Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Pendekatan TARL

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muawanah Muawanah SD Negeri Margorejo VI Surabaya
  • Sri Handayani SD Negeri Margorejo VI Surabaya
  • Joeli Indrati SD Negeri Margorejo VI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.97

Keywords:

hasil belajar, tarl, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian yangdilakukan peneliti yakni penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui hasil belajar matematika kelas IV-C SDN Margorejo VI/524 Surabaya menggunakan pendekatan TaRL. Penelitian ini melibatkan 24 anak didik kelas IV-C SDN Margorejo VI/524 Surabaya. Teknik pengumpulan data yakni observasi serta tes, tes dilaksanakan 3 kali yakni di saat prasklus, siklus 1, serta siklus 2. Pengaplikasian pendekatan TaRL di mata pelajaran matematika kelas IV-C SDN Margorejo VI Surabaya dapat dikatakan berhasil. Hal ini dilandaskan pada hasil pengamatan aktivitas pendidik di siklus 1 yakni 73% kemudian berubah menjadi 89% di siklus 2. Lalu hasil pengamatan peserta didik pada siklus 1 mencapai 73% naik secara signitikan di siklus 2 menjadi 90%. Selain itu terjadi kenaikan pada hasil belajar siswa kelas IV-C, dapat dibuktikan dengan presentasenya dari prasiklus 24% meningkat setelah dilakukan tindakan di siklus 1 menjadi 71% kemudian meningkat kembali di siklus 2 menjadi 87,5%.

ABSTRACT

The research carried out by researchers, namely classroom action research (PTK), aims to determine the improvement in mathematics learning outcomes for class IV-C at SDN Margorejo VI/524 Surabaya using the TaRL approach. This research involved 24 fourth grade students at SDN Margorejo VI Surabaya. The data collection techniques are observation and tests. The tests were carried out 3 times, namely during pre-sklus, cycle 1, and cycle 2. The application of the TaRL approach in mathematics subjects for class IV-C at SDN Margorejo VI Surabaya can be said to be successful. This is based on the results of observations of educators' activities in cycle 1, namely 73%, which then changed to 89% in cycle 2. Then the results of student observations in cycle 1 reached 73%, increasing significantly in cycle 2 to 90%. Apart from that, there was an increase in the learning outcomes of class IV-C students, which can be proven by the percentage from pre-cycle 24% increasing after action was taken in cycle 1 to 71% then increasing again in cycle 2 to 87.5%.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.

Aghmila, Happy Ayu. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Min Jati Pandansari Ngunut Tulungagung Dalam Belajar Matematika. (Skripsi Sarjana, IAIN Tulungagung)

Cahyono, SD. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 12407–12418.

Jasiah, dkk. 2021. Mahir Menguasai PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam 20 Hari. Jawa Barat: CV Adanu Abimata

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham’s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(June), 1–6.

Prastiyo, Fendika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. Sidoarjo: CV Kekata Grup

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Supardi. 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistik Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.

Zamili, U. (2020). Peranan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Pionir, 6, 311–318.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Nurhayati, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Handayani, S., & Indrati, J. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Pendekatan TARL. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(1), 140–149. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.97

Issue

Section

Articles