Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.50Keywords:
Motivasi, Hasil Belajar, Motivation, Learning OutcomesAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) Motivasi, dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak, (2) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Negeri 2 Pontianak yang berjumlah 400 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Proportionate Random Sampling dengan jumlah sampel 186 siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi dokumenter, dengan angket sebanyak 25 pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas dan uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel, dan analisis regresi linear sederhana yang di gunakan untuk pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi cenderung sangat tinggi dan hasil belajar siswa mata pelajaran informatika di MTS Negeri 2 Pontianak masuk dalam istimewa, (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran informatika kelas VII MTS Negeri 2 Pontianak.
Abstract
This study aims to determine: (1) Motivation, and student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak, (2) The effect of motivation on student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak. This study uses a quantitative descriptive method with an ex-post facto approach, the population in this study is all 400 students of MTS Negeri 2 Pontianak. The sampling technique used is proportional random sampling with a sample of 186 students. Research data obtained by indirect communication techniques and documentary studies, with a questionnaire of 25 statements that have gone through the trial phase after which the validity and reliability tests were tested. The data analysis technique used is descriptive quantitative analysis which is used to describe the data of each variable, and simple linear regression analysis is used for hypothesis testing. The conclusions of this study are, (1) Description of motivational outcomes tends to be very high and student learning outcomes of informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak are classified as special, (2) There is an influence of motivation on student learning outcomes of class VII informatics subjects at MTS Negeri 2 Pontianak.
References
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959-1965.
Hasibuan, M. T. D., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3(2), 387-393.
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta mulia: jurnal ilmiah pendidikan, 12(1).
Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568-1577.
Prayoga, L. B. B. I., & Rachmawati, L. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IS di SMAN 1 Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 31-35.
Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11.
Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227-2234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vindo Feladi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.