Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Penyajian Data

Authors

  • Makdalena Nadia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v3i2.64

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Learning Cycle, Penyajian Data, Mathematical Communication Skills, Data Presentation

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengimplementasikan metode eksprimen, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam komunikasi matematis sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 5e. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Baik sebanyak 7 siswa yang akan di jadikan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pretest masih rendah yaitu sebesar 14,28%, ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal posttest sebesar 71,43%. Setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 5e kemampuan siswa dalam komunikasi matematisnya mengalami peningkatan.

Abstract

This study implements the expressive method, which aims to know students' abilities in mathematical communication before and after the application of the 5e learning cycle model. Subject sampling in this study uses saturated sample technique. The subject of this research is a student of grade VII of SMP Budi Good as many as 7 students who will be made an experimental class by applying the learning model 5e cycle. The results of the study obtained the classical intelligence of students' mathematical communication skills on the question of pretest is still low, which is of 14.28%, and the classic intelligence mathematics skills of students on the matter of posttest is of 71.43%. After applying the learning model 5e learning cycle, students’ ability in mathematical communication has improved.

References

Apiyati, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i2.327

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Djabba, R., Mukhlisa, N., & Utami, D. P. (2021). Penerapan Model Learning Cycle pada Pembelajaran Tema 3 tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Banga banga Kabupaten Barru. Publikasi Pendidikan, 1–8.

Hesti, H. V., Novianti, R., & Tarigas, E. Y. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.17

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ng, O.-L. (2016). The interplay between language, gestures, dragging and diagrams in bilingual learners’ mathematical communications. Educational Studies in Mathematics, 91(3), 307–326. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9652-9

Nika, Z. (2014). pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Universitas Negeri Padang.

Sisuarni, Irwan, & Jamaan, E. Z. (2018). Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(2), 25–29.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Nadia, M., Susiaty, U. D., & Saputro, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Penyajian Data. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 3(2), 68–77. https://doi.org/10.58740/juwara.v3i2.64

Issue

Section

Articles