Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa dengan Pendekatan STEAM pada Open Class Materi Pola Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.60Keywords:
matematis, open class, peningkatan, pola bilangan, STEAM, math, increment, number patternAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sungai Kunyit dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai pretest dan posttest untuk kemampuan matematis materi pola bilangan dengan rata-rata 62,11 dan 69,67. Setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan mendapatkan nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 dengan Sig. (2 tailed) < 0,05 (0,000 > 0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan matematis siswa pada materi pola bilangan dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa.
Abstract
The purpose of this study was to determine the increase in students' mathematical abilities in the number pattern material with the STEAM approach. This research is an experimental study with a one group pretest-posttest design. The sample in this study was class VIII SMP Negeri 5 Sungai Kunyit with purposive sampling technique. The results showed that students obtained pretest and posttest scores for the mathematical ability of the number pattern material with an average of 62.11 and 69.67. After applying learning with the STEAM approach to students' mathematical abilities in the number pattern material, they get the value of Sig. (2 tailed) = 0.000 with Sig. (2 tailed) < 0.05 (0.000 > 0.05) then Ho is rejected. Thus learning with the STEAM approach to students' mathematical abilities in number pattern material can improve students' mathematical abilities.
References
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 68–74. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124
Harimurti, S. M. (2019). Penerapan Open Class Pada Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi di Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Farmasi FMIPA UII. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art8
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3561
Hikmah, N. (Universitas W. M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 71.
Hoar, S. E., Nahak, S., & Amsikan, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smp. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(3), 93–99. https://doi.org/10.32938/jipm.5.3.2020.93-99
Mardlotillah, A. N., Suhartono, & Dimyati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Steam Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 157–167.
Martiningsih, R. R. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Pola Bilangan dengan Aplikasi iSpring. Jurnal KWANGSAN, 2(2), 134–145.
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Nurhasanah, A., & MS, Z. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 204. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20309
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Modul Matematika Inovatif Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 151–165.
Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah, N. (2019). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Pmri Dan Lslc. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 131–142. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142
Wachidi, & Sudarwan. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 57–61.
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618
Widarti, A. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Prosiding Semnas 2017, 1–8. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3201
Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Sastra Agustika, G. N. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Januardi, Utin Desy Susiaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.