EDUKASI DAMPAK PEMNGGUNAAN CHAT-GPT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Ade Fricticarani Universitas Bina Bangsa
  • Yahfenel Evi Fussalam Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.150

Keywords:

Chat-GPT, Hasil Belajar, Literasi Digital, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan, khususnya Chat Generative Pre-trained Transformer (Chat-GPT), telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan. Di satu sisi, Chat-GPT berpotensi menjadi alat bantu pembelajaran, namun di sisi lain dapat memengaruhi hasil belajar siswa apabila digunakan secara tidak tepat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai dampak penggunaan Chat-GPT terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Pamarayan, Banten. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan edukatif dan partisipatif. Evaluasi dilakukan melalui pre-test, post-test, dan angket untuk mengukur tingkat pemahaman dan respons siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa yang signifikan setelah mengikuti edukasi, ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Selain itu, hasil angket menunjukkan respons positif siswa terhadap kegiatan edukasi dan meningkatnya kesadaran dalam menggunakan Chat-GPT secara bijak sebagai alat bantu belajar. Kegiatan ini disimpulkan efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kesadaran siswa terhadap dampak penggunaan Chat-GPT terhadap hasil belajar.

References

Erizal, R. M., Safitra, A., Mulia, P. F., & Azmi, Z. “Analisis Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Menggunakan Platform Chat-GPT Untuk Mendukung Proses Pendidikan Bagi Mahasiswa”. Student Scientific Creativity Journal, vol. 2, no. 1, pp. 187–197. 2024. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i1.2711

Setiawati, L., Rofiqa Nasri, F. N., & Amalia, A. R. “Implementasi Chat-GPT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), vol. 3, no. 1. 2024. https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/193

Abdy, I., Nurharyanto, D. W., Nursyabani, K. P., & Barmawi, M. R. “Pelatihan Artificial Intelligence (AI) Chat GPT dan Gemini Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Guru”. Samakta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 46–55. 2024. https://doi.org/10.61142/samakta.v2i2.239

Ramadian, F., & Rahman, R. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. Edunomics Journal, vol. 6, no. 1, pp. 107–119. 2024. https://doi.org/10.37304/ej.v6i1.19532

Annas, A. N., Wijayanto, G., Cahyono, D., Safar, M., & Ilham, I. “Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligences (AI) Chat Gpt Dan Bard AI Sebagai Alat Bantu Bagi Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas Perkuliahan”. Journal Of Human and Education (JAHE), vol. 4, no. 1, pp. 332–340. 2024. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.617

Diantama, S. “Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan”. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 11–17. 2024. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Tasya, C. H., Sangka, K. B., & Octoria, D. “Pengaruh pemanfaatan artificial intelligence (AI) terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan literasi digital sebagai variabel moderating”. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), vol. 13, no. 2, pp. 153–165. 2024. https://doi.org/10.26740/jupe.v13n2.p153-165

Noviandri, Y., Herwati, K., Suparno, S., Rosidi, M. I., & Latief, N. F. “Pengaruh Penggunaan AI (Chat GPT) terhadap Minat Baca, Pola Pikir dan Kemampuan Akademis Mahasiswa (Kajian Studi Literatur)”. Indonesian Journal of Social Science, vol. 3, no. 2, pp. 78–86. 2024. https://doi.org/10.58818/ijss.v3i2.128

Risnina, N. N., Permatasari, S. T. I., Nurulhusna, A. Z., Anjelita, F. M., Wulaningtyas, C., & Rakhmawati, N. A., “Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember”. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 119–132. 2023. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364

Haidir, H., Muhamad, T., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. “Penerapan Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi: Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan”. Jurnal Sosial Teknologi, vol. 4, no. 3, pp. 182–189. 2024. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064

Nufus, H. “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa”. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, vol. 10, no. 1, pp. 28–31. 2024. https://doi.org/10.51998/jti.v10i1.561

Aulyahzakilah, I., Agunawan, A., Abdullah, M. A., Vega, N., Rahmadani, R., Ilahi SS, W., & Azkar, A. “Analisis Ketergantungan Penggunaan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar”. SMARTLOCK: Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 6–10. 2024. https://doi.org/10.37476/smartlock.v3i1.4863

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Fricticarani, A., & Fussalam, Y. E. (2024). EDUKASI DAMPAK PEMNGGUNAAN CHAT-GPT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i3.150

Issue

Section

Articles