Self-efficacy Siswa Kelas VII di SMPN 3 Lubuk Sikaping: Studi Kasus
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.93Keywords:
self efficacy, siswa, studi kasus, students, case studyAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Self-efficacy (keyakinan diri) siswa di SMPN 3 Lubuk Sikaping dalam situasi pembelajaran. Masalah yang dihadapi termasuk siswa yang tidak yakin terhadap tugas, kurang percaya diri berbicara di depan kelas, dan kurang persiapan dalam belajar. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, melibatkan 100 siswa kelas VII menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah divalidasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-efficacy siswa sebesar 71,91%, dikategorikan tinggi. Indikator tingkat kesulitan tugas (Magnitude), kekuatan keyakinan (Strength), dan generalisasi (Generality) semuanya berada pada kategori tinggi, menunjukkan keyakinan diri siswa yang memadai dalam menghadapi situasi pembelajaran.
ABSTRACT
This study aims to determine the self-efficacy of students at SMPN 3 Lubuk Sikaping in learning situations. The problems faced include students who are not confident in their assignments, lack of confidence in speaking in front of the class, and lack of preparation in learning. This study is descriptive quantitative, involving 100 seventh grade students using total sampling technique. Data were collected through a validated questionnaire and analyzed using descriptive statistics. The results showed that students' Self-efficacy was 71.91%, categorized as high. Indicators of task difficulty (Magnitude), strength of belief (Strength), and generalization (Generality) are all in the high category, indicating adequate student confidence in dealing with learning situations.
References
Anggraeni, N., Rakhmawati, D., & Widiharto, A. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI di MAN 2 Semarang. 9(1), 110–118.
Hidayat, R. D. (2011). Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Ghalia Indonesia.
Maynawati, A. F. R. N. (2018). Islamic Conseling To Improve Self-Efficacy Of Class Xi Students. 3(4), 394–401.
Muhammad Busro. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Group.
Oktariani. (2018). Peranan Self efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Kognisi Jurnal, 3(1). https://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/download/492/594
Ormrod, E. J. (2010). Psikologi Pendidikan, Jakrta: Erlangga. Erlangga.
Pohan, M. (2022). Gambaran Efikasi Diri dalam Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau https://repository.uir.ac.id/17292/1/158110003.pdf.
Pratiwi, K., & Rusinani, D. (2020). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Dalam Siklus Hidup Wanita. Deepublis.
Pratiwi, S. K. dkk. (2016). Psikologi Perkembangan. Deep Publisher.
Setiani, Ismarini Bekti, Agus Taufiq, S. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Pengajaran Formula ABCDE Pendekatan Rasional Emotif Behavior untuk Meningkatkan Self efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2, 2(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk
Stevani Sebayang, J. S. (2017). Effect Of Self Esteem and Self Efficacy Of Employee Performance Case Study At Pt. Finnet Indonesia. E-Proceeding of Management: Vol.4, No.1 April 2017, 1(1), 91–99.
Sugiyono. (2019). Kuantitatif, P. P. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130–143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yustika Murti, Fadhilla Yusri, Afrinaldi Afrinaldi, Hidayani Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.