Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap

Authors

  • Ridho Wahyuda IKIP PGRI Pontianak
  • Henny Puspita Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Nurul Fitria IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.6

Keywords:

analisis pemecahan masalah, polya, kubus dan balok, Polya, cubes and blocks, problem solving analysis

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertunjuan untuk menganalisis kemempuan pemecahan masalah siswa melalui data nilai tes yang diberikan pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Pengambilan sampel siswa dilakukan oleh guru yang terdiri dari dua orang siswa. Penelitian ini menggunakan indikator dan panudan skor menurut polya. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes kepada siswa untuk analisis. Hasil dari analisis dalam penelitian ini adalah siswa hanya mampu menyelesaikan 2 indikator dan mengabaikan 2 indikator lainnya, dimana indikator 1 dan 4 tidak siswa terapkan dalam semua soal, sedangkan untuk indikator 2 dan 3 dilakukan siswa namun masih banyak kekeliruan yang dilakukan.

Abstract

This research is a type of quantitative descriptive research which aims to analyze the students' problem solving abilities through the test value data given on the material of cubes and blocks at SMP Negeri 3 Sungai Kakap. The sampling of students was carried out by a teacher consisting of two students. This study uses indicators and guide scores according to their patterns. The data collection technique used was to provide test questions to students for analysis. The results of the analysis in this study were students were only able to complete 2 indicators and ignored the other 2 indicators, where indicators 1 and 4 did not apply to all the questions, while for indicators 2 and 3 students made them but there were still many mistakes.

References

Alacaci, C. M. (2010). Solving A Stability Problem by Polya's Four Steps. International Journal

Ambarmaya, N., & Aini, I. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 485–491.

Aryan, Bambang. 2002. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Strategi Heuristik. Tesis UPI, Bandung.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14, 169.

Darma, Y., Firdaus, M., & Pratama, A. (2017). Analisis Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Materi Kaidah Pencacahan Pada siswa Kelas XII IPS I MAN I Kubu Raya 1,2,3. 438–445.

Darma, Y., & Sujadi, I. (2012). Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif dan Ivestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. 50(February), 3–10.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.

Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tomo, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(5), 1-10.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.6

Issue

Section

Articles