SOSIALISASI PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL CANVA DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SOSIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.307Keywords:
Aplikasi Canva, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran SosiologiAbstract
Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen serta mahasiswa dalam mendesain media pembelajaran interaktif berbasis sosiologi menggunakan platform digital Canva. Kegiatan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang dengan melibatkan 26 peserta dari Program Studi Pendidikan Sosiologi. Metode pelaksanaan mencakup tahapan sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, serta penilaian terhadap hasil karya desain media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test peserta sebesar 42,75% meningkat menjadi 84,75% pada post-test, dengan peningkatan pemahaman sebesar 42%. Selain itu, hasil karya peserta menunjukkan kemampuan dalam memanfaatkan fitur Canva untuk menghasilkan media pembelajaran yang kreatif, relevan, dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Canva dapat mendukung pembelajaran sosiologi secara lebih menarik dan efektif. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan pendidikan tinggi. Untuk keberlanjutan, disarankan agar pelatihan serupa diterapkan di program studi lainnya guna memperluas transformasi pembelajaran digital.
References
P. Karakter, S. Melalui, K. Kepramukaan, K. Muna, and N. Kamila, “Pandega: Jurnal Kajian Pendidikan dan Kepramukaan,” Oktober, vol. 1, no. 2, pp. 60–65, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i2.46905
Q. E. Sevtivia Asrivi, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” Tunas Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 255–268, 2020, https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483
Musafir, “Kecanduan Teknologi dan Ancaman Degradasi Akhlak Perspektif Pendidikan Kepramukaan,” vol. 1, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i1.45650
S. M, “Peran Kegiatan Kepramukaan Dalam Menanamkan Sikap Solidaritas Organik Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kayan Hulu,” J. Pendidik. Sosiol. dan Hum., vol. 11, no. 2, p. 91, 2020, https://doi.org/10.26418/j-psh.v11i2.42955
Dicky Dermawan, D., Budianti, Y., Arrahim, A., Mujiani, D. S., Sumirat, F., & Nisya, K. (2024). PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105
Huda, M., Maula, I., & Rifa’an, S. (2024). SOSIALISASI PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PRAPAG KIDUL: PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.136
P. Yusdinar and Y. M. Manik, “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 01, pp. 183–190, 2023, https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407
R. Susanto, S. Widyaningsih, A. Afandi, and A. Mardikaningsih, “Pengembangan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Era Pandemi Covid 19,” Pandega J. Kaji. Pendidik. dan Kepramukaan, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i1.45535
Marzuki, Febiantoni, F., & Abdul Aziz, S. (2024). PELATIHAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN PANCASILA BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 113–119. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.207
H. Ashari and M. I. Burhan, “Monitoring Peralatan Berbasis Qr Code Pada Pembelajaran di Laboratorium,” vol. 1, pp. 51–59, 2023, https://doi.org/10.26858/Pandega.v1i2.53206
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rani Kartika, Gusmira Wita, Anisa Yudita, Refril Dani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.