MENINGKATKAN LITERASI OPERATION MINIBANK MELALUI DOMESTIC OPERATION TRAINING PADA MINIBANK
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.270Keywords:
Meningkatkan Literasi, Domestic Operation, Mini BankAbstract
Tujuan Pelaksanaan PkM ini adalah meningkatkan literasi operasional mahasiswa dalam pengelolaan Minibank, memperbaiki prosedur penanganan transaksi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, serta mengembangkan keterampilan interpersonal mahasiswa dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Metode yang digunakan dalam Pelaksanaan PkM yaitu mengadakan sesi pelatihan mengenai prosedur operasional, manajemen transaksi, dan layanan pelanggan yang dinamakan dengan Domestic Operation Training. Pelatihan ini diikuti oleh anggota minibank berjumlah 30 orang yang berasal dari prodi manajemen, akuntansi, manajemen perpajakan dan bisnis digital. Hasil dari pelaksanaan PkM yaitu Peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP), meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, serta peningkatan keterampilan interpersonal dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah. Adapun Implikasi terhadap Masyarakat dari Pelaksanaan PkM antara lain mahasiswa akan merasakan peningkatan dalam kualitas layanan Minibank, Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis tetapi juga memperkuat kemampuan mereka untuk bersaing di dunia kerja, Dengan meningkatnya efisiensi operasional, Mini Bank dapat lebih baik dalam mengelola sumber daya, Program ini dapat menjadi model bagi unit pelayanan lainnya di Universitas untuk meningkatkan literasi operasional dan keterampilan manajerial mahasiswa.
References
Mekinji?, B. (2019). The impact of industry 4.0 on the transformation of the banking sector. Journal of contemporary economics, 1(1). https://doi.org/10.7251/joce1901006m
Haryanto, H., & Lie, T. (2024). IMPLEMENTASI E-ADVERTISING: PELATIHAN WAKE HOUSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.238
Manurung, E., Syahrial, I., Suratman, A., Pratiwi, W., Noviherni, & Maura, Y. (2024). PELATIHAN ANALISIS KEUANGAN: MANFAAT RASIO KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 104–112. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.174
Huda, M., Maula, I., & Rifa’an, S. (2024). SOSIALISASI PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PRAPAG KIDUL: PROGRAM KULIAH KERJA NYATA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.136
Mustomi, D., Suhendra, A. D., Ulum, K., & Revita, M. L. D. E. (2024). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN (SPT) PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 UNTUK APARATUR DESA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.126
Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Faisal Ali, Y., Andrian, A., & Belladonna, A. P. (2024). MENGGALI POTENSI DAERAH DENGAN MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR DI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104
Rosliyati, Warnida, Nina Yaya Bae, S., Wahyuni, E. S., Maulana, I., & Syarifah, W. (2024). PELATIHAN MERAJUT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN WIRAUSAHA SANTRI TMI AL-AMIEN PRENDUAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.246
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Prasetyono, Ira Maya Hapsari, Setyowati Subroto, Fahmi Firmansyah, Abdulloh Mubarok, Catur Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.