Pengembangan Media Pembelajaran Animasi berbasis Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Trigonometri

Authors

  • Ali Marwan Abror IKIP PGRI PONTIANAK
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/jmcr.v1i1.141

Keywords:

animation, macromedia flash, problem solving skills, trigonometry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash terhadap kemampuan pemecahaan masalah siswa pada materi trigonometri di SMAN 3 Sungai Kakap. Metode penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model rancangan 4D oleh Thiagarajan, yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define, Design, Develop. Subjek pengembangan produk pada penelitian ini adalah validator ahli media dan ahli materi yaitu dua orang dosen pendidikan teknologi informasi dan komputer, dua orang dosen pendidikan matematika dan satu orang guru mata pelajaran matematika, serta subjek uji coba produk adalah siswa kelas X SMAN 3 Sungai kakap dengan 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket, serta teknik pengukuran berupa tes essay. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran namun kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 82,74% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 82,01% dengan kriteria sangat praktis; dan keefektifan diukur menggunakan N-Gain score dari hasil preetest dan posttest siswa memperoleh 48,75% kurang efektif.

References

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). “Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika”. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178.

Dwita, R., Muchtadi dan Risalah, D., (2022). “Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Penyelesaian Soal Cerita Materi SPLDV Siswa Kelas X Multimedia SMKN Hulu Gurung”. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA, 2 (2), 57-72.

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Hariyadi, R. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powton Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 1-13.

Hilda, Yetri & Fredi. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash”. Jurnal Tatsqif. 12 (2), 189.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Syarif, S., R., P. (2020). “Pengembangan Media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis”. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Pangestu, R. A, Syarifuddin, K., dan Hasrul, B. (2021). Pengembangan Game Pengenalan Algoritma Dengan Visual Block Programming Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 3 Soppeng Menggunakan Unity (Doctoral Dissertation Universitas Negeri Makassar).

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika (KAM)”. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 208.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. ALFABETA, cv.

Sari, A. U., Farida, F., & Putra, F. G. (2017). PengembanganMedia Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 209–214.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutirman. (2013). Media Dan Model-Model Pembelajaran Invatif. Yogyakarta: Sumber Graha Ilmu.

Ulya, M. R, Isnarto, Rochmad, & Wardono. (2019). “Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy”. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 116-123.

Wijayanti, E. W. (2020). “Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin”. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 9 (3), 504-508.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Abror, A. M., Haryadi, R., & Ardiawan, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi berbasis Macromedia Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Trigonometri . Journal of Multidiscipline and Collaboration Research, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.58740/jmcr.v1i1.141

Issue

Section

Articles