PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU DI MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Mukhamad Murdiono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Annisa Istiqomah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fathikah Fauziah Hanum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Anang Priyanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.206

Keywords:

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, MGMP Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru dalam MGMP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya, yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2024. Metode penyuluhan dipilih sebagai pendekatan utama untuk memfasilitasi pemahaman dan penerapan penelitian tindakan kelas dalam konteks pengajaran kewarganegaraan. Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian materi tentang konsep penelitian tindakan kelas, tujuan, dan metodologi yang relevan dengan pendidikan kewarganegaraan. Materi disajikan secara interaktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang langkah-langkah praktis dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Para peserta, yang terdiri dari guru-guru dari MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya, dilibatkan dalam sesi praktik langsung untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian tindakan kelas. Mereka diberi panduan dan bimbingan untuk mengembangkan pertanyaan penelitian yang relevan, merancang kegiatan pembelajaran yang efektif, serta mengumpulkan dan menganalisis data untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka. Evaluasi dilakukan secara berkala selama sesi pelatihan untuk memastikan pemahaman yang tepat dan efektivitas pelaksanaan penelitian tindakan kelas oleh para guru. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan dan kepercayaan diri para peserta dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada hasil dan berkelanjutan. Kesimpulannya, pelatihan penelitian tindakan kelas ini berhasil dalam memberdayakan guru-guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya melalui pendekatan penyuluhan yang interaktif.

References

M. T. Brownell, N. D. Jones, H. Sohn, dan K. Stark, “Improving Teaching Quality for Students With Disabilities: Establishing a Warrant for Teacher Education Practice,” Teach. Educ. Spec. Educ., vol. 43, no. 1, hal. 28–44, Okt 2019. https://doi.org/10.1177/0888406419880351

A. Miller et al., “Can continuing professional development utilizing a game-centred approach improve the quality of physical education teaching delivered by generalist primary school teachers?,” Eur. Phys. Educ. Rev., vol. 23, no. 2, hal. 171–195, Apr 2016. https://doi.org/10.1177/1356336X16642716

H. Song dan M. Xu, “From External Accountability to Potential-Oriented Development: Quality Assurance System Building for Teacher Preparation in China,” ECNU Rev. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 137–165, Jun 2019. https://doi.org/10.1177/2096531119853663

M. Adnot, T. Dee, V. Katz, dan J. Wyckoff, “Teacher Turnover, Teacher Quality, and Student Achievement in DCPS,” Educ. Eval. Policy Anal., vol. 39, no. 1, hal. 54–76, Sep 2016. https://doi.org/10.3102/016237371666364

Notoatmodjo, Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

D. Ali Zabar, Bacaan Terpilih Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan Di Kabupaten Kampar,. Bangkinang: Kantor Informasi Penyuluhan (KIP), 2007.

J. Graham dan M. Flamini, “Teacher Quality and Students’ Post-Secondary Outcomes,” Educ. Policy, vol. 37, no. 3, hal. 800–839, Okt 2021.

D. Goldhaber, V. Quince, dan R. Theobald, “Has It Always Been This Way? Tracing the Evolution of Teacher Quality Gaps in U.S. Public Schools,” Am. Educ. Res. J., vol. 55, no. 1, hal. 171–201, Okt 2017. https://doi.org/10.3102/0002831217733445

I. Salifu, F. Chirani, S. K. Amoah, dan E. D. Odame, “Training Teachers by the Distance Mode: Implications for Quality Teacher Performance in Pre-Tertiary Schools,” Sage Open, vol. 13, no. 4, hal. 21582440231219080, Okt 2023. https://doi.org/10.1177/21582440231219081

T. M. Smith, L. N. Booker, E. D. Hochberg, dan L. M. Desimone, “Do Organizational Supports for Math Instruction Improve the Quality of Beginning Teachers’ Instruction?,” Teach. Coll. Rec., vol. 120, no. 7, hal. 1–46, Jul 2018. https://doi.org/10.1177/016146811812000702

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Murdiono, M., Istiqomah, A., Fauziah Hanum, F., & Priyanto, A. (2024). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU DI MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 98–103. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.206