SOSIALISASI DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Authors

  • Muhammad Thamimi Universitas PGRI Pontianak
  • Hariyadi Universitas PGRI Pontianak
  • Fitri Wulansari Universitas PGRI Pontianak
  • Aqis Yuliansyah Universitas PGRI Pontianak
  • Al Ashadi Alimin Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.176

Keywords:

Sosialisasi Kurikulum, Pemahaman Kurikulum, OBE, MBKM

Abstract

Perubahan kebijakan pendidikan tinggi, khususnya implementasi kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM), menuntut pemahaman yang komprehensif dari sivitas akademika agar pelaksanaan pembelajaran berjalan secara optimal. Namun demikian, hasil observasi awal menunjukkan masih terbatasnya pemahaman dosen dan mahasiswa terhadap struktur dan implementasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Pontianak. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kurikulum serta meningkatkan pemahaman dosen dan mahasiswa terhadap kebijakan, struktur, dan implementasi kurikulum program studi. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui sosialisasi, diskusi interaktif, dan pendampingan pemahaman dokumen kurikulum. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan angket sebelum dan sesudah kegiatan serta observasi partisipasi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep dan kebijakan kurikulum, struktur kurikulum, capaian pembelajaran lulusan, keterkaitan mata kuliah dengan profil lulusan, serta implementasi MBKM. Rata-rata tingkat pemahaman peserta mengalami peningkatan yang signifikan setelah kegiatan dilaksanakan. Selain itu, peserta menunjukkan respons positif dan keterlibatan aktif selama kegiatan berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa sosialisasi dan pendampingan kurikulum efektif dalam meningkatkan literasi kurikulum sivitas akademika dan mendukung peningkatan mutu pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Pontianak.

References

Oktavera, H., Sutiah, Ritonga, A. W., Ernawati, & Pratiwi, B. D. “Analisis Manajemen Perencanaan Kurikulum dalam Menghasilkan Kualifikasi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia”. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, vol. 4, no. 1, pp. 159–176. 2023. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i1.3938

Maryanto, M. “DNA Sastra Bangsa Indonesia Dari Barus: Praktik Perencanaan Bahasa Terangkai (Joint Language Planning)”. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 2025. https://www.kimli.mlindonesia.org/index.php/kimli/article/view/161

Aulia Azimi, Heny Hidayati, & Fitri Jayanti. “Implementasi dan Inovasi Penguatan Kurikulum MBKM Berorientasi OBE Pada Prodi Akuntansi Syariah”. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 28-48. 2025. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v6i2.2644

Meliza, M. “Sosialisasi Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia Pada Program Orientasi Kegiatan Kampus”. Jurnal Abdi Insani, vol. 12, no. 9, pp. 4968–4975. 2024. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i9.2996

Fitriani, A. F.., Pahrudin, A.., & Rahmi, S. “Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 5, pp. 5513-5521. 2025. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.8148

Alifianto, M. F., Saputra, A. F., Prastiwi, D. C., Arrazi, R. M., Oktavira, A. C., Ramadhayanti, N., Pramesti, R. K., & Abdillah, R. “MBKM Membangun Desa: Peningkatan Kualitas Hidup Bersih Terhadap Kondisi Psikologis Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 2, no. 5, pp. 1382–1389. 2024. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1008

Sukmawati, N., I Bagus Endrawan, I. B. E., Melianty, S., & Kesumawati, S. A. “Sosialisasi Prosedur Pelaksanaan Program Magang MBKM Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma”. Abdibaraya, vol. 3, no. 2, pp. 68–74. 2024. https://doi.org/10.53863/abdibaraya.v3i02.1282

Nesa Novrizal, & Rio Ravi Muhammad. “Design Curriculum Based on Outcome Based Education (OBE): Preparing Work Ready Graduates”. Edukasiana: Journal of Islamic Education, vol. 4, no. 1, pp. 374-384. 2024. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v4i1.385

Frisnoiry, S., Sinaga, F. A., Siregar, T. M., Saputra, K., & Ramadhan, T. “Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Negeri Medan”. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, vol. 5, no. 1, pp. 114–123. 2025. https://doi.org/10.29103/jpmm.v5i1.21184

Sutrisna, I. P. G.., Putrayasa, I. B., Wisudariani, N. M. R., & Sudiana, I. N. Implementasi Penjaminan Mutu Internal Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 4, pp. 206–221. 2024. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i4.3793

Hutahaean, B., Tamba, L., & Gultom, C. R. “Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Multidimensi Untuk Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kkni, SN-DIKTI, MBKM, danN OBE. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), vol. 7, no. 1, pp. 99–115. 2024. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3941

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Thamimi, M., Hariyadi, Wulansari, F., Yuliansyah, A., & Alimin, A. A. (2024). SOSIALISASI DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(3), 325–331. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.176

Issue

Section

Articles