Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan TaRL: Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.98Keywords:
pembelajaran matematika, pendekatan tarl, hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas peserta didik, math learning, tarl approach, learning outcomes, teacher activity, student activityAbstract
ABSTRAK
Banyak peserta didik tidak suka pelajaran matematika karena dianggap susah dan sulit, maka dari itu guru harus membuat pembelajaran yang berpihak kepada siswa dan sesuai dengan karakteristik peserta didik agar peserta didik menjadi menyukai pelajaran matematika.Salah satu upaya untuk membuat pembelajaran berpihak terhadap siswa dan membuat hasil belajar peserta didik maksimal yaitu dalah satunya menerapkan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan awal siswa dengan menerapkan mengguankan pendekatan TaRL. Maka dari hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu menarapkan pendekatan pembelajaran TaRL untuk meningktakan hasil belajara matematika kelas IIB SDN Margorejo VI Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu dalam satu siklus dilakukan masing-masing dua tindakan pertemuan. Peneliti menerapkan model penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart, karena alurnya sesuai dengan yang peneliti inginkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran mateamtika satuan waktu melaui pendekatan TaRL hasil aktivitas guru meningkat 7% dan aktivitas peserta didik meningkat 6,5%. Dari hasil penelitian diektahui yakni terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 52% setelah penerapan pendekatan TaRL.
ABSTRACT
Many students do not like mathematics lessons because they are considered difficult and difficult, therefore teachers must make learning that is pro-student and in accordance with the characteristics of students so that students will like mathematics lessons. One effort to make learning pro-students and produce results Maximum student learning is by applying an approach that is appropriate to the student's initial abilities by using the TaRL approach. Therefore, the aim of this research is to apply the TaRL learning approach to improve mathematics learning outcomes for class IIB SDN Margorejo VI Surabaya. This research was carried out in two cycles, namely in the first and second cycles there were 2 meeting actions each. Researchers use the Kemmis and Mc model. Taggart, because it is easy to understand and implement. From the results of the research conducted, it is known that learning mathematics in units of time using the TaRL approach results in teacher activity increasing by 7% and student activity increasing by 6.5%. From the research results, it is also known that student learning outcomes increased by 52% after implementing the TaRL approach.
References
Ahyar, dkk. (2022) Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5 (11) 5241-5246.
Alisuf, M. Sabri (2000) Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan,. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Depdiknas. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah R.I. No 47.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta. Joko Suwandi.
Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Jauhari, Tantowi dkk. (2023). Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarluntukmeningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. PTKdan Pendidikan. Vol. 9 No1 Halm 59-74.
Sri Subarinah. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf Kualtatif. Bandung, Alfabeta
Suprayekti. (2004). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Sutrisno Hadi. (2014). Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset. hlm. 151.
Suharsimi, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revi). Bumi Aksara.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2)
Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar ”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. 04(01), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hangrainy Prastiwi, Siti Maghfirotun Amin, Haning Prihastuti, Muawanah, Joeli Indrati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.