PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Suyato Universitas Negeri Yogyakarta
  • Budi Mulyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Cucu Sutrisno Universitas Negeri Yogyakarta
  • Iffah Nur Hayati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202

Keywords:

Pelatihan, Literasi Digital, MGMP Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dan kewarganegaraan di kalangan guru yang tergabung di dalam Musyawah Kerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (MGMP PPKn) di Kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan yang diadakan di SMA N1 Singaparna ini berfokus pada pembekalan guru dengan pengetahuan dan kompetensi penting dalam menavigasi platform digital secara bertanggung jawab dan efektif. Program pelatihan dimulai dengan sesi dasar tentang literasi digital, yang mencakup topik-topik seperti keamanan online, evaluasi kritis terhadap informasi digital, dan perilaku digital yang etis. Lokakarya interaktif, studi kasus, dan kegiatan praktik langsung digunakan untuk memperdalam pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip kewarganegaraan digital dalam konteks pendidikan kewarganegaraan. Partisipasi aktif dari para guru MGMP PPKn, dipadukan dengan dukungan dari otoritas pendidikan dan komunitas sekolah, menumbuhkan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif. Lingkungan ini memfasilitasi pengembangan praktik pengajaran inovatif yang mengintegrasikan perangkat digital untuk meningkatkan penyampaian kurikulum pendidikan kewarganegaraan. Evaluasi selama sesi pelatihan memastikan pemahaman dan penerapan konsep literasi digital dan kewarganegaraan yang efektif di antara para peserta. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan guru untuk mengintegrasikan perangkat digital secara bertanggung jawab ke dalam pedagogi pendidikan kewarganegaraan.

References

Suyato dan Y. Hidayah, “Increasing Social Care Through Civic Education in Higher Education,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 43, no. 1, 2024. https://doi.org/10.21831/cp.v43i1.67136

A. Pérez-Escoda, R. García-Ruiz, dan I. Aguaded, “Dimensions of digital literacy based on five models of development / Dimensiones de la alfabetización digital a partir de cinco modelos de desarrollo,” Cult. Educ., vol. 31, no. 2, hal. 232–266, Jun 2019. https://doi.org/10.1080/11356405.2019.1603274

Ü. Avc? dan H. Y?ld?z Durak, “Examination of digital citizenship, online information searching strategy and information literacy depending on changing state of experience in using digital technologies during COVID-19 pandemic,” J. Inf. Sci., hal. 01655515221114455, Agu 2022. https://doi.org/10.1177/01655515221114455

L. M. Jones dan K. J. Mitchell, “Defining and measuring youth digital citizenship,” New Media Soc., vol. 18, no. 9, hal. 2063–2079, Mar 2015. https://doi.org/10.1177/1461444815577797

A. Yue dan A. R. Beta, “Digital citizenship in Asia: A critical introduction,” Int. Commun. Gaz., vol. 84, no. 4, hal. 279–286, Apr 2022. https://doi.org/10.1177/17480485221094100

A. Petersen, C. Tanner, dan M. Munsie, “Citizens’ use of digital media to connect with health care: Socio-ethical and regulatory implications,” Health (Irvine. Calif)., vol. 23, no. 4, hal. 367–384, Mei 2019. https://doi.org/10.1177/1363459319847505

M. et al Brandau, “Digital citizenship among Appalachian middle schoolers: The common sense digital citizenship curriculum,” Health Educ. J., vol. 81, no. 2, hal. 157–169, Nov 2021. https://doi.org/10.1177/00178969211056429

G. Polizzi, “Internet users’ utopian/dystopian imaginaries of society in the digital age: Theorizing critical digital literacy and civic engagement,” New Media Soc., vol. 25, no. 6, hal. 1205–1226, Jun 2021. https://doi.org/10.1177/14614448211018609

A. Harris dan A. Johns, “Youth, social cohesion and digital life: From risk and resilience to a global digital citizenship approach,” J. Sociol., vol. 57, no. 2, hal. 394–411, Mei 2020. https://doi.org/10.1177/1440783320919173

P. Holm, “Impact of digital literacy on academic achievement: Evidence from an online anatomy and physiology course,” E-Learning Digit. Media, hal. 20427530241232490, Feb 2024. https://doi.org/10.1177/20427530241232489

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). PELATIHAN LITERASI DAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL GURU MGMP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202