Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Quizizz terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SPLTV
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.61Keywords:
Model Inquiry, Quizizz, SPLTV, Inquirys ModelAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLTV dengan model pembelajaran Inquiry berbantuan media Quizizz. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian eksperimen dan bentuk yang digunakan adalah pre-eksprimen design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1, X MIA2, MIA3. Penggambilan sampel menggunakan clutser random sampling untuk memilih kelas eksprimen yaitu kelas X MIA2 terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengukuran dalam penelitian ini adalah dengan pemberian skor hasil pretest dan posttest dengan soal bentuk uraian (essay). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran inquiry pada materti SPLTV siswa kelas X MIA2 SMAN 1 Sandai Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang. Besar peningkatan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran inquiry pada materi SPLTV dikelas X MIA2 SMAN 1 Sandai Kabupaten Ketapang diperoleh nilai gain score sebesar 0,61 tergolong dalam kategori sedang.
Abstract
The purpose of this study was to determine the increase in the ability to understand students' mathematical concepts on SPLTV material with the Quizizz media-assisted Inquiry learning model. The research methodology used was experimental research and the form used was a pre-experimental design with a one group pretest-posttest design. The population in this study were students of class X MIA1, X MIA2, MIA3. Sampling used cluster random sampling to select the experimental class, namely class X MIA2 consisting of 30 students. The measurement technique in this study was by scoring the results of the pretest and posttest with questions in the form of essays. The results of this study indicate that there is an increase in students' conceptual understanding after applying the inquiry learning model to SPLTV material for class X MIA2 SMAN 1 Sandai, Sandai District, Ketapang Regency. The large increase in students' understanding of concepts before and after applying the inquiry learning model to SPLTV material in class X MIA2 SMAN 1 Sandai Ketapang Regency obtained a gain score of 0.61 belonging to the medium category.
References
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajarann Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi. S1. Falkultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Jayawardana. A. B. H, (2015). Pengaruh Penerapan Metode Guided Inqury terhadap aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 2 Bangutapan. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 2, hal. (www.//diakses pada 15 Juni 2021)
Kamariah, Nur , dkk. Pemahaman Konseptual Matemtis Siswa pada Materi Kubus Dikelas IX SMP N Bumi Khatulistiwa. Pontianak: Penelitian Dosen.
Melero. J., Dkk (2014). A Model for the Design of Puzzle-BasedGames Including Virtual and Physical Objects. Internasional Forum of Education Technology & Society, (Online), 17(3): 192-207. (http://www.ifets.info), diakses 15 Juli 2016.
Murizal, A . Dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. 19-23.
Nurfaikhin, F. (2010). Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangu Ruan Sisi Lengkung Perserta Didik Kelas XI MTs NU 24 Darul Ulum Pidodo Kulon Patebon kendal. Skripsi Matematika IAIN Wali Songo Semarang
Nurhayati, R. Waluya, S. B. Asih, T. S. N. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Blanded Learning Strategi Flipped Classroom dengan Media Interaktif untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. (online). (www.//diakses pada 2 November 2020)
Purba, L, S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizziz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12il.1028
Purnamasari, F. E. (2014) . Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Bagi Siswa KelasVIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Naskah Artikel Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahayu, P. (2015). Upaya Meningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Pada Siswa Kelas VII C SMP Mataram Kasihan. Skripsi Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.
Roni. L (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inqury Terhadap Kemampuan Penalaran Matematiss Dalam Materi Segiempat pada Sisa Kelas VII SMP Negeri 1 Tebas. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan
Rusman, (2016). Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman, Dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Yana,A.U.,Antasari,L.,& Kurniawan,B.R.(2019). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesia Journal of Science Education), 7(2), 143-152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Sari, Utin Desy Susiaty, Wandra Irvandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.