PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH PADA GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Iqbal Arpannudin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Wulandari Kuncorowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dian Satria Charismana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Johan Dwi Saputro Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.203

Abstract

Pelatihan Publikasi Ilmiah pada Guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan publikasi ilmiah di kalangan guru pada tanggal 26 Juni 2024. Metode penyuluhan dipilih sebagai pendekatan utama dalam kegiatan ini untuk memfasilitasi pemahaman dan penerapan teknik penulisan dan publikasi yang efektif. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang konsep dasar penulisan ilmiah, struktur artikel, serta teknik penulisan yang jelas dan sistematis dalam konteks pendidikan kewarganegaraan. Materi disajikan secara interaktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi penulisan untuk memperdalam pemahaman dan penguasaan teknik penulisan yang sesuai dengan standar akademik. Para peserta, terdiri dari guru-guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya, aktif terlibat dalam sesi praktik langsung untuk mengembangkan dan menyusun artikel ilmiah. Mereka diberi panduan serta bimbingan untuk menulis artikel yang berorientasi pada hasil penelitian atau inovasi pendidikan kewarganegaraan yang mereka kembangkan.Evaluasi berkala dilakukan selama pelatihan untuk memastikan pemahaman yang tepat serta efektivitas penerapan teknik penulisan ilmiah oleh para peserta. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan para guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil dalam meningkatkan keterampilan publikasi ilmiah pada guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya melalui pendekatan penyuluhan yang interaktif.

References

G. Fournier, M. T. Moreno Sala, F. Dubé, dan S. O’Neill, “Cognitive strategies in sight-singing: The development of an inventory for aural skills pedagogy,” Psychol. Music, vol. 47, no. 2, hal. 270–283, Des 2017. https://doi.org/10.1177/0305735617745149

M. Grossetti, D. Eckert, Y. Gingras, L. Jégou, V. Larivière, dan B. Milard, “Cities and the geographical deconcentration of scientific activity: A multilevel analysis of publications (1987–2007),” Urban Stud., vol. 51, no. 10, hal. 2219–2234, Nov 2013. https://doi.org/10.1177/0042098013506047

S. G. Netto dan P. Dominic, “Locus of Control and Scientific Temper of Student Teachers at the Secondary Level,” Int. J. Educ. Reform, hal. 10567879231202474, Sep 2023. https://doi.org/10.1177/10567879231202474

K. Gunnarsdóttir, “Scientific Journal Publications: On the Role of Electronic Preprint Exchange in the Distribution of Scientific Literature,” Soc. Stud. Sci., vol. 35, no. 4, hal. 549–579, Agu 2005. https://doi.org/10.1177/0306312705052358

D. Peker dan E. L. Dolan, “Guiding Students’ Scientific Practice: Distinct and Common Roles for Teachers and Scientists,” Sage Open, vol. 4, no. 1, hal. 2158244014525413, Jan 2014. https://doi.org/10.1177/2158244014525413

J. K. Tijdink, R. Verbeke, dan Y. M. Smulders, “Publication Pressure and Scientific Misconduct in Medical Scientists,” J. Empir. Res. Hum. Res. Ethics, vol. 9, no. 5, hal. 64–71, Okt 2014. https://doi.org/10.1177/155626461455242

J. Beckman, “Competition and coordination in Swedish botanical publication, 1820–79: Eleven editions of Hartman’s Handbook,” Hist. Sci., vol. 60, no. 2, hal. 211–231, Feb 2021. https://doi.org/10.1177/0073275320987414

B. Alan, F. K. Zengin, dan G. Kececi, “Effects of Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education Using Algodoo to Prospective Science Teachers’ Scientific Process and Education Orientation Skills,” J. Educ., vol. 203, no. 3, hal. 651–665, Des 2021. https://doi.org/10.1177/00220574211044542

E. Buldu dan M. Buldu, “Investigating Pre-Service Early Childhood Teachers’ cPCK and pPCK on the Knowledge Used in Scientific Process Through CoRe,” Sage Open, vol. 11, no. 2, hal. 21582440211025564, Apr 2021. https://doi.org/10.1177/21582440211025564

V. Abasto, A. Larraín, C. Vergara, dan H. Cofré, “Alternative Conceptions About Climate Change in a Group of Teachers in Chile: Are Science Teachers More Knowledgeable Than Non-Science Teachers?,” ECNU Rev. Educ., hal. 20965311231211012, Nov 2023. https://doi.org/10.1177/20965311231211013

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Arpannudin, I., Wulandari Kuncorowati, P., Satria Charismana, D., & Dwi Saputro, J. (2024). PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH PADA GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 133–138. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.203