TANTANGAN MEDIA SOSIAL: SOSIALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENGHADAPI BAHAYA PORNOGRAFI DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.137Keywords:
Tantangan Media Sosial, Sosialisasi Penggunaan Teknologi, Bahaya PornografiAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap bahaya dari beredarnya konten-konten pornografi yang tersebar secara luas dan gratis di media sosial saat ini. Fenomena ini tentu saja tidak hanya mengganggu kesehatan jiwa mereka tetapi juga dapat mengarah pada ketergantungan yang merusak seperti pemerkosaan atau tindakan asusila lainnya. Oleh karena itu kami terdorong untuk memberikan sosialisasi berupa berbagi informasi mengenai bahaya pornografi sebagai upaya preventif dalam mencegah tindakan asusila dikalangan remaja khususnya. Kegiatan ini dirancang dalam bentuk sosialisasi yang berlangsung selama 2 jam dan melibatkan 75 orang peserta didik kelas VIII dari SMP N 8 Cilegon Banten. Metode yang digunakan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan pornografi serta bahaya yang ditimbulkan dari pornografi sehingga bahaya pornografi yang tersebar di media sosial dapat diminimalisir. Dengan demikian, diharapkan adanya kontrol dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan sekolah dalam menggunakan media sosial.
References
Novita, Eryanti. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Menonton Film Porno pada Remaja. Antropologi, Sosial, dan Budaya, vol. 4, no. 1, 2018, pp. 31-44. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9885
Haryani, P., & Susanti, E. (2018). Sosialisasi internet sehat sebagai upaya pencegahan penggunaan konten pornografi di internet bagi pemuda-pemudi Gedongkuning, Banguntapan, Bantul. Jurnal Gaung Informat?ka, 11(1), 43-54.
Suharyanti, S., & Hanathasia, M. (2021). Kampanye Generasi Berencana (GENRE), Sikap Generasi Z di Jakarta, dan Penetrasi Media Sosial Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(2), 111-130. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3762
Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2017). Konstruks? internet sehat melalui pemberdayaan guru dengan teknologi jejaring pembelajaran. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 205-212. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p205-212
Mulati, D. and Lestari, D. I. (2019) ‘Hubungan Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Seksual Remaja’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), pp. 24–34. https://doi.org/10.52643/jukmas.v3i1.592
Ramdhan, W., Nofriadi, N., & Dahriansyah, D. (2022). Masyarakat Bijak dalam Memanfaatkan Sosial Media di Era Society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159-164. Doi: https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.771
Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, Vol. 1, p. 20. https://doi.org/10.37535/102001220193
Chailani, M. I. (2017). Sosialisasi Pencegahan “Bahaya” Pornografi Melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Temanggung. Jurnal
Wulandari, B. A., Anastasia, I., Ridha, A., Mardiah, R., & Adrefiza. (2020). Cerdas Dan Bijak Menggunakan Media Sosial Di Era Digital Literasi Dan Informasi Kepada Siswa Kelas IX SMP N 7 Muaro Jambi. 4 (3), 522–530. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11571
Diana, D. I. (2018). Studi Kasus Kecanduan Pornografi Pada Remaja. Motiva Jurnal Psikologi, 1(2), 56. https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.4132
Flambonita, S., Novianti, V., & Febriansyah, A. (2021). Bahaya Pornografi Melalui Media Elektronik Bagi Remaja Berbasis Penyuluhan Hukum. Jurnal Abdidas, 2(3), 603–610. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.324
Maisya, I. B., & Masitoh, S. (2020). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kurniati Rahmadani, Popi Dayurni, Ade Fricticarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.