Analisis Learning Obstacle Siswa pada Materi Pembelajaran Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungai Ambawang
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.46Keywords:
Learning Obstecle, Situasi Didaktis, Pemahaman Konsep, Didactic Situation, Concept UnderstandingAbstract
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus, dimana peneliti ingin mendeskripsikan terkait hambatan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungai Ambawang pada materi himpunan. Untuk data pada penelitian ini seperti hasil telaah buku teks, hasil observasi, hasil wawancara siswa, dan hasil tes diagnostik. Dan sumber data pada penelitian ini yaitu guru bidang studi matematika dan siswa kelas VII A di SMP Negeri 4 Sungai Ambawang sebanyak 22 siswa. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan studi dokumentasi, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik pengukuran. Adapun alat yang digunakan dalam mengumpulkan data seperti pedoman observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru masih belum memberikan konteks soal yang variatif kepada siswa, masih terdapat kekurangan pada situasi formulasi dan institusionalisasi dalam situasi didaktis. Selain itu siswa masih mengalami kesulitan dalam penulisan himpunan dan menyatakan notasi suatu himpunan. Selain siswa mengalami hambatan didaktis siswa juga mengalami hambatan epistemologi.
Abstract
This research is a qualitative research in the form of a case study, where the researcher wants to describe the learning barriers of class VII students of SMP Negeri 4 Sungai Ambawang on the set material. For the data in this study, such as the results of the study of textbooks, the results of observations, the results of student interviews, and the results of diagnostic tests. And the source of the data in this study were the teachers of mathematics studies and the students of class VII A at SMP Negeri 4 Sungai Ambawang as many as 22 students. Furthermore, for data collection techniques, researchers used documentation studies, observation techniques, interview techniques, and measurement techniques. The tools used in collecting data such as observation guidelines, interview guidelines, tests, and documentation. The conclusion of this study is that the teacher still does not provide varied contexts to students, there are still shortcomings in the formulation and institutionalization situation in a didactic situation. In addition, students still have difficulty in writing sets and stating the notation of a set. In addition to students experiencing didactic barriers, students also experience epistemological barriers.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aulia, J,. & Kartini, (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada
Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500.
Suryasi, D. (2019). MONOGRAF 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.
Hidayat, D. W,. & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Materi Himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59-67.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nurtini., dkk. (2019). Analisis Hambatan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Berbasis Kemampuan
Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan. Gema Wiralodra, 10(2), 209-219. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Y, dkk. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, (8)1, 76-86.
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Septiana Dian Purnama, Syarifah Fadillah, Jamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.