) Karawang-Jawa Barat. Jurnal: Media Abdimas. Vol 3, No 1. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v4i1.3606

Sutadi, R., Anwar, A., & Miranda, C. (2022). Effectiveness of Smart Applied Behavior Analysis Intervention in Teaching Non-Verbal Autism to Speak and Read. Journal of Psychology and Behavior Studies, 2(1), 78-95. https://doi.org/10.32996/jpbs.2022.2.1.8

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Agustina, M. T., Amaliyah, S., Pevita, M. D. A., & Sumantiawan, D. I. (2024). IMPLEMENTASI DAN SOSIALISASI APLIKASI DIKA (DETEKSI DINI KEKHUSUSAN ANAK) DI SEKOLAH INKLUSI SEMARANG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 247–252. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.317