Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Morndumath Bermuatan HOTS
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.7Keywords:
analisis kebutuhan, aplikasi Morndumath, needs analysis, Morndumath application, Higher Order Thinking SkillAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengembangan aplikasi Morndumath. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dan studi lapangan. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VIII. Studi literatur dilaksanakan dengan mengumpulkan penelitian dan sumber relevan. Sedangkan studi lapangan diperoleh dengan menyebarkan angket kebutuhan produk menggunakan google form kepada guru dan siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Berdasarkan studi literatur aplikasi Morndumath bermuatan HOTS dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sedangkan berdasarkan studi lapangan diketahui 81,5% siswa sulit memahami materi bangun ruang, 92,3% siswa membutuhkan bahan ajar lain selain yang disediakan sekolah dan 100% guru merasa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kurang dalam materi bangun ruang, 100% guru merasa sangat perlu menggunakan media pembelajaran lain dalam kegiatan pembelajaran seperti aplikasi Morndumath bemuatan HOTS. Setelah memahami apa yang dimaksud dengan aplikasi Morndumath bermuatan HOTS 100% guru dan 87,7% siswa menyatakan menginginkan media pembelajaran tersebut dalam kegiatan pembelajaran.
Abstract
The research objective is to analyze the development of the Morndumath application. The method uses in this research is literature study and field study. The research subjects are teachers and students of class VIII. Literature studies are carried out by collecting relevant research and sources. While the field study is obtained by distributing a product needs questionnaire using google form to teachers and students at SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Based on a literature study, the Morndumath application with HOTS can help students improve higher-order thinking skills. Meanwhile, based on field studies, it is known that 81.5% of students have difficulty understanding the material of building space, 92.3% of students need other teaching materials besides those provided by the school and 100% of teachers feel that students' high-level thinking skills are lacking in building materials, 100% of teachers feel very need to use other learning media in learning activities such as the Morndumath application made by HOTS. After understanding what is meant by the Morndumath application with HOTS content, 100% of teachers and 87.7% of students stated that they wanted the learning media in learning activities.
References
Agestina, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. [Online]. Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/7283/1/Skripsi%20Full.pdf [17 Mei 2021]
Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kotemporer. Jakarta: IRCiSoD.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Ayu, Inggrid, Siswoyo, & Widyaningrum Indrasari. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Usaha Dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2.
Ernawati, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA E. Jurnal Riset Pendidikan Matematik, 3.
Ernawati, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA E. Jurnal Riset Pendidikan Matematik, 3.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 52.
Kemendikbud. (2017). Modul penyusunan soal higher order thingking skills (HOTS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khairani, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.
Meilana, R.J. (2017). Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi pada Universitas lampung: tidak diterbitkan.
Retnawati & Heri. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Oder Thingking Skill. Yogyakarta: Uny Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurul Fitria, Utin Desy Susiaty, Marhadi Saputro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.