Peran Guru Bimbingan Konseling dan Pembina Ekstrakurikuler An-Nisa’ dalam Pembentukan Kepribadian Muslimah
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.87Keywords:
guru bimbingan konseling, ekstrakulikuler forum annisa’, kepribadian muslimah, guidance and Counseling Teacher, Annisa's forum extracurricular, muslim personalityAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengulas peran guru bimbingan dan konseling serta pembina ekstrakurikuler dalam membentuk kepribadian siswi Muslimah di lingkungan pendidikan, khususnya dalam aspek ajaran agama, perilaku, dan pola berpakaian sesuai syariat Islam Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan di MAN Lima Puluh Kota data dikumpulkan dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya peneliti akan mengolah data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut, namun masih terdapat tantangan seperti kurangnya konsistensi siswi dalam melaksanakan ajaran agama dan tata cara berpakaian yang sesuai syariat. Guru bimbingan konseling, dan pembina ekstrakurikuler memberikan teguran, contoh perilaku baik, dan materi agama sebagai bentuk bimbingan, namun masih diperlukan langkah lebih lanjut untuk meningkatkan konsistensi dan efektivitas dalam membentuk kepribadian siswi. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya peran guru-guru tersebut dalam membentuk kepribadian siswi sesuai nilai-nilai Islam, meski masih diperlukan langkah-langkah tambahan untuk mencapai konsistensi dan konsolidasi nilai-nilai tersebut.
ABSTRACT
This study reviews the role of guidance and counseling teachers and extracurricular coaches in shaping the personality of Muslim female students in an educational environment, especially in the aspects of religious teachings, behavior, and dress patterns according to Islamic law. The research method used is descriptive qualitative with a field approach at MAN Lima Puluh Kota. Data is collected in the form of observation, interviews, and documentation, then researchers will process the data using analytical descriptive data analysis techniques. The results showed that efforts have been made in instilling these values, but there are still challenges such as the lack of consistency of students in carrying out religious teachings and dressing according to sharia. Counseling guidance teachers and extracurricular coaches provide reprimands, examples of good behavior, and religious material as a form of guidance, but further steps are still needed to improve consistency and effectiveness in shaping the personality of female students. In conclusion, this study highlights the importance of the role of these teachers in shaping the personality of female students according to Islamic values, although additional steps are still needed to achieve consistency and consolidation of these values.
References
Amelia, D., Supriadi, Musril, H. A., & Efriyanti, L. (2022). Rancang Aplikasi Monitoring Ibadah Siswa Berbasis Web Di SMA Negeri 1 v Koto Kampuang Dalam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 352–364. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.147
Ardiyah, I., Riri, O., Musril, H. A., & Khairuddin. (2022). Perancangan sistem absensi siswa dengan menerapkan SSO (Single sign on) di SMKN 1 Lembah Melintang. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.
Kirany, K., Supriadi, Zakir, S., & Antoni Musril, H. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Santri Baru (SIM-PSB) Di MA Plus Subulussalam Kab. Padang Pariaman. Education and Learning Journal, 2(6), 768–776. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.217
Kurniawati, & Bachtiar, L. (2020). Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 5(2), 57–66. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v5i2.51
Nugroho, P. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Appsheet Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen Proyek Pada Kontraktor Kualifikasi Kecil.
Patresia, P., Wali, M., & Imilda. (2022). Absensi Online Berbasis Android (Implementasi Platform AppSheet). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 3(1), 8–12.
Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/j9aq5
Putri, K. (2019). Teknologi Mobile. Teknologi Infromasi Dan Komunikasi, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.33701/jtkp.v1i1.715
Rahmadi, T., Musril, H. A., & Kunci, K. (2022). Perancangan Aplikasi Peminjaman Sarana dan Prasarana di Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bukittinggi. 01(02), 147–155. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.45
Salfina, R., Antoni Musril, H., Okra, R., & Derta, S. (2023). Perancangan Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X Menggunakan Aplikasi Educandy Di SMKN 4 Payakumbuh. Journal of Information System and Education Development, 1(1), 1–7.
Wendi Harisa, S., Okra, R., Antoni Musril, H., & Derta, S. (2023). Perancangan Game Edukasi Matematika Menggunakan Construct 2 Untuk Kelas VII di SMP N 1 Lareh Sago Halaban. Jtmei), 2(2), 77–92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Halima, Hidayani Syam, Alfi Rahmi, Budi Santoso, Andy Riski Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.