Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Mahasiswa BK dalam Penyelesaian Studi

Authors

  • Silvi Wandari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Linda Yarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alfi Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hidayani Syam Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.94

Keywords:

psikologis, mahasiswa bk, penyelesaian studi, psychological, bk's students, study completion

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji kondisi psikologis mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) di UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dalam menyelesaikan studi mereka. Mahasiswa sering mengalami tekanan psikologis seperti stres, kecemasan, dan kelelahan dalam proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur faktor-faktor psikologis tersebut, termasuk motivasi, kecemasan, konsep diri, aspirasi, sikap, persepsi, ingatan, perhatian, kesiapan, marah, dan takut. Data dikumpulkan dari seluruh populasi mahasiswa BK angkatan 2016, 2017, dan 2018 melalui kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi psikologis mahasiswa berada pada kategori Sangat Baik, dengan rata-rata keseluruhan persentase skor sebesar 90%. Faktor psikologis internal seperti motivasi dan kecerdasan, serta faktor eksternal seperti dukungan sosial dari keluarga dan teman, berperan signifikan dalam penyelesaian studi mahasiswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap kondisi psikologis mahasiswa untuk mendukung keberhasilan akademis mereka.

ABSTRACT

This study examines the psychological condition of students of the Guidance and Counseling (BK) Study Program at UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi in completing their studies. Students often experience psychological pressure such as stress, anxiety, and fatigue in the process of preparing a thesis. This study uses descriptive quantitative methods to measure these psychological factors, including motivation, anxiety, self-concept, aspiration, attitude, perception, memory, attention, readiness, anger, and fear. Data were collected from the entire population of counseling students in 2016, 2017, and 2018 through a questionnaire with a Likert scale. The results showed that the psychological condition of students was in a very high category, with an overall average percentage score of 90%. Internal psychological factors such as motivation and intelligence, as well as external factors such as social support from family and friends, play a significant role in student study completion. The findings underscore the importance of paying attention to students' psychological state to support their academic success.

References

Akademik, T. P. B. B., & Bukittinggi, F. T. dan I. K. I. (2019). BUKU PEDOMAN BIMBINGAN AKADEMIK UNTUK MAHASISWA. LPM IAIN Bukittinggi. https://ftik.uinbukittinggi.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Buku-PA-FTIK-2019.docx

Andy Riski Pratama, Nofembra Putri, Kiki Oktaviany, Fadhilla Yusri, L. Y. (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus: SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 372–378.

Andy Riski Pratama. (2023). Implementasi Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas Xi SMA Negeri 4 Bukittinggi. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 120–130. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1496

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2019). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 12(2), 280–303. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4963

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Fadillah, R. E. A. (2018). Stres Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo, 1(3), 148–156.

Iman, N., DS, A., Arifin, S., & Cholifah, U. (2021). Generosity Education for Children (Case Study At Mi Muhammadiyah Dolopo Madiun). https://doi.org/10.4108/eai.27-10-2020.2304184

Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. https://digilib.itbwigalumajang.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1088

Kurniawati, A. A. (2018). Analisis Problem-problem Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa di STAIN Salagita tahun ajaran 2004 dan 2005. Jurnal Studi Psikologi Pendidikan, 1(6).

Lumbanraja, R. (2022). Implementasi Etika Di Lingkungan Mahasiswa Ditinjau Dari Sudut Pandang Berpikir Deontologis, Teologis, Dan Kontektual. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, Vol. 2(1), 61.

Marjan, F., & Sano, A. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyusun skripsi. 3, 84–89.

Monalisa, U., & Santosa, B. (2022). Pengaruh Strategi Emotion-Focused Coping Terhadap Pengelolaan Stres Akademik Mahasiswa Penyusun Skripsi IAIN Bukittinggi. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 947–956. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.205

Multisari, W., Rahman, D. H., Rachmawati, I., Priambodo, A. B., & da Costa, A. (2022). Psychological Well-Being of Students in Completing their Final Projects. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(1), 259–266. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.01.28

Murwatiningsih Ismayanti. (2020). Analisis Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Skrips. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan, 2(5).

Poerwadaminta, W. J. S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Penerbit Arru.

Sugiyono. (2019). Kuantitatif, P. P. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sukatin. (2022). Psikologi Pendidikan. Budi Utama.

Sumanto, D. (2023). Perkembangan Peserta Didik. In Perkembangan Peserta Didik (Issue 1). https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-055-7

Syawaluddin, D. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Stress Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Iain Bukittingg. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10251

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Wandari, S., Yarni, L., Rahmi, A., & Syam, H. (2024). Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Mahasiswa BK dalam Penyelesaian Studi. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(1), 83–95. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.94

Issue

Section

Articles