Analisis Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Belimbing Melawi
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.58Keywords:
Kinerja Guru, Teacher PerformanceAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Belimbing Melawi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala TU, dan siswa SMA Negeri 1 Belimbing. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru di SMA Negeri 1 Belimbing mengenai perencanaan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, dan mengevaluasi/penilaian pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik.
Abstract
This study aims to determine the performance of teachers at SMA Negeri 1 Belimbing Melawi. The research methodology used is to use descriptive qualitative analysis, namely data analysis that emphasizes the meaning, reasoning definition of a particular situation (in a particular context) and describes what it is about the behavior of the object being studied. The objects in this research are the principal, teachers, head of TU, and students of SMA Negeri 1 Belimbing. The data collection tools used are observation, interview, and documentation methods. The results of this study indicate that the performance of teachers at SMA Negeri 1 Belimbing regarding planning learning activity programs, implementing learning activities, classroom management, using media and learning resources, using learning methods, and evaluating/assessing learning has been carried out well.
References
A, Fuchan. (2004). Pengantar Penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anton Idris, (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhada Mutu Pendidikan Pada SD Negeri Tanjung. JMM Online. Vol.1. No.2 November 2017.
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Astrid Setianing Hartanti, Tjutju Yuniarsih. (2018). Pengaruh Kompotensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Disekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1, No.2, Januari 2018.
Azwar, Saefudin, (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B, Bungin. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Medika Group, 2007.
Bahri Djamarah Syaiful, (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2007). Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media, 2013 Departtemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta.
Hary Susanto, (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, Juni 2012.
J.H. Jackson, R.l. Mathis. (2006). Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.
Koswara, Rasto, (2016). Kompetensi dan Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi”. E-Jurnal Pendidikan Perkantoran Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016
Kunandar. (2008). Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2004). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Sepiritual. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mardalis. (2004). Metode Penelitian Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Margono, S. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
Murwati¸ (2013). Hesti. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru”, jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE). Vol.1. No.1 tahun 2013.
Nani Imaniyati, Wartini. (2018). Kompensasi dan Komitmen Organisasional untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1 No.2 Januari 2018.
Narbuko, Cholid. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nina Lamatenggo, Hamzah B Uno. (2013). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2011). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sardiman A.M, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sarah Wulan, (2013). Hubungan Disiplin dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Tiga Kecamatan Kota Depok. Jurnal Ilmiah Widya, Volume 1 Nomor 2 Juli- Agustus 2013
Soetopo dkk, Hendityat. (2004). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Subroto, Suryo. (2011). Proses Belajar Megajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana Nana, (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014
Tim penyusun, Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zainuddin, (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol.1, No.1, ISSN. 3459-2461, Desember, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nia Daniati, Ayub Viemdinata, Wira Miharja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.