MENGGALI POTENSI DAERAH DENGAN MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR DI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Authors

  • Meiwatizal Trihastuti Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Oom Yomi Romlah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Khaerul Syobar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Yusuf Faisal Ali Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Andrian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Aprillio Poppy Belladonna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan

Keywords:

Potensi Daerah, Entrepreneur, Ekonomi Keluarga

Abstract

Analisis situasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah di Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, memiliki potensi yang cukup besar dalam hal sumber daya alam, sosial, dan budaya yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi lokal. Potensi ini mencakup berbagai jenis tanaman yang cocok untuk pertanian, kekayaan sumber daya alam seperti air dan lahan, serta kerajinan dan kegiatan industri rumah tangga yang telah ada. Namun, meskipun potensi tersebut ada, masyarakat Desa Kopo masih perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang kewirausahaan. Keterampilan manajemen usaha, pemasaran, keuangan, dan teknis perlu ditingkatkan agar masyarakat dapat mengelola usaha dengan lebih efektif dan efisien. Tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Kopo termasuk akses terhadap modal, pasar, dan teknologi. Selain itu, regulasi dan perizinan juga menjadi kendala dalam pengembangan usaha ekonomi keluarga. Kurangnya pemahaman tentang prosedur perizinan serta keterbatasan akses terhadap modal dan teknologi dapat menghambat perkembangan usaha di tingkat lokal. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan sesi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi perangkat desa dan warga Desa Kopo untuk melihat potensi ekonomi yang ada di sekitar mereka dan mengembangkan usaha kecil yang berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan ekonomi keluarga serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan di wilayah tersebut.

References

M. Trihastuti, Disertasi: Model konseptual civic enterpreneurship melalui koperasi mahasiswa dalam membina kemandirian ekonomi di era digital. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

O. Y. Romlah, F. A. Darmana, dan T. Rahman, “Peran partai NASDEM dalam pendidikan politik dan implikasinya pada partisipasi politik masyarakat di desa selacau kecamatan batujajar,” MORES; J. Pendidik. Hukum, Polit. dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, hal. 99–116, 2023.

Y. F. Ali, “Integritas, Etos Kerja dan Gotong Royong: Nilai-nilai Revolusi Mental Pada Buku Teks PPKn,” MORES; J. Pendidik. Hukum, Polit. dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, hal. 19–28, 2023.

Y. Hidayah, I. Sujastika, dan M. Trihastuti, “Peranan Sosial Media Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat,” J. Citizsh. Virtues, vol. 4, no. 1, hal. 704–712, 2024.

F. Darmana, A. Sudirman, O. Y. Romlah, M. Trihastuti, dan A. Bachrudin, “Analisis bibliometrik perkembangan penelitian bidang ilmu kewarganegaraan,” MORES; J. Pendidik. Hukum, Polit. dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, hal. 59–68, 2023.

A. Anhar, I. A. Q, dan M. Trihastuti, “Arranging the Heart to Always Be Sincere To Serve (Learning From Life Choices Kh. Ahmad Sholehantoyib Parent of Islamic Boarding School Hidayatul Mubarok Uman Agung Central Lampung),” Res. Publ. Co., 2023.

A. Belladonna, Y. Hidayah, dan N. Tripuspita, “Integrasi kesadaran hukum dan kewarganegaraan di orientasi mahasiswa stkip pasundan cimahi dengan pendekatan holistik,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, hal. 4980–4988, 2024.

L. Retnasari, Y. HIdayah, T. Widyaningrum, A. Istianah, dan M. Trihastuti, “Educational Interaction Patterns of Students in Blended Learning during Covid 19,” Edueksos J. Pendidik. Sos. Ekon., vol. 11, no. 2, 2022.

D. A. Dewi;, Y. Hidayah;, M. Trihastuti;, dan Y. F. Furnamasari, “A new paradigm in Indonesian local wisdom: Measuring civic literacy towards society 5.0 through technological engineering in learning process during the Covid-19 pandemic,” in INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATHEMATICS AND SCIENCE EDUCATION (ICMScE 2021) 12 June 2021 Bandung, Indonesia, 2022.

M. Trihastuti, D. Dianasari, L. Retnasari, Y. Hidayah, dan A. Suryaningsih, “Students’ Conceptualization on Citizen Participation in Digital Era: A Mixed Method Research,” J. Pendidik. Progresif, vol. 12, no. 2, 2022.

Downloads

Published

2024-05-25